PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN PENGUASAAN KOSAKATA TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN MEMBACA BAHASA INGGRIS (Survei pada SMK Swasta di Kota Tangerang)

Uum Umaiyah(1*)

(1) Fakultas Pascasarjana Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar dan penguasaan kosakata terhadap kemampuan pemahaman membaca bahasa Inggris SMK Swasta di Kota Tangerang. (2) untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap kemampuan pemahaman membaca bahasa Inggris SMK Swasta di Kota Tangerang, (3) untuk mengetahui pengaruh penguasaan kosakata terhadap kemampuan pemahaman membaca Bahasa Inggris SMK Swasta di Kota Tangerang. Penelitian ini merupakan penelitian survei pada SMK Swasta di Kota Tangerang Tahun 2017/2018. Sampel terdiri dari 90 orang siswa yang dipilih secara random dari beberapa sekolah SMK Swasta di Kota Tangerang. Pengambilan  data dilaksanakan dengan cara menyebarkan kuisioner. Analisis data dengan metode statistik deskriptif, uji validitas, uji realibitas, dan analisa regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat pengaruh yang signifikan motivasi belajar dan penguasaan kosakata secara bersama-sama terhadap kemampuan pemahaman membaca Bahasa Inggris siswa SMK Swasta di Kota Tangerang. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. 0,000 < 0,05 dan Fh = 33,912. (2) Terdapat pengaruh yang signifikan motivasi belajar terhadap kemampuan pemahaman membaca Bahasa Inggris siswa SMK Swasta di Kota Tangerang. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. 0,039 < 0,05 dan th = 2,099. (3) Terdapat pengaruh yang signifikan penguasaan kosakata terhadap kemampuan pemahaman membaca Bahasa Inggris siswa SMK Swasta di Kota Tangerang. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. 0,000 < 0,05 dan th = 6,881.


Full Text:

PDF

References


Chaer, A. (2011). Ragam bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta

Dalman. (2014). Keterampilan membaca. Jakarta: Rajawali Press

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 1991. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan

Dimyati dan Mudjiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Harmer, Jeremy. (1998). How to Teach English. Addison Wesley Longman Limited.

Harmer, Jeremy. (2007). The Practice of English Language Teaching. Fourth Edition. Cambridge, UK. Pearson Longman.

Kompri. (2016). Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru dan Siswa, Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Sardiman. (2005). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Slameto. (2010). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya, Jakarta: Rineka Cipta

Tarigan, G. H. (1986). Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung.: Angkasa.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/inference.v2i1.5389

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Kampus A Building 2, 3rd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm.

Creative Commons License
INFERENCE: Journal of English Language Teaching is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License