KECERDASAN EMOSIONAL DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR

Aulia Dinda Kusumaning Ayu(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional dan kemandirian belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa SMP di Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode korelasi dengan teknik regresi dan pendekatan survey. Dengan populasi 540 siswa terdiri dari SMP Negeri 258 Jakarta dan SMP Negeri 91 Jakarta. Teknik pengumpulan data mempergunakan angket dan pilihan ganda. Hasil penelitian membuktikan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan kecerdasan emosional dan kemandirian belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial.

 

Kata Kunci : Kecerdasan Emosional, Kemandirian Belajar, Prestasi Belajar, Ilmu Pengetahuan Sosial

 


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Azwar, Saifuddin. (1996). Tes Prestasi, Fungsi Pengembangan Pengukuran Prestasi Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Bambang, Riyanto. (2002). Dasar-dasar Pembelanjaan Perusahaan, edisi 4. Yogyakarta: BPFE.

Brockett, R. G., & Hiemstra, R. (1991). Self-direction in adult learning: Perspectives on theory, research, and practice. New York: Routledge.

Brookfield, S. D. (2000). Understanding and Facilitating Adult Learning. San Francisco: Josey-bass Publisher.

Cooper, R. K. (1999). Executive EQ: Kecerdasan Emosional dalam Kepemimpinan dan Organisasi. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Goleman, D. (2003). Kepemimpinan yang Mendatangkan Hasil. Yogyakarta: Amara Books.

Goleman, D. (2004). Kecerdasan Emosional: Mengapa EI Lebih Penting Daripada IQ. Terjemahan oleh T. Hermaya. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Goleman, D. (2009). Emotional Intelligence. (T. Hermaya). Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Hakim, Thursan. (2005). Belajar Secara Efektif. Jakarta: Puspa Suara.

Hutabarat, E. P. (1995). Cara Belajar Pedoman Praktis Untuk Belajar Secara Efisien dan Efektif Pegangan Bagi Siapa Saja yang Belajar di Perguruan Tinggi. Jakarta: PT BPK Gunung Mulia.

Lie A & Prasasti S. (2004). 101 Cara Membina Kemandirian dan Tanggung Jawab Anak. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Martono, Nanang. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT Raya Grafindo Persada.

Mubayidh, Makmun. (2006). Kecerdasan dan Kesehatan Emosional Anak (Muhamad Muchson Anasy. S. HI. Terjemahan). Jakarta: PT. Al- Kautsar. Buku asli diterbitkan tanpa tahun.

Mulyasa, E. (2003). Kurikulum Berbasis Kompetensi: Konsep, Karakteristik, dan Implementasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. (2006). Menjadi Guru Profesional: Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mu’tadin, Z. (2002). Pengantar Pendidikan dan Ilmu Perilaku Kesehatan. Yogyakarta. Andi Offset.

Purwanto, M. Ngalim. (2006). Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sardiman A. M. (2010). Interaksi dan Motivasi belajar-mengajar. Rajawali pers, Jakarta.

Sardiman A. M. (2011). Interaksi dan Motivasi belajar-mengajar. Rajawali pers, Jakarta.

Shapiro, E. L. (2001). Mengajarkan Emotional Intelligence Pada Anak. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor- faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor- faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana. (1996). Teknik Analisis Regresi dan Korelasi. Bandung: Tarsito.

Sudjana, Nana. (2005). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2003). Metode Penelitian Bisnis. Edisi 1. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2005). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Supardi. (2013). Aplikasi Statistik dalam Penelitian. Jakarta: Prima Ufuk Semesta.

Suryabrata, Sumadi. (2006). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Syah, Muhibbin. (2010). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Winkel, W.S. (2005). Psikologi Pendidikan dan evaluasi belajar. Jakarta: Gramedia.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/herodotus.v1i2.5298

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Aulia Dinda Kusumaning Ayu

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Fakultas Pascasarjana | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 04.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.