MODEL PEMBELAJARAN DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL

Misto Misto(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran dan minat belajar terhadap hasil belajar ilmu pengetahuan sosial siswa SMP Negeri di Jakarta Timur. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan menyediakan berbagai jenis perlakuan dalam dua kelompok belajar siswa. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa: (1) Ada pengaruh yang signifikan dari model pembelajaran terhadap hasil belajar siswa SMP Negeri di Jakarta Timur. Ini dibuktikan dengan nilai Sig = 0,041 < 0,05 dan Fhitung = 4,391. Ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Jigsaw lebih baik digunakan daripada model pembelajaran klasik dalam meningkatkan hasil belajar ilmu pengetahuan sosial. (2) Ada pengaruh yang signifikan minat belajar terhadap hasil belajar ilmu pengetahuan sosial siswa SMP Negeri di Jakarta Timur. Ini dibuktikan dengan nilai Sig = 0,037 < 0,05 dan Fhitung = 4,560. Ini menunjukkan bahwa minat belajar yang tinggi lebih baik daripada minat belajar yang rendah dalam meningkatkan hasil belajar ilmu sosial siswa. (3) Ada pengaruh interaktif yang signifikan model pembelajaran dan minat belajar terhadap hasil belajar ilmu pengetahuan sosial siswa SMP Negeri di Jakarta Timur. Ini dibuktikan dengan nilai Sig = 0,001 < 0,05 dan Fhitung = 11,668

Keywords


Model Pembelajaran; Minat Belajar; Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial.

Full Text:

PDF

References


Ahmadi. (2004). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Anita Lie. (2002). Cooperative Learning. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.

Arifin, Marsial. (1993). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, S. (2002). Metodologi Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. (2003). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bina Aksara.

Arikunto, Suharsimi dkk. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. (2015). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi. (2012). Prosedur Penelitian.Jakarta: Rineka Cipta.

Dina, Gasong. (2018). Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dimyati, Mudjiono. (2010). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri. (2011). Rahasia Sukses Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Gagne. M. Robert. (1989). Kondisi Belajar dan Teori Belajar. Jakarta: Terjemahan Munandir, Dikti.

Hamanik, Oemar. (1990). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Joko, Tri Prasetyo. (2005). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setya.

Komaruddin. (2002). Ensiklopedia Manajemen. Edisi Keempat. Jakarta: Bumi Aksara.

Kunandar. (2011). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Rajawali Press.

Hodijah, Nyayu. (2014). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers

Muhammad, Surya. (2004). Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran. Bandung: Pustaka Bani Quraisy.

Mudyahardjo, Redja. (2001). Pengantar Pendidikan Sebuah Studi Awal tentang Dasar-dasar Pendidikan pada Umumnya dan Pendidikan di Indonesia. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Muhibbin, Syah. (2004). Psikologi Pendidikan dan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdaka.

Muhibbin Syah. (2017). Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Jakarta: Rosda

Nasution. S. (1982). Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Ngalim, Purwanto. (2000). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ngalim, Purwanto. (2003). Psikologi Pendidikan. Bandung : Remaja Rosdakarya,

Piagen. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Purwanto. (2009). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Rita, Kenneth Dunn. (1997). Proses Belajar Mengajar. Bandung: Alfabeta.

Rooijakkers, AD. (2003). Mengajar dengan Sukses (Petunjuk untuk Merencanakan dan Menyampaikan Pengajaran). Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

Sagala, Syaiful. (2006). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Singgih, S. (2000). Latihan SPSS Statistik Parmetik. Jakarta: Gramedia.

Shoimin. (2014). Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Soewadji, J. (2012). Pengantar Metodologi Penelitian. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Sudjana, Nana. (2009). Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2003). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2010). Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: CV Alfabeta.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Supardi. (2013). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Sutiko, Sobri, M. (1995). Menggagas Pembelajaran Efisien dan Bermakna. Mataram: NTP.

Suryabrata, Sumadi, (2007). Metodologi Penelitian. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Syah, Muhibbin. (2017). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Thabrany, Hisbullah. (2000). Rahasia Kunci Sukses Belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Yasa, Diantara. (2008). Aktivitas dan Prestasi Belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo.

Yamin, M. (2013). Strategi dan Metode dalam Model Pembelajaran. Jakarta: Referensi (GP Press Group).

Yusuf, M. (2005). Pendidikan Bagi Anak dengan Problema Belajar. Solo: Tiga Serangkai.

Warsita, Bambang. (2008). Teknologi Pembelajaran: Landasan dan Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta.

W.S. Winkel. (1996). Psikologi Pengajaran. Jakarta: Gramedia.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/herodotus.v2i2.7250

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Misto Misto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Fakultas Pascasarjana | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 04.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.