PENGARUH RASA KEDISIPLINAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL

Hendriwan Agus(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana pengaruh kedisiplinan dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Jika memang ada pengaruh yang positif dan signifikan maka seberapa kuat kedisiplinan dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar IPS. Metode penelitian yang digunakan adalah survey dengan analisis korelasi dan regresi, yaitu menghubungkan antara data yang menunjukkan kedisiplinan dan motivasi belajar yang dimiliki siswa dengan data yang menunjukkan prestasi belajar siswa. Data tentang kedisiplinan dan motivasi belajar diperoleh melalui kuesioner yang disusun oleh peneliti, yaitu yang mengukur hal-hal yang berkaitan dengan dua hal di atas. Sedangkan data tentang prestasi belajar siswa pada Ilmu Pengetahuan Sosial diperoleh dari hasil raport ganjil tahun pelajaran 2017/2018. (1)Terdapat pengaruh yang signifikan kedisiplinan dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar IPS Siswa SMP Swasta IT di Kota Bogor, dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. 0,001 < 0,05 dan Fh = 8,605. secara bersama-sama variabel kedisiplinan dan motivasi belajar memberikan kontribusi sebesar 23,2 % terhadap variabel prestasi belajar IPS. (2)Terdapat pengaruh yang signifikan kedisiplinan terhadap prestasi belajar IPS Siswa SMP Swasta IT di Kota Bogor, dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. 0,008 < 0,05 dan th = 2,742. Variabel kedisiplinan memberikan kontribusi sebesar 12,05 % dalam meningkatkan  prestasi belajar IPS. (3)Terdapat pengaruh yang signifikan motivasi belajar terhadap prestasi belajar IPS Siswa SMP Swasta IT di Kota Bogor.

 

Kata Kunci : Kedisiplinan, Motivasi Belajar, Prestasi belajar.


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, S. (1993). Prosedur Penilitian suatu pendekatan praktek. Jakarta : Rineka Cipta

Bambang, P.(2006). Metode Penelitian Kuantitatif : Teori dan Aplikasi . Raja Grafindo Persada. Jakarta

Djamara. (2002). Prestasi Belajar Dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional.

Djamarah, B.S. (2000). Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta : PT. Rineka Cipta

Hamalik, O.(2005). Metode Belajar dan Kesulitan-Kesulitan Belajar. Bandung:

Tarsito.

Mas’udi, A.(2000) Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Yogyakarta:

PT Tiga Serangkai.

Nasution.(2008). Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara

Purwanto, M.N. (1995). Ilmu Pendidikna Teoritis dan Praktis. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Suhartono. (2001). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta

Suharman, A. (2001). Psikologi Kognitif. Surabaya : Srikandi

Suparman,S.(2009). Gaya Mengajar yang Menyenangkan Siswa. Yogyakarta : Pinus Book Publisher

Surya, M.(2013). Psikologi Guru. Konsep dan Aplikasi. Bandung : Alfabeta

Syah, M.(1996). Psikologi Pendidikan suatu pendekatan baru. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Tadjab, MA.(1994). Ilmu Pendidikan. Surabaya : Karya Adbitama

Winkel.(2002). Psikologi Pengajaran. Yogyakarta : Sketsa

Tu’u, Tulus.(2004). Peran Disiplin Pada Perilaku dan Prestasi. Jakarta : PT. Grasindo.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/herodotus.v1i2.5306

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Hendriwan Agus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Fakultas Pascasarjana | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 04.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.