PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN DAN MINAT BERWIRAUSAHA SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR KEWIRAUSAHAAN
(1) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Abstrak: Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis dan menguji kebenaran hipotesis mengenai pengaruh media pembelajaran dan minta berwirausaha terhadap hasil belajar kewirausahaan. Metode penelitian yang digunakan dalam tesis ini adalah metode eksperimen yaitu dengan memberikan jenis perlakuan yang berbeda pada dua kelompok belajar siswa.Populasi penelitian meliputi kelas XI di SMK Negeri 20 Jakarta, SMK Negeri 28 Jakarta dan SMK Negeri 41 Jakarta. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu simple random sampling dan jumlah sampel sebanyak 80 sampel. Analisis data menggunakan Anova Dua Arah. Hasil uji hipotesis menunjukkan: Terdapat pengaruh yang signiikan media pembelajaran terhadap hasil belajar kewirausahaan siswa SMK Negeri di Jakarta Selatan. Terdapat pengaruh yang signifikan minat berwirausaha terhadap hasil belajar kewirausahaan siswa SMK Negeri di Jakarta Selatan. Terdapat pengaruh interaktif yang signifikan media pembelajaran dan minat berwirausaha terhadap hasil belajar kewirausahaan siswa SMK Negeri di Jakarta Selatan.
Kata Kunci: Media Pembelajaran, Minat Berwirausaha, Hasil Belajar Kewirausahaan
Full Text:
Remote (Indonesian)References
DAFTAR PUSTAKA
Adiputro, Kusmini, dkk. (1999). Kewirausahaan 3. Jakarta: PT. Yudistira.
Anitah, S. (2010). Media Pembelajaran. Surakarta: Yuma Pustaka.
Aqib, Z. (2017). Model-model, Media dan Strategi Pembelajaran Konstektual. Bandung: CV Yrama Widya
Arifin, Zainal. 2011. Evaluasi Pembelajaran, Bandung: Remaja Rosdakarya.
Arikunto, Suharsimi, 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Arsyad, A. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Aunurrahman. 2011. Belajar dan Pembelajaran, Bandung: Penerbit Alfabeta.
Budiningsih, Asri. 2005. Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.
Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Ibrahim, H. (2005). Pembelajaran Berdasarkan Masalah. Surabaya: Unesa University Press.
Majid, A. (2009). Perencanaan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mardiyatmo. (2004). Kewirausahaan 3. Jakarta: Yudistira
Musfiqon. (2012). Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pusaka
Pribadi, A. (2017). Media & Teknologi dalam Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Rasyad, Aminuddin. (2003). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Uhamka Press.
Ridwan. (2008). Skala Pengukuran Variabel – Variabel Penelitian. Bandung: Alfa Beta.
Rima, Ega Wati. (2016). Ragam Media Pembelajaran. Jakarta: Kata Pena.
Sanjaya, Wina. (2013). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standart Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group
Sudijono, Anas. (2013). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Supardi, U,S. (2012). Aplikasi Statistika dalam Penelitian. Jakarta: PT Ufuk Publishing House.
Suparman, I.A (2013). Aplikasi Komputer dalam Penyusunan Karya Ilmiah. Tangerang: Pustaka Mandiri.
Sutikno, M. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Prospect.
Uno, Hamzah B. (2015). Belajar dengan Pendekatan PALIKEM. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Wahid, Sulaiman. (2002). Jalan Pintas Menguasai SPSS. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Yoeningsih. (2010). Kewirausahaa. Jakarta : HUP.
Zahara, Jaafar. 2001. Kontribusi Strategi Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar. Jakarta: Subbag Publikasi Sekretariat
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/herodotus.v1i3.5308
Article Metrics
Metrics powered by PLOS ALM
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 ANNISA MAHARANI
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher: Universitas Indraprasta PGRI Address: Fakultas Pascasarjana | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. |
|
Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. |