PENGARUH PERSEPSI SISWA ATAS KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SOSIOLOGI
(1) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Abstrak. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) pengaruh persepsi siswa atas kompetensi pedagogik guru dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar sosiologi; (2) pengaruh persepsi siswa atas kompetensi pedagogik guru terhadap prestasi belajar sosiologi; dan (3) pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar sosiologi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey. Sampel sebanyak 60 siswa yang diambil dengan teknik simple random sampling dari siswa Kelas XI MA swasta Kabupaten Serang. Hasil penelitian menunjukan: (1). terdapat pengaruh yang signifikan persepsi siswa atas kompetensi pedagogik guru dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar sosiologi, dengan nilai Sig = 0.000 < 0,05 dan Fhitung = 45,029; (2) terdapat pengaruh yang signifikan persepsi siswa atas kompetensi pedagogik guru terhadap prestasi belajar sosiologi, dengan nilai Sig = 0.000 < 0,05 dan thitung = 4,133; dan (3) terdapat pengaruh yang signifikan motivasi belajar terhadap prestasi belajar sosiologi, dengan nilai Sig = 0.000 < 0,05 dan thitung = 3,784. Dengan demikian prestasi belajar sosiologi dapat ditingkatkan melalui persepsi siswa atas kompetensi pedagogik guru dan motivasi belajar.
Kata Kunci: persepsi atas kompetensi pedagogik, motivasi belajar, prestasi belajar sosiologi.
References
DAFTAR PUSTAKA
Abu Hanafi. (1991). Psikologi Sosial (Edisi Revisi) Jakarta: Rineka Cipta.
Abu Hanafi. (2007). Psikologi Belajar (Edisi Revisi). Jakarta : Rineka Cipta.
Aminuddin Rasyad. (2003). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : UHAMKA Press & Yayasan PEP-Ex 8. 2003
Anas Sudjono. (2009) . Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Grasindo.
Anita Lie. (2005). Psikologi Pendidikan. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Ary, Donald, Lucy Cheser Jacobs, Asghar Razavieh (Penterjemah Arief Furchon). (1982). Pengantar Penelitian Dalam Pendidikan Surabaya : Usaha Nasional.
Aryanti. (1999). Pengantar Psikologi Pendidikan. Jakarta : Grasindo.
Anas Sudijono. (2009). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Rajawali Pers.
Belows, Roger. (2005). Psychology of Personel Business and Industriak, Third Edition, Prentice Hill Inc, Englewood Cliffs, New York.
BSNP. (2005). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia. Jakarta Depdiknas.
Danang . (2011). Perilaku Organisasional. Yogyakarta : caps.
Depdikbud. (2001). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Depdikbud.
Druxes, Herbert. (1976). Kriteria Kompetensi. Graw Hill International Edition, Management Series.
Gerungan W.A. (1991). Kompetensi Pedagogik. Bandung P T Eresco.
Gunarsa. (2004). Psikologi Praktis : Anak Remaja dan Keluarga. Bandung: BPK Gunung Mulia.
Gray Etal. (1984). Konsep Kompetensi. Mc. Graw-Hill Book Company.
Gunarsa. (2004). Konsep dan makna Pembelajaran. Bandung : Alfabeta.
Howe, ”Pendekatan, Strategi, Kaedah dan Teknik?”. situs : http://www.teachersrock.net/pdkt.htm.1980
Kamus Bahasa Indonesia. (2002). Depdiknas Edisi Ke-3, Cetakan ke dua, Penerbit Balai Pustaka.
Lestari. (1999). Menumbuhkan Motivasi Belajar Anak. Jakarta : Bhrata Karya Aksara.
Mar’at. (2001). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung : Alfabeta.
Mc. Ashan. (1981). Kurikulum Berbasis Kompetensi, Mc. Graw – Hill Book Company.
Muhibbin Syah. (2008). Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Ngalim Purwanto. (2008). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. CV. Bandung: Remaja Karya.
Notoatmojo. (2002). Latihan Dan Pengembangan Sumberdaya Manusia. Edisi Keempat. Jakarta: Mandar Jaya.
Notoatmojo. (2002). Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta : Bina Aksara.
Payaman J. Simanjuntak. (2001). Manajemen Sumber Daya Manusia. Gunung Agung Cetakan kelima: Jakarta
Ranupandojo, H, dan Husnan, S. (2002). Manajemen Personalia, Edisi Keenam, Yogyakarta: BPFE.
Robbins Etal. (1999). Pengertian Kompetensi, Mc. Graw Hill Book Company.
Sabri. (2003). Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Gramedia.
Safari. (2010). Teknik Analisis Butir Soal Instrumen Tes dan Non Tes. Jakarta: Depdiknas.
Sambas Ali Muhidin dan Maman Abdurohman. (2007). Analisis Korelasi, Regreasi, dan Jalur dalam Penelitian. Bandung: Pustaka Setia.
Sardiman A.M. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajagrafindo Perkasa.
Sasanti. (2003). Manajemen SDM. Bumi Aksara: Jakarta.
Seowarno, (2001). Pengantar Study Ilmu Administrasi dan Manajemen. Jakarta: Gunung Agung.
Sudjana. (2009). Teknik Analisis Regresi dan Korelasi bagi Para Peneliti. Bandung : Tarsito.
Suharsimi Arikunto. (2001). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka.
S. Nasution. (2002). Kiat Membelajarkan Siswa. Gaung Persada Pers: Jakarta.
Soetomo.(1993). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung : Alfabeta.
Umar Husein.(2000). Riset Strategi Perusahaan. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.
Waluyo, H.W. (1987). Penilaian Pencapaian Hasil Belajar . Jakarta : Karunika. 1
Wasty Soemanto. (1987). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bina Aksara.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/herodotus.v1i3.5309
Article Metrics
Metrics powered by PLOS ALM
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Evy Alivah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher: Universitas Indraprasta PGRI Address: Fakultas Pascasarjana | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. |
|
Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. |