PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DAN MINAT BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PARAGRAF RECOUNT BAHASA INGGRIS

Septian Aep Nugraha(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui Pengaruh Metode Pembelajaran terhadap kemampuan menulis paragraf Recount Bahasa Inggris pada siswa SMA Negeri di Kabupaten Karawang. Metode Penelitian yang digunakan metode eksperimen dengan menerapkan metode pembelajaran  kooperatif tipe Jigsaw dan TPS, Penelitian ini menggunakan tes essai dan quisioner untuk mencari nilai, minat belajar tinggi dan rendah. Subjek penelitian dibagi atas dua kelompok yakni kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dengan populasi seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Telagasari dan SMA Negeri 1 Majalaya, sampel kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Telagasari sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 1 SMA Negeri 1 Majalaya sebagai Kelas Kontrol. Penelitian ini menggunakan model penelitian ANOVA. Dari hasil pengolahan data test didapatkan kesimpulan: 1). Terdapat pengaruh yang signifikan metode pembelajaran terhadap kemampuan menulis paragraf recount bahasa Inggris siswa SMA Negeri di Kabupaten Karawang, hal tersebut dibuktikan dengan nilai Sig: 0,002 < 0,05 dan  Fhitung: 10,795, 2). Terdapat pengaruh yang signifikan Minat Belajar terhadap kemampuan menulis paragraf recount bahasa Inggris siswa SMA Negeri di Kabupaten Karawang, hal tersebut dibuktikan dengan nilai Sig: 0,000 < 0,05 dan Fhitung: 60,626, 3). Terdapat pengaruh interaktif yang signifikan metode pembelajaran dan Minat Belajar terhadap kemampuan menulis paragraf recount bahasa Inggris siswa SMA Negeri di Kabupaten Karawang, hal tersebut dibuktikan dengan nilai Sig: 0,013 < 0,05 dan Fhitung : 6,581. Sebagai dampak dari adanya pengaruh interaktif antara Metode pembelajaran dan Minat belajar terhadap kemampuan menulis paragraf recount bahasa Inggris  maka dilakukan uji lanjut dengan menggunakan uji Tukey.


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Eviliyanida, E. (2011). Model Pembelajaran Kooperatif. Retrieved from https://academic.microsoft.com/paper/2109175916

Fatah, A. (2018). Naratif bahasa Inggris (Survei Pada SMK Swasta di Kota Tangerang). Inference: Journal of English Language Teaching, 1(1), 1–13. Retrieved from https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/inference/article/view/3811

Harmer, J. (2007). How to Teach English. Pearson Longman. Retrieved from https://books.google.co.id/books?id=0s_JZIuhHP8C

Kartono. (2018). Pengaruh kemampuan membaca cepat dan sikap berbahasa terhadap kemampuan menulis eksposisi bahasa Inggris. Inference: Journal of English Language Teaching, 01(01), 49–57. Retrieved from https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/inference/article/view/3816

Sanjaya. (2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pembelajaran. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Setiawati, R. (2013). Teaching writing recount text to grade X students at SMA Negeri 2 Palu through pictures. Bahasantodea, 1(1), 77–83. Retrieved from http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/Bahasantodea/article/view/3138/0

Sudjana. (2005). Metode Statistik (6th ed.). Bandung: Tarsito.

Sugiyanto. (2009). Model-model Pembelajaran Inovatif. Surakarta: Panitia Sertifikasi Guru Rayon 13 FKIP UNS.

Suharsimi, A. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta (6th ed.). Jakarta: Rineka Cipta. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/inference.v2i1.5386

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Kampus A Building 2, 3rd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm.

Creative Commons License
INFERENCE: Journal of English Language Teaching is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License