PENGARUH TINGKAT SOSIAL EKONOMI DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SOSIOLOGI

Kartika Kharismawaty(1*)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh tingkat sosial ekonomi dan perhatian orangtua secara bersama-sama terhadap prestasi belajar sosiologi siswa SMA Negeri di Jakarta Barat. (2) Pengaruh tingkat sosial ekonomi terhadap prestasi belajar sosiologi siswa SMA Negeri di Jakarta Barat.. (3) untuk mengetahui pengaruh perhatian orangtua terhadap prestasi belajar sosiologi siswa SMA Negeri di Jakarta Barat. Penelitian dilaksanakan pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri di Jakarta Barat, pada tahun pelajaran 2017/2018, yaitu pada SMA Negeri 56, SMA Negeri 95, dan SMA Negeri 84 Kota Jakarta Barat, dengan metode penelitian survey. Responden penelitian siswa berjumlah 60 orang. Instrumen menggunakan kuesioner untuk memperoleh data tingkat sosial ekonomi dan perhatian orangtua, sedangkan prestasi belajar sosiologi diperoleh dari nilai rata-rata pencapaian kemampuan siswa pada aspek kognitif pelajaran sosiologi yang tercantum pada raport siswa selama satu semester tahun 2017/2018.

 

Kata kunci : Tingkat Sosial Ekonomi, Perhatian Orangtua, Prestasi Belajar Sosiologi

 

 


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


DAFTAR PUSTAKA

Ahmadi,A. (2004). Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Anastasi. (1998). Physicological Testing. Jakarta : PT Gramedia.

Arikunto, S. (2010). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : PT Bumi Aksara.

Arikunto, S. (2007). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2008). Prosedur Penelitian. Yogyakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

Azwar,S. (2002). Fungsi Pengembangan Pengukuran Prestasi Belajar. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Chaplin, J. P. (2002). Kamus Lengkap Psikologi. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Cholid, N. & Ahmadi, A. (2004). Metode Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta.

Dharma, S. (2008). Penilaian Belajar. Direktorat Jenderal PMPTK Depdiknas. Jakarta.

Dimyati & Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta.

Djaali, H. (2008). Psikologi Pendidikan. Jakarta : PT Bumi Aksara.

Djaali, & Puji, M. (2008). Pengukuran Dalam Bidang Pendidikan. Jakarta : Grasindo.

Djamarah, & Bahri, S. (2008). Psikologi Belajar. Jakarta : PT Rineka Cipta.

Djamarah, Bahri, S. & Zain, A. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Dwi, J.N.,&Suyanto,B. (2005). Sosiologi Teks Pengantar dan Terapan. Jakarta : Prenada Media Edisi Pertama.

Gordon, T. (2011). Sosiologi Pendidikan. Jakarta : PT Raja Grafindo.

Haditomo,S.R. (2000). Psikologi Perkembangan Dalam Berbagai Bagiannya. Yogyakarta : Penerbit Gajah Mada.

Hamalik, O. (2003). Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara.

Johstone, & Andijiyono. (1999). Manajemen Berbasis Sekolah. Yogyakarta : Penerbit andi.

Kunandar. (2007). Guru Profesional. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Kurikulum Berbasis Kompetensi. (2002). Kurikulum dan Hasil Belajar. Jakarta :Balitbang Depdiknas.

Mahfudh, S. (1990). Pengantar Psikologi Pendidikan. Jakarta. Bina Ilmu

Muchtar, A. & Suwarma. (2008). Strategi Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta Dahar.

Muhammad, A. & Asrori. (2009). Psikologi Remaja Perkembangan Peserta Didik. Bandung : PT Bumi Aksara.

Nasution, S. (2010). Sosiologi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.

Pidarta, Made. (2004). Manajemen Pendidikan Indonesia. Jakarta : Bumi Aksara.

Priyanto, Y. (2001). Metodologi Penelitian Pendidikan. Surabaya : Penerbit SIC.

Purwanto, N. (2002). Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Riduwan. (2004). Metode riset. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Robert. (2002). Manajemen Strategik Konsep dan Kasus. Jakarta. : Penerbit Salemba Empat.

Safari. (2008). Teknik Analisis Butir Soal Instrumen Tes dan Non Tes. Jakarta : Depdiknas.

Sandjaja, S. (2003). Pengaruh Keterlibatan Orangtua terhadap Minat Membaca Anak Ditinjau dari Pendekatan Stres Lingkungan. Jakarta : Jurnal Ilmu- Ilmu Sosial.

Slameto. (2008). Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta : Rineka Cipta.

Sudjana, N. (2005). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Sudjana, N. (1991). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung : Sinar Baru.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Bisnis. Bandung : Alfabeta.

Sukardi. (2005). Metodologi Penelitian. Jakarta : PT. RajaGrafindo Persada.

Suseno, I. (2013). Statistik Dalam Penelitian Pendidikan. Jakarta: UNINDRA Press

Syah, M. (2004). Psikologi Belajar. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Winkel, W.S. (1983). Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta : PT Gramedia.

Wloodkowski J. Raymond & Jeynes Judith H. (2004). Motivasi Belajar. Jakarta : Cerdas Pustaka




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/herodotus.v1i2.3733

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Kartika Kharismawaty

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Fakultas Pascasarjana | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 04.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.