IMPELEMENTASI PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENGEMBANGKAN SKILLS DAN BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM (PAI)
(1) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Abstrak : Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kleas (PTK) yang latar belakangi karena permasalahan proses dan kualitas hasil pemeblajaran, bertujuan untuk mengembangkan soft skills dan meningkatkan kualitas hasil belajar siswa dengan mengimplementasikan strategi pembelajaran yang inovatif yakni Project Based Learning (PBL). Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XII IPS yang mengikuti pembelajaran Pendidikan Agaman Islam (PAI) yang terdiri dari kelas IPS 1 dan 2. Sampel penelitian adalah siswa kelas XII IPS 2 yang berjumlah 21 orang. Instrumen pengumpul data berupa kuesioner, penilaian diri, form ceck list dan pencatatan obeservasi perilaku siswa, diskusi mendalam, evaluasi antarteman dan tes kemampuan berpikir. Data dianalisis dengan teknik diskriptif-kuantitatif. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa melalui pembelajaran berbasis proyek dapat mengembangkan soft skills dan meningkatkan kualitas hasil belajar siswa. Demikian pula dengan tanggapan siswa terhadap pembelajaran adalah positif. Agar dilakukan penelitian pengembangan terkait dengan masalah pendekatan pembelajaran project based learning.
Kata Kunci: pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI), project based learning, soft skill dan hasil belajar
Full Text:
PDF (Indonesian)References
DAFTAR PUSTAKA
Djoyonegoro, Wardiman. (1998). Pengembangan Sumber Daya Manusia melalui SMK. Jakarta: Jayakarta Agung Offset.
Grugulis I. tth. Skill, Training and Human Resource Development. (2009) Critical Texs. England: Palgrave Macmilan.
Hamidah, Siti. (2011). “Efektivitas Pembelajaran Soft Skills Terintegrasi pada Siswa SMK Boga”. Penelitian. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta
Hermawan dan Asra. (2006). Belajar dan Pembelajaran SD. Bandung: UPI Press
Dianto Muin. (2006). Pendidikan Agama Islam (PAI) SMA Kelas XIII. Jakarta: Erlangga
I W. Santyasa. (2006). Pembelajaran inovatif: Model kolaboratif, basis proyek, dan orientasi NOS. Makalah. Disajikan dalam seminar di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 2 Semarapura, 27 Desember 2006, di Semarapura
Kreitner, R., dan Kinicki, A. (2008). Organizational Behaviour. New York: Mc Graw-Hill International Edition.
Maryati, Kun dan Suryawati Juju. (2013). Pendidikan Agama Islam (PAI). Jakarta: Esis
M. E. Gredler. (1992). Learning and Instruction: Theory into Practice. Secong Edition. New Jersey: Prentice-Hall, Inc,
Ohmae, Kenichi. (1991). Dunia Tanpa Batas,alih Bahasa Fx.Budyanto. Jakarta :Bina Aksara
Sardiman, A.M. (2001). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo
Sudjana, Nana. (2009). Penilai Hasil belajar dan Mengajar, Bandung : Remaja Rosdakarya
Sukadi. (2006). Pendidikan IPS sebagai Rekonstruksi Pengalaman Budaya Berbasis Ideologi Tri Hita Karana (Studi Etnografi tentang Pengaruh Masyarakat terhadap Pelaksanaan Program Pendidikan IPS di SMA Negeri 1 Ubud). Disertasi (tidak dipublikasikan). Bandung: UPI Bandung
Sukirman dan Jumhana. (2006). Perencanaan pembelajaran. Bandung:UPI
Winkel, W.S. (2007). Psikologi Pengajaran. Yogyakarta: Penerbid Media Abadi
Jurnal dan Media Massa
Kompas, Edisi 3 November 2007
Majalah Fakultas Ekonomi, Edisi 30 Desember 2016, Laporan Pembangunan Manusia di Indonesia, Universitas Gundarma Depok
Purwanto, Jurnal pendidikan dan kebudayaan, Pengaruh konsekuensi perilaku dan Motivasi belajar terjhadap hasil belajar no.069, tahun ke-13
Website
Adrian. (2000) Metode Mengajar Berdasarkan Tipologi Belajar Siswa. Diakses dari situs http://www.artikel.us.com/art05-65.html
Bergh, et al. (2006). Medical Students Perceptions of their Development of Soft skills. Part II: the Develpopment of Soft skills through Guiding and Growing. Diakses 27 Januari 2017 dari http://www.sofpj.co.za/index.php-/safpj/article/viewfile/661/575.
Coates, D.E. (2006). People Skill Traning: Are You Getting a Return on Your Investmen. Diakses 26 Januari 2017 dari http://www.2020insight.net/Docs4/PeopleSkills.pdf
CORD. (2007). Project-Based Learning, (Online). Diakses 17 Februari 2015.
Sharma, A. (2009). Professional Development for Teachers. Diakses 26 Januari 2017 dari http://schoolofeducators.com/2009/02/importance-of-soft-skills-developmentin-education
Thomas, J.W. (2000). A Review of Research On Project-Based Learning. Supported by The Autodesk Foundation 111 McInnis Parkway San Rafael, California. (online). (http:/www.autodesk.com/foundation).
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/herodotus.v1i2.5304
Article Metrics
Metrics powered by PLOS ALM
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Tom Amrozi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher: Universitas Indraprasta PGRI Address: Fakultas Pascasarjana | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. |
|
Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. |