Pengaruh Metode Pembelajaran Inkuiri dan Diskusi pada Materi Pokok Bentuk Aljabar terhadap Kemampuan Komunikasi dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika
(1) Politeknik Perikanan Negeri Tual
(2) SDN Palmerah 19 Pagi
(*) Corresponding Author
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Adi, W. G. (2007). Genius Learning Strategy: Petunjuk Praktis untuk Menerapkan Accelarated Learning. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Ansari, I. B. (2009). Komunikasi Matematika Konsep dan Aplikasi. Banda Aceh: Yayasan Pena.
Atmaha, U. (2018). Media Pembelajaran. http://ulfiaatm.blogspot.com / 2013/06/ metode-diskusi.html. Diakses 03/05/2018 11:46:12
Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). (2006). Model Penilaian Kelas. Jakarta: Depdiknas.
Bennett, A. B. (2004). Mathematic for Elementary Teachers A Conceptual Approach. WI: New York: Aleks Corporation.
Danoebroto, S. W. (2011). Faktor-Faktor yang Berpengaruh terhadap Kemampuan Siswa Memecahkan Masalah Matematika. http://p4tkmatematika.org/file/Karya%20WI14%20s.d%2016%20Okt%202011/Faktor%20dalam%20Problem%20Solving.pdf. Diakses 24 Maret 2013.
Darto. (2008). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melalui Pendekatan Realistic Mathematics Education di SMP Negeri 3 Pangkalan Kuras. Thesis. UNP.
Depdikbud. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Dharma, S. (2008). Strategi Pembelajaran dan Pemilihannya. Jakarta: Direktur Tenaga Kependidikan. Departemen Pendidikan Nasional.
Emzir. (2009). Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif dan Kualitatif, Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Fitrianik. (2010). “Keefektifan Pembelajaran Kooperatif tipe CIRC Berbantuan Kartu Soal Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Pada SMP Negeri 2 Ulujami”, Semarang: Program Sarjana UNNES. 2010.
Goetz, J. (2004). Top Ten Thoughts about Communication in Mathematics.http://www.kent.k12.wa.us/KSD/15/Communication_in_math.htm. (diakses 20 Oktober 2011)
Herdian. (2011). Kemampuan Komunikasi Matematika, (online), (http://herdy07_wordpress.com). diakses 22 oktober 2011.
Hudojo, H. (1990). Strategi Mengajar Belajar Matematika. Malang: IKIP Malang. 1990.
Jihad, A. (2008). Pengembangan Kurikulum Matematika Tinjauan Teoritis dan Historis. Bandung: Multi Pressindo.
Kasiram, M. (2008). Metodologi Penelitian Refleksi Pengembangan Pemahaman dan Penguasaan Metodologi Penelitian. Malang: UIN-Malang Press.
Kunandar. (2008). Langkah Mudah Penalitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
LACOE (Los Angeles County Office of Education). Communication. http://teams.lacoe.edu. 2004.
Latifah, E. (2013). Perbedaan Diskusi dan Debat. http://euislatifah.blogspot.com/ 2013/11/perbedaan-diskusi-dan-debat.html. Diakses 03/05/2018 11:46:12.
Naim, N. (2011). Dasar–Dasar Komunikasi Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruz Media.
Nasution, S. (2008). Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. Reston: NCTM.
Peraturan Menteri Nomor 23 Tahun 2006 Tentang Standar Kompetensi Lulusan.
______. (2003). Program Standards. Program for Initial Preparation of Mathematics Teacher. Standar for Scondary Mathematics Teachers. Tersedia di http://www.math.uri.edu/~eaton/NCATENCTM.pdf. Diaksestanggal 09 April 2012.
Ramadhina, D. (2007). Pengaruh Kemampuan Bernalar dan Kemampuan Komunikasi Matematika terhadap Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Melalui Model Pembelajaran Pemecahan Masalah. http://digilib.umnes.ac.id (diakses 20 Oktober 2011)
Risnawati. (2008). Strategi Pembelajaran Matematika. Pekanbaru: Suska Pers.
Sofan, A., dkk. (2010). Proses Pembelajaran Kreatif dan Inofatif dalam Kelas, Jakarta: Prestasi Pustaka.
Sahidin, L. (2011). Membangun Komunikasi Matematika Siswa. (online) Blog Latif Sahidin, diakses 20 Oktober 2011.
Shadiq, F. (2004). Pemecahan Masalah, Penalaran dan Komunikasi. Makalah disampaikan pada Diklat Instruktur/Pengembang Matematika SMA Jenjang Dasar di PPPG Matematika. Yogyakarta.
Sitorus, M. (2011). Metodologi Penelitian Pendidikan Islam, Medan: IAIN Press.
Slameto. (1991). Proses Belajar Mengajar Dalam Sistem Kredit Semester (SKS), Jakarta: Bumi Aksara.
Sudjana, N. (2008). Penilaian Proses Hasil Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
_____. (2009). Penilaian Hasil Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sulastri, (2008). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS) dan Numbered Heads Together (NHT) melalui Pemanfaatan LKS terhadap Kemampuan Komunikasi Matematik pada Siswa SMP. Semarang: Program sarjana UNNES.
Suriasumantri, J. S. (2007). Filsafat Ilmu Sebuah Pengantar Populer. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.
Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta.
Syaban, M. (2011). Menumbuhkembangkan daya Matematis Siswa. Pendidikan dan Budaya, (online), (http://educare,e-fkipunla.net, diakses ( 20 Oktober 2011).
Takahashi, A. (2006). Communication as A Process to for Students to Learn Mathematical.http://www.criced.tsukuba.ac.jp/math/apec/apec2008/papers/PDF/14.Akihiko_Takahashi_USA.pdf. (diakses 20 Oktober 2011).
Wardani, S. (2005). Prinsip Penilaian Pembelajaran Matematika SMP, dalam TIM PPPG Matematika, Materi Pembinaan Matematika SMP di Daerah. Yogyakarta: Depdiknas.
Wena, M. (2009). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta.
Zakaria, E. (2007). Trend Pengajaran dan Pembelajaran Matematika, Kuala Lumpur: Publications & Distributor SDN BHD.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v2i2.2489
Article Metrics
Metrics powered by PLOS ALM
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Ali Sadikin Wear, Renny Indrawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Alamat: Jln. Nangka No. 58C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530