PENGARUH KONSEP DIRI DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
(1) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Abstrak, Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh konsep diri dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar IPS. Untuk pengaruh konsep diri terhadap prestasi belajar IPS serta mengetahui pengaruh kemandirian belajar terhadap prestasi belajar IPS. Hasil penelitian menunjukan ; 1) Terdapat pengaruh yang signifikan konsep diri dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar IPS. Hal ini dibuktikan oleh hasil pengujian hipotesis melalui analisis regresi ganda diperoleh bahwa nilai Sig = 0,000 dan Fhitung = 32,665, sedangkan Ftabel = 3,16 sehingga nilai Sig < 0,05 dan Fhitung>Ftabel 2) terdapat pengaruh yang signifikan konsep diri terhadap prestasi belajar IPS. Hal ini dibuktikan oleh hasil pengujian hipotesis melalui regresi ganda diperoleh bahwa nilai Sig = 0,003 dan thitung= 3,094, sedangkan ttabel= 1,671 sehingga nilai Sig<0,05 dan thitung>ttabel yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan 3) Terdapat pengaruh yang signifikan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar IPS. Hal ini dibuktikan oleh hasil pengujian hipotesis melalui analisis regresi ganda diperoleh bahwa nilai Sig = 0,000 dan thitung=4,067, sedangkan ttabel= 1,671 sehingga niai Sig<0,05 dan thitung>ttabel yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan.
Kata kunci ; konsep diri, kemandirian belajar, prestasi belajar IPS
References
DAFTAR PUSTAKA
Abdul, Azis Wahab 2007. Metode dan Model Mengajar IPS. Bandung; Alfabeta
Arikunto, Suharsimi. 1997. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta. Rineka Cipta
Basuki Abdulwahab, Wisnijati. Statistika Parametrik dan Non Parametrik untuk Penelitian. Jakarta; FT-UNJ
Biggs, JohnB. & Philip J. Moore. 1983. Process of Learning, Third Edition. New York: Prentice Hall.
Bloom, B.,et.al. 1956. Taxonomi of Educational Objectives: Cognitive Domain Book. New York: Longman.
Burns, R.B. 1993. KonsepDiri: Teori, Pengukuran, Perkembangan dan Prilaku. Jakarta: Arcan.
Djiwandono, Sri Esti W. 2007. Psikologi Pendidikan (rev-2). Jakarta: Grasindo.
Hamalik, O. 1994. PengembanganKurikulum dan Pembelajaran. Bandung:Tarsito.
Hurlock, Elizabeth B. 2001. PerkembanganAnak, Jilid 2. Jakarta: Erlangga.
I.A, Suparman. 2013. AplikasiKomputerdalamPenyusunanKaryaIlmiah. Tangerang: PT. PustakaMandiri.
Lussier, Robert N. 1996. Human Relations in Organizations: A Skill-Building Approach, Third Edition. USA: Me. Graw Hill Companies, Inc.
Mu’tadin. Z. 2002. KemandirianSebagaiKebutuhanPsikologi Pada Remaja. Jakarta: www.e.psikologi.co.id.
Mulyasa, E. 2003. KurikulumBerbasisKompetensi, Konsep, Karakteristik dan Implementasi. Bandung: RosdaKarya.
Nasution, S. 2010. Belajar dan Mengajar. Jakarta: BumiAksara.
Prasasti,S. 2004. 101 Cara MembinaKemandirian dan TanggungjawabAnak. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.
Purwanto, M. Ngalim. 2004. Psikologi Pendidikan. Bandung: RemajaRosdakarya.
Rakhmat, Jalaludin. 2003. PsikologiKomunikasi. Bandung: RemajaRosdakarya.
Riyanto, T. 2002. PembelajaranSebagai Proses BimbinganPribadi. Jakarta: Grasindo.
Santoso, Purbayu Budi. 2005. AnalisisStastistikdengan Microsoft Excel dan SPSS. Semarang: Andi.
Sudjana, Nana. 2005. Penelitian Hasil Proses BelajarMengajar. Bandung: RemajaRosdakarya.
. 2002. ManajemenPenelitian. Jakarta: RinekaCipta.
. 2009. Dasar-dasarEvaluasi Pendidikan.Jakarta: BumiAkasara.
. 2010. ProsedurPenelitian. Jakarta: RinekaCipta.
Sudjana. 2005. MetodeStatistik. Bandung: Tarsito.
Sugiyono. 2008. MetodePenelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sujiono, Anas. 2010. PengantarStatistik Pendidikan. Jakarta: Raja GrafindoPersada.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/herodotus.v1i1.2869
Article Metrics
Metrics powered by PLOS ALM
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Okkeu Mulyasari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher: Universitas Indraprasta PGRI Address: Fakultas Pascasarjana | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. |
|
Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. |