PERSEPSI GURU PADA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA GURU
(1) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pergaulan teman sebaya, disiplin, dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar matematika siswa SMK Swasta di Cikarang Kabupaten Bekasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Swasta di Cikarang Kabupaten Bekasi yang berjumlah 590 siswa. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah 85 siswa. Hasil penelitian menyimpulkan: Terdapat pengaruh yang signifikan Pergaulan Teman Sebaya, Disiplin, dan Motivasi Belajar secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SMK Swasta di Cikarang Kabupaten Bekasi. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai sig 0,000 < 0,05 dan Fhitung = 20,201. Terdapat pengaruh yang signifikan Pergaulan Teman Sebaya terhadap Prestasi Belajar Matematika siswa SMK Swasta di Cikarang Kabupaten Bekasi. Hal tersebut dibuktikan nilai sig 0,004 < 0,05 dan thitung = 2,973. Terdapat pengaruh yang signifikan Disiplin Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika siswa SMK Swasta di Cikarang Kabupaten Bekasi. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai sig 0,001 < 0,05 dan thitung = 3,618. Terdapat pengaruh yang signifikan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SMK Swasta di Cikarang Kabupaten Bekasi. .\
Kata Kunci : Persepsi guru pada kepemimpinan Kepala Sekolah, motivasi kerja, kinerja guru.
Full Text:
PDF (Indonesian)References
DAFTAR PUSTAKA
Adair, J. (2004). Menjadi pemimpin efektif. Jakarta: PT. Gramedia.
Arikunto, S. (2006). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktek. Jakarta: Rineka Cipta
Bernardin, R. (1993). Human resources management, an experiental appoach. Singapure: Mac Graw Hill, Book co.
Chaplin, C.P. (1999). Kamus lengkap psikologi, edisi Bahasa Indonesia oleh Kartini Kartono, cetakan kelima, Jakarta: Raja Grafindo Perkasa
Davidoff, L.L. (1998). Psikologi suatu pengantar, Jilid I, edisi Bahasa Indonesia oleh Mari Juniati, Jakarta: Erlangga.
Harna, M. M., (2003). Profesionalitas kepala sekolah. Pendidikan Network.
Hasibuan H. Melayu S.P. (2007). Organisasi dan motivasi. Jakarta: Bumi Aksara.
Irawan, P. ( 2003). Teori belajar, motivasi, dan keterampilan mengajar. Jakarta: Depdiknas.
Kartono, (2002). Kepemimpinan pendidikan. Jakarta: Prehallindo.
Keraf, G. (1997). Diksi dan gaya bahasa. Ende –Flores: Nusa Indah
Malik, O. (2002). Psikologi belajar dan mengajar. Bandung: Sinar Baru.
Mulyasa, H.E. (2002). Kurikulum berbasis kompetensi: konsep, karakteristik dan implementasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
___________. (2003). Menjadi kepala sekolah profesional, dalam konteks menyukseskan MBS dan KBK. Bandung: Remaja Rodakarya
___________. (2013). Manajemen kepemimpinan kepala sekolah. Jakarta: Bumi Aksara
Natawijaya, R. (2003). Profesionalisasi guru. Makalah pada Seminar Pendidikan Profesional Tenaga Kependidikan. Bandung: FPS
Nasution, S. (2003), Metode research (penelitian ilmiah ) Jakarta: Aksara
Nawawi, H. (2003). Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Bisnis Kompetitif. Yogyakarta: UGM Press
Ruch, F. L. (1967). Psychology and Life, 7th, ed. Glenview, Illinois : Scott, Foresman and Company
Setiaji, B. (2004). Panduan Riset Dengan Pendekatan Kuantitatif. Surakarta: Muhammadiyah University Press.
Siagian, S. P. (2002). Kiat meningkatkan produktivitas kerja. Penerbit Rineka Cipta, Jakarta.
____________. (2008). Organisasi kepemimpinan dan perilaku administrasi, Jakarta: Haji Masagung.
Simamora, H. (2002). Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Bagian Penerbitan STIE YKPN.
Sudjana, (1996). Metoda statistika. Bandung: Tarsito.
Sugiyono, (2006). Statistika untuk senelitian. Bandung: Alfabeta.
Suherman, (2005). Psikologi Kognitif, cet. 1, Surabaya: Srikandi
Thoha, M. (2002). Perilaku Organisasi. Jakarta: Rajawali Press.
Wahjosumidjo. (1995). Kepemimpinan Kepala Sekolah, Tinjauan Teoritik Dan Permasalahannya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
____________. (2008). “Kepemimpinan dan Motivasi”. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Winardi, (2001). Asas-asas manajemen, Edisi terbaru, Bandung: CV. Mandar Maju.
______, (2007). Motivasi Dan Pemotivasian Dalam Manajemen. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Wortman , C.B., Loftus, E.F., & Marshall, M.E. (1958). Psycology, 2nd ed. New York: Alfred A. Knopf. Inc.
Yukl, G. (2001). Leadership In Organization. New Jersey: Prentice
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/herodotus.v1i2.5297
Article Metrics
Metrics powered by PLOS ALM
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Isum Sumyati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher: Universitas Indraprasta PGRI Address: Fakultas Pascasarjana | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. |
|
Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. |