PENGARUH TINGKAT INTELIGENSI DAN MOTIVASI BELAJAR, TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI

Atiek Candra Dewi(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak : Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey. Jumlah sampel sebanyak 60 orang melalui simple random sampling. Teknik analisis regresi ganda untuk menganalisis data dengan menggunakan aplikasi SPSS Ver. 22 for window. Hasil penelitian membuktikan tingkat inteligensi dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar ekonomi di SMAS Kabupaten Sukabumi. Tingkat inteligensi prestasi belajar ekonomi di SMAS Kabupaten Sukabumi. Pengaruh yang signifikan motivasi belajar, prestasi belajar ekonomi di SMAS Kabupaten Sukabumi.

Kata kunci : inteligensi, motivasi belajar, prestasi belajar.


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


DAFTAR PUSTAKA

Abdullah, S.I, 2013. Aplikasi Komputer Dalam Penyusunan Karya Ilmiah ( cet.2). Tangerang : Pustaka Mandiri.

Azwar, Saifuddin, 1999. Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Bandura A, 1997. Self-Efficacy the Exercise of Control. New York: W.H Freeman and Company.

Baron, Byrne, R.D, 2004. Psikologi Sosial, ed 4. Jakarta: Pustaka Pelajar.

Chaplin, P.J. 2002. Kamus lengkap Psikologi. Diterjemahkan oleh: Kartini Kartono. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Crow D.L., Crow, A 2005. Psikologi Pendidikan. Penerjemah: Rachman Abror Abd. Yogyakarta: Nur Cahaya.

Dalyono,2009. Psikologi Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta.

Departemen Pendidikan Nasional,2005.Kurikulum 2004 SMA: Pedoman Khusus Pengembangan Silabus dan Penilaian Mata Pelajaran Ekonomi. Jakarta: Direktorat Pendidikan Menegah Umum.

Goleman D, 2005. Kecerdasan Emosi: Untuk Mencapai Puncak Prestasi (ed. 6). Jakarta: Gramedia.

Hurlock E.B,1997. Psikologi Perkembangan. Penerjemah : Istiwidayanti dan Soerjarwo. Jakarta: Erlangga.

Mulyana E, 2006. Implementasi Kurikulum 2004: Panduan Belajar KBM. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mutakin T.Z dan Cleopatra M, 2015. Suplemen Aplikasi Komputer Dalam Penyusunan Karya Ilmiah. Tangerang : Pustaka Mandiri.

Pintrinch P.R. & Schunk, D.H,1996. Motivasion in Education. Ohio: Merill on Imprint of Prentice Hall.

Riduwan, Sunarto H, 2007. Pengantar Statistika untuk penelitian (cet.1). Bandung: Alfabeta.

Saifuddin Azwar,1999. Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset.

Santrock, J.W, 2003. Adolensence: Perkembangan Remaja (ed.6). Penerjemah : Adelar, Shinta B dan Saragih, Sherly. Jakarta, Erlangga.

Sardiman A.M, 2004. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Sudijono A, 2008. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sukadji Soetarlina, 2000. Menyusun dan Mengevaluasi Laporan Penelitian. Depok : UI-Press.

Syah Muhibbin, 1997.Psikologi Pendekatan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Usep Kasman, 2010. Miskonsepsi Gaya Pada Mekanika Ditinjau Dari Sikap Siswa, Kecerdasan Intelektual dan Pengetahuan Awal, survey pada SMA Negeri 6 Depok. Jakarata: Tesis Pascasarjana Universitas Muhammadiyah.

Warsito, Hadi,2004. Hubungan antara Self-Efficacy dengan Penyesuaian Akademik dan Prestasi Akademik Studi pada Mahasiswa FIP UNS. Surakarta: Journal Psikologi UNS.

Winkel, W.S, 1998. Psikologi Pengajaran. Jakarta : PT. Gramedia. 1998.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/herodotus.v1i3.5310

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Atiek Candra Dewi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Fakultas Pascasarjana | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 04.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.