THE INFLUENCE OF READING INTEREST AND VOCABULARY MASTERY TOWARDS THE ABILITY OF COMPREHENDING THE ENGLISH REPORT TEXTS

Ahyani Ahyani(1*), Hasbullah Hasbullah(2)

(1) Fakultas Pascasarjana Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui 1) Pengaruh minat baca terhadap kemampuan memahami teks report bahasa Inggris siswa SMPN di Kabupaten Indramayu. 2) Pengaruh penguasaan kosakata terhadap kemampuan memahami teks report bahasa Inggris siswa SMPN di Kabupaten Indramayu. 3) Pengaruh minat baca dan penguasaan kosakata terhadap kemampuan memahami teks report bahasa Inggris siswa SMPN di Kabupaten Indramayu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survey dengan teknik analisis jalur. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMP Negeri di Kabupaten Indramayu yang berjumlah 800 siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 89 siswa. Hasil penelitian menyimpulkan: 1) Tidak terdapat pengaruh langsung yang signifikan minat baca terhadap kemampuan memahami teks report bahasa Inggris  siswa SMP Negeri di Kabupaten Indramayu.  Hal tersebut dapat dibuktikan dengan nilai thitung = 1,486 < ttabel = 1,980. 2) Terdapat pengaruh langsung yang signifikan penguasaan kosakata  terhadap kemampuan memahami teks report bahasa Inggris siswa SMP Negeri di Kabupaten Indramayu. Hal tersebut dapat dibuktikan oleh nilai thitung = 5,320 > ttabel = 1,980. 3) Terdapat pengaruh langsung yang signifikan minat baca terhadap penguasaan kosakata siswa SMP Negeri di Jakarta Pusat . Hal tersebut dapat dibuktikan oleh nilai thitung = 3,632 > ttabel = 1,980. 4) Terdapat pengaruh tidak langsung yang tidak signifikan minat baca terhadap kemampuan memahami teks report bahasa Inggris melalui penguasaan kosakata siswa SMP Negeri di Kabupaten Indramayu. Hal ini dibuktikan oleh nilai thitung = 0,183 > ttabel = 1,980.


Full Text:

PDF

References


Admin. (2012). Teknik Membaca Cepat Skimming dan Scanning. Jakarta: Atmajaya.Hardjono, Sartinah. (1988). Psikologi Belajar Mengajar Asing. Jakarta: Depdikbud Dikti Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan.

Fatah, Abdul. 2018. “Pengaruh Penguasaan Tata Bahasa dan Kosa kata terhadap Kemampuan Menulis Teks Naratif Bahasa Inggris” , dalam Inference: Journal of English Language Teaching. Vol.1, No.1, April 2018, pp. 1-98. Jakarta: Unindra

Kridalaksana, Harimurti. (1985). Tata Bahasa Deskriptif Bahasa Indonesia: Sintaksis. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa.

Tarigan, Henry Guntur. (1968). Menyimak Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Angkasa Bandung.

Chaer Abdul. (2012). Linguistik Umum Edisi Revisi. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Supardi. 2011. Apliakasi Statistik dalam Penelitian. Jakarta: Ufuk Press.

Singaribuann, M. Effendi, S. (2006). Metode Penelitian Survai. Jakarta: Pustaka LP3IS.

Sudjana. (2005). Metode Statistik: Bandung: Tarsito.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/inference.v1i2.5387

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Kampus A Building 2, 3rd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm.

Creative Commons License
INFERENCE: Journal of English Language Teaching is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License