Perancangan Video Dokumenter Urban Farming di Kota Surabaya

Revanza Alif Rahmawan(1*), Aditya Rahman Yani(2)

(1) 
(2) UPN “Veteran” Jawa Timur
(*) Corresponding Author

Abstract


Urban farming adalah strategi untuk menghasilkan bahan pangan yang segar dengan lahan yang terbatas untuk memenuhi ketersediaan pangan di perkotaan dan dapat dapat meningkatkan ekonomi masyarakat. Maka dari itu urban farming merupakan solusi alternatif untuk terwujudnya ketersediaan komoditas pangan yang tercukupi bagi masyarakat Indonesia khususnya di kota besar. Kota Surabaya telah lama menerapkan sistem pertanian perkotaan, pemerintah telah merespon dan mencoba mendorong penggunaan lahan sempit atau pekarangan sendiri sebagai objek penerapan urban farming. Akan tetapi masih banyak masyarakat yang kurang optimal dalam penerapan urban farming, sehingga model urban farming yang diterapkan masih sederhana dan tidak sesuai serta masih banyak beberapa lahan yang tidak digunakan untuk urban farming. Masih terdapat beberapa faktor yang menghambat perkembangan sistem urban farming di Surabaya, antara lain kurangnya pengetahuan tentang urban farming itu sendiri. Dilatarbelakangi masalah tersebut pembuatan perancangan video dokumenter ini dilakukan. Perancangan video dokumenter ini akan mengulas mengenai urban farming yang ada di kota Surabaya dari beberapa pendapat-pendapat umkm, warga, maupun kelompok masyarakat yang sudah berpengalaman dalam bidang urban farming tersebut. Tentunya bertujuan untuk memberikan sarana edukasi, informasi dan mengajak masyarakat untuk ikut dalam melaksanakan urban farming guna meningkatkan ketahanan pangan mandiri.


Keywords


Video dokumenter; Urban farming; Ketahanan Pangan; Kota Surabaya

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Ahmad, Deni Nasir, and Luluk Setyowati. 2021. "Mengenalkan Urban Farming pada Mahasiswa Untuk Ketahanan Pangan di Masa Pandemi Covid-19 dan Menambah Nilai Ekonomi." Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA 4, no. 1

Andriani, Andriani, Chuduriah Sahabuddin, and Sulihin Azis. 2016. Pengaruh Penerapan Media Film Dokumenter Pada Pembelajaran Menulis Puisi Peserta Didik. In Prosiding Seminar Nasional (Vol. 03, pp. 55–63).

Belinda, Nadia, & Rahmawati, D. 2017. Pengembangan Urban Farming Berdasarkan Preferensi Masyarakat Kecamatan Semampir Kota Surabaya. JURNAL TEKNIK ITS Vol. 6, No. 2.

Fauzi, Ahmad Rifqi, Annisa Nur Ichniarsyah, and Heny Agustin. 2016. Pertanian Perkotaan: Urgensi, Peranan, dan Praktik Terbaik. Jurnal Agroteknologi, Vol. 10 No. 01: 49-62

Ginanjar, D. 2021. Jumlah Penduduk Surabaya Capai 2.874.314 Jiwa (jawapos.com). diakses tanggal 20/09/2021.

Henrik dan Deli Tan. 2021. Perancangan Video Dokumenter Makanan Tradisional China Menggunakan Metode Pembelajaran Demonstrasi dan Wawancara. Journal of Information System and Technology, Vol.02 No. 01: 1-22

Junainah, Wahida, Sanggar Kanto, and Soenyono. 2016 . Program Urban Farming Sebagai Model Penanggulangan Kemiskinan Masyarakat Perkotaan (Studi Kasus di Kelompok Tani Kelurahan Keputih Kecamatan Sukolilo Kota Surabaya). Wacana Journal of Social and Humanity Studies 19, no. 3.

Kemp, S. 2021. Digital in Indonesia: All the Statistics You Need in 2021 — DataReportal – Global Digital Insights. Diakses pada tanggal 15/11/2021.

Kharima, N., Yulianti, & Indrasari, Y. 2021. Keberfungsian Urban Farming terhadap Ketahanan Pangan Keluarga di Masa Pandemi Covid-19.

Nichols, B. 2001. Introduction to Documentary. USA : Indiana University Press.

Parsudi, S., Damaijanto. 2019, Model Motivasi dan Kendala Masyarakat dalam Melakukan Pertanian Perkotaan (Urban farming) di Kota Surabaya. Berkala Ilmiah Agribisnis AGRIDEVINA : Vol. 8 No.1.

Prasetyaningsih, S. 2014. Skema Proses Pra Produksi pada Film Dokumenter Camp Vietnam.

Pratista, Himawan. 2008. Memahami Film. Yogyakarta: Homerian Pustaka.

Setiawan, B. Dan D.H Rahmi. 2004. Ketahanan Pangan, Lapangan Kerja, dan Keberlanjutan Kota: Studi Pertanian Kota di Enam Kota di Indonesia. Warta Penelitian Universitas Gadjah Mada (edisi khusus). Hal 34-42.

Thasya N., Astuti M. 2021. Perancangan Video Dokumenter Purwakarta Istimewa. Jurnal VISUAL IDEAS, 1(1), 16–23.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jd.v10i1.12945

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Revanza Alif Rahmawan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Editorial Office:
Institute for Research and Community services (LPPM)
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Campus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: (021) 7818718 – 78835283 ext. 123 
Work Hour: 09.00 AM – 08.00 PM | Close in sunday and public holidays in Indonesia

Creative Commons License
Jurnal Desain is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View Jurnal Desain Statistics