Faktor Kegagalan Persepsi pada Pembentukan Citra Partisipan dalam Debat Politik di Televisi
(1) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Debat politik melalui media televisi berpotensi membangun citra partisipan. Oleh karena itu, program debat politik melalui televisi umumnya didesain untuk membentuk persepsi visual penonton yang sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai. Tampilan di layar televisi memiliki kekuatan visual karena dapat berkomunikasi melalui bahasa visual nonverbal berupa teks dan gambar. Proses pembentukan citra partisipan melalui persepsi penonton tidak terlepas dari nilai-nilai budaya masyarakat. Dalam hal ini, ada lima faktor utama yang berpotensi mempengaruhi kegagalan persepsi terhadap pembentukan citra, yaitu kesalahan atribusi, efek halo, stereotip, prasangka, dan gegar budaya. Studi ini membahas secara deskriptif kualitatif kelima faktor tersebut dengan pendekatan semiotika visual, berupa pembacaan tanda-tanda visual melalui pesan kinesik yang bersifat ikonik, indeksikal, dan simbolis. Hasil pembahasan studi ini diharapkan dapat menjadi referensi ilmiah tentang faktor kegagalan persepsi dan pembentukan citra partisipan melalui layar televisi.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Barker, C. (2014). Kamus Kajian Budaya. Yogyakarta: Penerbit Kanisius.
Danesi, M. (2011). Pesan, Tanda, Makna, Buku Teks Dasar Mengenai Semiotika dan Teori Komunikasi. Yogyakarta: Jalasutra.
Fiske, J. (2007). Cultural and Communication Studies. Sebuah Pengantar Paling Komprehensif. Cetakan ke-4. Yogyakarta: Jalasutra.
Frascara, J. (2004). Communication Design, Principles, Methods, and Practice. New York: Allworth Press.
Hamad, I. (2010). Komunikasi Sebagai Wacana. Jakarta: La Tofi Enterprise.
Mulyana, D. (2013). Ilmu Komunikasi, Suatu Pengantar. Cetakan ke-17. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Rakhmat, J. (2008). Psikologi Komunikasi. Cetakan ke-26. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Singer, D. G. dan Singer, J. L. (2005). Imagination and Play In The Electronic Age. Harvard University Press.
Wardani, W. G. W., Piliang, Y. A. dan Syarief, A. (2013). Wacana Visual Talk Show ‘Mata Najwa’: Melihat Bahasa Tubuh Partisipan Sebagai Kekuatan Visual. Jurnal Panggung, Vol. 23 No.4, Desember 2013, hal. 375. Bandung: Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI). Dapat diakses melalui https://jurnal.isbi.ac.id/index.php/panggung/article/view/149
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jurnaldesain.v4i02.1119
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Winny Gunarti Widya Wardani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Editorial Office:
Institute for Research and Community services (LPPM)
Universitas Indraprasta PGRI
Address: Campus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: (021) 7818718 – 78835283 ext. 123
Work Hour: 09.00 AM – 08.00 PM | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Jurnal Desain is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.