THE INFLUENCE OF STUDENTS' VIEW OF SCHOOL ENVIRONMENT AND LEARNING FATIGUE TOWARD ENGLISH LEARNING ACHIEVEMENT

Lisa Prima Intania(1*), Anung Haryono(2)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Pengaruh pandangan siswa tentang lingkungan sekolah dan kelelahan belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar bahasa Inggris. 2) Pengaruh pandangan siswa tentang lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar bahasa Inggris. 3) Pengaruh kelelahan belajar terhadap prestasi belajar bahasa Inggris.. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan analisis korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMK Negeri kabupaten Purwakarta Tahun Pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 550 siswa, yang berasal dari 3 sekolah. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 85 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Terdapat pengaruh yang signifikan pandangan siswa tentang lingkungan sekolah dan kelelahan belajar  secara bersama-sama terhadap prestasi belajar bahasa Inggris  siswa SMK Negeri Kabupaten Purwakarta. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai Sig = 0,000 < 0,05 dan Fhitung = 29,085.  Pandangan Siswa Tentang Lingkungan Sekolah  dan Kelelahan Belajar secara bersama-sama menyumbang sebesar 41,5% terhadap peningkatan Prestasi Belajar Bahasa Inggris. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan Pandangan Siswa Tentang Lingkungan Sekolah terhadap Prestasi Belajar Bahasa Inggris  siswa SMK Negeri Kabupaten Purwakarta. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai Sig = 0,000 < 0,05 dan thitung = 5,314.3) Terdapat pengaruh yang signifikan Kelelahan Belajar terhadap Prestasi Belajar Bahasa Inggris  siswa SMK Negeri Kabupaten Purwakarta. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai Sig = 0,004 < 0,05 dan thitung = -2,938.


Full Text:

PDF

References


Ahmadi, H.A, & Uhbiyati, N. (2001). Ilmu pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta

Aunurrahman. (2009). Belajar dan pembelajaran.. Bandung: Penerbit Alfa beta

Budiono. (2003). Perbedaan pengaruh strategi pembelajaran kooperatif dan konvensional terhadap hasil belajar sejarah pada siswa yang bermotivasi tinggi dan rendah. Jakarta: Unindra

Dalyono, M. (1997). Psikologi pendidikan. Semarang. IKIP Semarang Press.

Dimyati & Mudjiono, (1996). Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Djaali & Puji, M. (2008). Pengukuran dalam bidang pendidikan. Jakarta: Grasindo

Ernest R. Hilgard. (1975). Theories of learning: Englewood Cliffe, New Jersey: Prentice Hall Inc

Gagne, R.M. (1984). The conditions of learning. New York. CBS: College Publishing

Hakim, T. (2005). Belajar secara efektif. Jakarta: Puspa Swara.

Handayani, P. (2003). Pengaruh metode mengajar dan hasil tes potensi akademik (tpa) terhadap hasil belajar ilmu gizi. studi eksperimen pada mahasiswa fk upn “veteran” Jakarta (disertasi). Jakarta: PPs UNJ Jakarta.

Hasbullah. (2006). Media pembelajaran. Solo: Tiga Serangkai

Masri, S. (1999). Metode penelitian survei. Jakarta : LP3ES.

Moh. N. (1998). Metode penelitian, Jakarta : Ghalia Indonesia.

Muhibbin, S. (1997). Psykologi pendidikan dengan pendekatan baru. Bandung: Rosdakarya

___________. (2001). Psikologi pendidikan dengan pendekatan baru.Bandung: Remaja Rosda Karya

Poerwadarminta, W.J.S. (1976), Kamus umum bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka

Putri, Anggia, dan Budiman, Meita Santi (2012). Pengaruh Kelelahan Emosional Terhadap Perilaku Belajar Pada Mahasiswa Yang Bekerja. Surabaya: UNES

Robbins, SP. (1994). Organizational behavior: consepts controversies, and applications, 3rd edition. Englewood Cliffs, New Jersey: Prentice Hill

Sagala, S. (2008). Kemampuan profesional guru dan tenaga kependidikan. Bandung: Alfabeta.

Sasmita, Ruwaiza. 2018. “Pengaruh Minat Belajar dan Disiplin Diri Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Inggris” dalam Inference: Journal of English Language Teaching. Vol.1, No.1, April 2018, pp. 1-98. Jakarta: Unindra

Shadily. H. (1991). Kamus Inggris Indonesia. Jakarta: PT. Gramedia. Cetakan XXVI.

Singarimbun & Effendi. (1999). Metode penelitian survei. Yogyakarta: Pustaka LP3S. Slamento. (2003). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya, Jakarta: Rineka Cipta. Soekanto, S. (1987). Sosiologi: suatu sengantar. Jakarta: Rajawali Press

Sudjana. N. (2005). Penelitian hasil proses belajar mengajar. Bandung: Re maja Rosdakarya

Sudjiono, A. (2007). Pengantar statistik pendidikan, Jakarta: Raja Grafindo

Sugiyono, (2001). Metode penelitian administrasi. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono, (2008). Metode penelitian kuantitatif, kulitatif dan r dan d. Banding: Penerbit Alfabeta

Suharsimi, A, (1998). Prosedur penelitian. Jakarta: Aneka Cipta

___________. (2001). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktek. Jakarta: Rineka.

Sukardi. (2005). Metodologi penelitian pendidikan, kompetensi dan praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara.

Sukmadinata, N.S. (2009). Pengembangan kurikulum : Teori dan Praktik. Cetakan ke-8. Bandung : Rosdakarya.

Sutikno. M.S (2004). Strategi belajar mengajar. Bandung : Prospect.

Tarigan, H.G. (2009). Pengajaran kompetensi bahasa indonesia, Bandung : Angkasa

Tilaar H.A.R. (2004). Paradigma baru pendidikan nasional. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Tu’u, T. (2004). Peran disiplin pada prilaku dan prestasi siswa, Jakarta: PT Gresindo Walgito, B. (2004). Pengantar psikologi umum. Yogyakarta: Andi Offset..

Walija. (2006). Bahasa dalam perbincangan, Jakarta : FKIP Muhamadiyah, Jakarta Press

Winkel, W.S. (1996). Psikologi pendidikan dan evaluasi pendidikan. Jakarta: Grafindo




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/inference.v1i2.5412

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Kampus A Building 2, 3rd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm.

Creative Commons License
INFERENCE: Journal of English Language Teaching is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License