PENGARUH RASA KEDISIPLINAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
(1) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana pengaruh kedisiplinan dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Jika memang ada pengaruh yang positif dan signifikan maka seberapa kuat kedisiplinan dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar IPS. Metode penelitian yang digunakan adalah survey dengan analisis korelasi dan regresi, yaitu menghubungkan antara data yang menunjukkan kedisiplinan dan motivasi belajar yang dimiliki siswa dengan data yang menunjukkan prestasi belajar siswa. Data tentang kedisiplinan dan motivasi belajar diperoleh melalui kuesioner yang disusun oleh peneliti, yaitu yang mengukur hal-hal yang berkaitan dengan dua hal di atas. Sedangkan data tentang prestasi belajar siswa pada Ilmu Pengetahuan Sosial diperoleh dari hasil raport ganjil tahun pelajaran 2017/2018. (1)Terdapat pengaruh yang signifikan kedisiplinan dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar IPS Siswa SMP Swasta IT di Kota Bogor, dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. 0,001 < 0,05 dan Fh = 8,605. secara bersama-sama variabel kedisiplinan dan motivasi belajar memberikan kontribusi sebesar 23,2 % terhadap variabel prestasi belajar IPS. (2)Terdapat pengaruh yang signifikan kedisiplinan terhadap prestasi belajar IPS Siswa SMP Swasta IT di Kota Bogor, dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. 0,008 < 0,05 dan th = 2,742. Variabel kedisiplinan memberikan kontribusi sebesar 12,05 % dalam meningkatkan prestasi belajar IPS. (3)Terdapat pengaruh yang signifikan motivasi belajar terhadap prestasi belajar IPS Siswa SMP Swasta IT di Kota Bogor.
Kata Kunci : Kedisiplinan, Motivasi Belajar, Prestasi belajar.
Full Text:
PDF (Indonesian)References
DAFTAR PUSTAKA
Arikunto, S. (1993). Prosedur Penilitian suatu pendekatan praktek. Jakarta : Rineka Cipta
Bambang, P.(2006). Metode Penelitian Kuantitatif : Teori dan Aplikasi . Raja Grafindo Persada. Jakarta
Djamara. (2002). Prestasi Belajar Dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional.
Djamarah, B.S. (2000). Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta : PT. Rineka Cipta
Hamalik, O.(2005). Metode Belajar dan Kesulitan-Kesulitan Belajar. Bandung:
Tarsito.
Mas’udi, A.(2000) Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Yogyakarta:
PT Tiga Serangkai.
Nasution.(2008). Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara
Purwanto, M.N. (1995). Ilmu Pendidikna Teoritis dan Praktis. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Suhartono. (2001). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta
Suharman, A. (2001). Psikologi Kognitif. Surabaya : Srikandi
Suparman,S.(2009). Gaya Mengajar yang Menyenangkan Siswa. Yogyakarta : Pinus Book Publisher
Surya, M.(2013). Psikologi Guru. Konsep dan Aplikasi. Bandung : Alfabeta
Syah, M.(1996). Psikologi Pendidikan suatu pendekatan baru. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Tadjab, MA.(1994). Ilmu Pendidikan. Surabaya : Karya Adbitama
Winkel.(2002). Psikologi Pengajaran. Yogyakarta : Sketsa
Tu’u, Tulus.(2004). Peran Disiplin Pada Perilaku dan Prestasi. Jakarta : PT. Grasindo.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/herodotus.v1i2.5306
Article Metrics
Metrics powered by PLOS ALM
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Hendriwan Agus
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher: Universitas Indraprasta PGRI Address: Fakultas Pascasarjana | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. |
|
Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. |