PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA GURU

Solahudin Solahudin(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan dan motivasi kerja terhadap kinerja guru. Jika memang ada pengaruh yang positif dan signifikan maka seberapa kuat pengaruh gaya kepemimpinan dan motivasi kerja terhadap kinerja guru. Metode penelitian yang digunakan adalah survei dengan analisis korelasi dan regresi, yaitu menghubungkan antara data yang menunjukkan pengaruh gaya kepemimpinan dan motivasi kerja terhadap kinerja guru. Data tentang variabel gaya kepemimpinan dan motivasi kerja diperoleh melalui angket yang disusun oleh peneliti, yaitu mengukur hal-hal yang berkaitan dengan dua hal di atas. Sedangkan data tentang kinerja guru diperoleh melalui tes langsung yang dilaksanakan oleh setiap kepala sekolah terhadap guru-guru tersebut. Hasil uji hipotesis menunjukkan: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan gaya kepemimpinan dan motivasi kerja secara bersama-sama terhadap kinerja guru SMP Negeri di Kota Tangerang Selatan. Hal ini dibuktikan dengan perolehan Sig.  0,000 < 0,05  dan Fh = 63,528. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan gaya kepemimpinan terhadap kinerja guru SMP Negeri di Kota Tangerang Selatan. Hal ini dibuktikan oleh hasil pengujian hipotesis yang diperoleh bahwa nilai Sig.  0,000 < 0,05  dan th = 6,917. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan motivasi kerja terhadap kinerja guru SMP Negeri di Kota Tangerang Selatan. Hal ini dibuktikan oleh hasil pengujian hipotesis yang diperoleh bahwa nilai Sig.  0,000 < 0,05  dan th = 7,091.

 

Kata Kunci: gaya kepemimpinan, motivasi kerja, dan kinerja guru


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


DAFTAR PUSTAKA

Ali, H. M. (1982). Strategi penelitian pendidikan. Bandung: Angkasa.

Athoillah, A. (2010). Dasar-dasar manajemen, Bandung: Pustaka Setia.

Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Barnawi dan Arifin, M. (2014). Kinerja guru profesioanal. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Danim, S. (2012). Motivasi kepemimpinan dan efektivitas kelompok. Jakarta: Rineka Cipta.

Emzir. (2012). Metodologi penelitian pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Indrafachrudi, S. (2006). Bagaimana memimpin sekolah yang efektif. Bogor: Ghalia Indonesia.

Irwantoro, Nur dan Suryana, Y. (2016). Kompetensi pedagogik. Sidoarjo: Genta Group Production.

Karwati, E dan Donni, J. (2013). Kinerja dan profesionalisme Kepala Sekolah. Bandung: Alfabeta.

Kurniadin, D dan Machali, I. (2014). Manajemen pendidikan konsep dan prinsip pengelolaan pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Ma’arif, S. (2011). Guru profesional (harapan dan kenyataan). Semarang: Walisongo.

Mulyasa. (2004). Manajemen berbasis Sekolah: konsep, strategi dan implementasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, H.E. (2011). Manajemen dan kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Munir, A. (2008). Menjadi Kepala Sekolah efektif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Prasetyo dan Jannah, L. (2011). Metode penelitian kuantitatif. Jakarta: Raga Grafindo Persada.

Priyatno, D. (2012). Paham analisa statistik data dengan SPSS. Yogyakarta: Media Kom.

Rusman. (2013). Model-model pembelajaran mengembangkan profesionalisme guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Sagala, S. (2009). Kemampuan profesional guru dan tenaga kependidikan. Bandung: Alfabeta.

Sardiman. (2012). Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Sinamo, J. (2010). 8 etos keguruan. Jakarta: Institut Darma Mahardika.

Sudaryono, dkk. (2013). Pengembangan instrumen penelitian pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sudijono, A. (2011). Pengantar evaluasi pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo.

Sugiyono. (2010). Statistika untuk penelitian. Bandung: Alfabeta.

Suprihatiningrum, J. (2012). Guru profesional pedoman kinerja, kualifikasi, dan kompetensi guru. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Surya & Muhammad. (2010) Landasan pendidikan: Menjadi guru yang baik. Bogor: Ghalia Indonesia.

Susanto, A. (2018). Manajemen peningkatan kinerja guru, Depok: Prenadamedia Group.

Sutomo, dkk. (2011). Manajemen sekolah. Semarang: UNNES PRESS.

Usman, H. (2008). Manajemen teori praktik dan riset pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Uzer, U. (2006). Menjadi guru profesional. Bandung: Rosda Karya.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/herodotus.v1i3.5311

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Solahudin Solahudin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Fakultas Pascasarjana | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 04.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.