THE INFLUENCE OF STUDENTS' VIEW OF SCHOOL ENVIRONMENT AND LEARNING FATIGUE TOWARD ENGLISH LEARNING ACHIEVEMENT
(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Pengaruh pandangan siswa tentang lingkungan sekolah dan kelelahan belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar bahasa Inggris. 2) Pengaruh pandangan siswa tentang lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar bahasa Inggris. 3) Pengaruh kelelahan belajar terhadap prestasi belajar bahasa Inggris.. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan analisis korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMK Negeri kabupaten Purwakarta Tahun Pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 550 siswa, yang berasal dari 3 sekolah. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 85 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Terdapat pengaruh yang signifikan pandangan siswa tentang lingkungan sekolah dan kelelahan belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar bahasa Inggris siswa SMK Negeri Kabupaten Purwakarta. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai Sig = 0,000 < 0,05 dan Fhitung = 29,085. Pandangan Siswa Tentang Lingkungan Sekolah dan Kelelahan Belajar secara bersama-sama menyumbang sebesar 41,5% terhadap peningkatan Prestasi Belajar Bahasa Inggris. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan Pandangan Siswa Tentang Lingkungan Sekolah terhadap Prestasi Belajar Bahasa Inggris siswa SMK Negeri Kabupaten Purwakarta. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai Sig = 0,000 < 0,05 dan thitung = 5,314.3) Terdapat pengaruh yang signifikan Kelelahan Belajar terhadap Prestasi Belajar Bahasa Inggris siswa SMK Negeri Kabupaten Purwakarta. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai Sig = 0,004 < 0,05 dan thitung = -2,938.
Full Text:
PDFReferences
Ahmadi, H.A, & Uhbiyati, N. (2001). Ilmu pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta
Aunurrahman. (2009). Belajar dan pembelajaran.. Bandung: Penerbit Alfa beta
Budiono. (2003). Perbedaan pengaruh strategi pembelajaran kooperatif dan konvensional terhadap hasil belajar sejarah pada siswa yang bermotivasi tinggi dan rendah. Jakarta: Unindra
Dalyono, M. (1997). Psikologi pendidikan. Semarang. IKIP Semarang Press.
Dimyati & Mudjiono, (1996). Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Djaali & Puji, M. (2008). Pengukuran dalam bidang pendidikan. Jakarta: Grasindo
Ernest R. Hilgard. (1975). Theories of learning: Englewood Cliffe, New Jersey: Prentice Hall Inc
Gagne, R.M. (1984). The conditions of learning. New York. CBS: College Publishing
Hakim, T. (2005). Belajar secara efektif. Jakarta: Puspa Swara.
Handayani, P. (2003). Pengaruh metode mengajar dan hasil tes potensi akademik (tpa) terhadap hasil belajar ilmu gizi. studi eksperimen pada mahasiswa fk upn “veteran” Jakarta (disertasi). Jakarta: PPs UNJ Jakarta.
Hasbullah. (2006). Media pembelajaran. Solo: Tiga Serangkai
Masri, S. (1999). Metode penelitian survei. Jakarta : LP3ES.
Moh. N. (1998). Metode penelitian, Jakarta : Ghalia Indonesia.
Muhibbin, S. (1997). Psykologi pendidikan dengan pendekatan baru. Bandung: Rosdakarya
___________. (2001). Psikologi pendidikan dengan pendekatan baru.Bandung: Remaja Rosda Karya
Poerwadarminta, W.J.S. (1976), Kamus umum bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka
Putri, Anggia, dan Budiman, Meita Santi (2012). Pengaruh Kelelahan Emosional Terhadap Perilaku Belajar Pada Mahasiswa Yang Bekerja. Surabaya: UNES
Robbins, SP. (1994). Organizational behavior: consepts controversies, and applications, 3rd edition. Englewood Cliffs, New Jersey: Prentice Hill
Sagala, S. (2008). Kemampuan profesional guru dan tenaga kependidikan. Bandung: Alfabeta.
Sasmita, Ruwaiza. 2018. “Pengaruh Minat Belajar dan Disiplin Diri Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Inggris” dalam Inference: Journal of English Language Teaching. Vol.1, No.1, April 2018, pp. 1-98. Jakarta: Unindra
Shadily. H. (1991). Kamus Inggris Indonesia. Jakarta: PT. Gramedia. Cetakan XXVI.
Singarimbun & Effendi. (1999). Metode penelitian survei. Yogyakarta: Pustaka LP3S. Slamento. (2003). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya, Jakarta: Rineka Cipta. Soekanto, S. (1987). Sosiologi: suatu sengantar. Jakarta: Rajawali Press
Sudjana. N. (2005). Penelitian hasil proses belajar mengajar. Bandung: Re maja Rosdakarya
Sudjiono, A. (2007). Pengantar statistik pendidikan, Jakarta: Raja Grafindo
Sugiyono, (2001). Metode penelitian administrasi. Bandung : Alfabeta.
Sugiyono, (2008). Metode penelitian kuantitatif, kulitatif dan r dan d. Banding: Penerbit Alfabeta
Suharsimi, A, (1998). Prosedur penelitian. Jakarta: Aneka Cipta
___________. (2001). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktek. Jakarta: Rineka.
Sukardi. (2005). Metodologi penelitian pendidikan, kompetensi dan praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara.
Sukmadinata, N.S. (2009). Pengembangan kurikulum : Teori dan Praktik. Cetakan ke-8. Bandung : Rosdakarya.
Sutikno. M.S (2004). Strategi belajar mengajar. Bandung : Prospect.
Tarigan, H.G. (2009). Pengajaran kompetensi bahasa indonesia, Bandung : Angkasa
Tilaar H.A.R. (2004). Paradigma baru pendidikan nasional. Jakarta : PT. Rineka Cipta.
Tu’u, T. (2004). Peran disiplin pada prilaku dan prestasi siswa, Jakarta: PT Gresindo Walgito, B. (2004). Pengantar psikologi umum. Yogyakarta: Andi Offset..
Walija. (2006). Bahasa dalam perbincangan, Jakarta : FKIP Muhamadiyah, Jakarta Press
Winkel, W.S. (1996). Psikologi pendidikan dan evaluasi pendidikan. Jakarta: Grafindo
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/inference.v1i2.5412
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Published by:
Universitas Indraprasta PGRI
Address: Kampus A Building 2, 3rd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm.
INFERENCE: Journal of English Language Teaching is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License