KESEJAHTERAAN KELUARGA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR GEOGRAFI

Artika Dewiyanti(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak: Penelitian ini target untuk menanggapi pengaruh tingkat kesejahteran keluarga dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar Geografi siswa SMA Negeri di Kota Bekasi. Penelitian ini menerapkan  metode kuantitatif korelasional dengan analisis regresi dan survey. Dengan populasi 928 siswa terdiri dari SMA Negeri 11 Kota Bekasi, SMA Negeri 13 Kota Bekasi dan SMA Negeri 15 Kota Bekasi.Teknik pengumpulan data mempergunakan angket dan pilihan ganda. Hasil penelitian membuktikan bahwa Terdapat pengaruh yang signifikan tingkat kesejahteraan keluarga dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Geografi

 

Kata kunci: Tingkat Kesejahteraan Keluarga, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, S. (2008). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Penerbit Bumi Aksara.

Edi, S. (2006). Membangun masyarakat Memberdayakan Rakyat Kajian Strategis Pembangunan Kesejahteraan Sosil & Perkerjaan Sosial. Bandung : Refikas Aditama

Mikkelsen, B. (2001). metode penelitian partisipatoris dan dan upaya-upaya pemberdayaan. Jakarta : Yayasan Obor Indonesia.

Soetrisno, L. (1995). Substansi Permasalahan Kemiskinan dan kesenjangan dalam Awan Setya Sewanta. Yogyakarta: Aditya Media.

Sutyastie, S. & Prijono,T.(2002). Kemiskinan dan ketidakmerataan di Indonesia. Jakarta : CV Rikneka Cipta.

Rasyad, A. (2003). Teori belajar dan Pembelajaran (cet keempat). Jakarta: UHAMKA Press & Yayasan PEP-Ex 8.

Undang-undang Republik Indonesia No13 tahun(1998), Tentang kesejahteraan Lansia bab 1 pasa 1.

Zastro, C. H. (1999). The Practice of Sosil work. Sixth editio. Pacific Grove: Brook/Cole Publishing Company.

Tim Penyususn Kamus Pusat Pembinaan dan pengembangan Bahasa Departemen Pendidikan & Kebudayaan, Kamus Besar bahasa Indonesia, Cet III, ed. II, Jakarta Balai Pustaka, 1994 hal 572.

Undang-undang Republik Indonesia No13 tahun 1998, tentang kesejahteraan Lansia bab 1 pasa 1.

Syariful, B D. (2005). Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: PT Rineka Cipta. 2005.

Zastro, C. H. (1999). The Practice of Sosil work. Sixth editio. Pacific Grove: Brook/Cole Publishing Company.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/herodotus.v1i2.5299

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Artika Dewiyanti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Fakultas Pascasarjana | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 04.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.