PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN PENGUASAAN KOSAKATA TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN MEMBACA BAHASA INGGRIS (Survei pada SMK Swasta di Kota Tangerang)
(1) Fakultas Pascasarjana Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar dan penguasaan kosakata terhadap kemampuan pemahaman membaca bahasa Inggris SMK Swasta di Kota Tangerang. (2) untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap kemampuan pemahaman membaca bahasa Inggris SMK Swasta di Kota Tangerang, (3) untuk mengetahui pengaruh penguasaan kosakata terhadap kemampuan pemahaman membaca Bahasa Inggris SMK Swasta di Kota Tangerang. Penelitian ini merupakan penelitian survei pada SMK Swasta di Kota Tangerang Tahun 2017/2018. Sampel terdiri dari 90 orang siswa yang dipilih secara random dari beberapa sekolah SMK Swasta di Kota Tangerang. Pengambilan data dilaksanakan dengan cara menyebarkan kuisioner. Analisis data dengan metode statistik deskriptif, uji validitas, uji realibitas, dan analisa regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat pengaruh yang signifikan motivasi belajar dan penguasaan kosakata secara bersama-sama terhadap kemampuan pemahaman membaca Bahasa Inggris siswa SMK Swasta di Kota Tangerang. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. 0,000 < 0,05 dan Fh = 33,912. (2) Terdapat pengaruh yang signifikan motivasi belajar terhadap kemampuan pemahaman membaca Bahasa Inggris siswa SMK Swasta di Kota Tangerang. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. 0,039 < 0,05 dan th = 2,099. (3) Terdapat pengaruh yang signifikan penguasaan kosakata terhadap kemampuan pemahaman membaca Bahasa Inggris siswa SMK Swasta di Kota Tangerang. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. 0,000 < 0,05 dan th = 6,881.
Full Text:
PDFReferences
Chaer, A. (2011). Ragam bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta
Dalman. (2014). Keterampilan membaca. Jakarta: Rajawali Press
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 1991. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan
Dimyati dan Mudjiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Harmer, Jeremy. (1998). How to Teach English. Addison Wesley Longman Limited.
Harmer, Jeremy. (2007). The Practice of English Language Teaching. Fourth Edition. Cambridge, UK. Pearson Longman.
Kompri. (2016). Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru dan Siswa, Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Sardiman. (2005). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Slameto. (2010). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya, Jakarta: Rineka Cipta
Tarigan, G. H. (1986). Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung.: Angkasa.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/inference.v2i1.5389
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Published by:
Universitas Indraprasta PGRI
Address: Kampus A Building 2, 3rd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm.
INFERENCE: Journal of English Language Teaching is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License