Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Persepsi Siswa Pada Kompetensi Pedagogik Guru

Ifadah Ifadah(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Persepsi siswa pada Kompetensi Pedagogik Guru. Penelitian ini bertujuan mengetahui Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Persepsi Siswa pada Kompetensi Guru terhadap Prestasi Belajar IPS. Peneltian mempergunakan metode survei, dengan populasi siswa kelas VII MTs swasta Kecamatan Kebayoran Lama Jakarta Selatan, dan melalui Teknik sampling acak yang diperoleh sampel sebesar 63 siswa. Teknik analisis data meliputi analisis statistik deskriptif, uji normalitas Kolmogorov-Smirnov, uji linearitas, uji multikolinearitas dan uji hipotesis regresi linear ganda. Hasil penelitian membuktikan bahwa Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Persepsi siswa pada Kompetensi Pedagogik Guru signifikan terhadap prestasi Belajar IPS siswa kelas VII MTs.


References


DAFTAR RUJUKAN

Arikunto, Suharsimi. 2009. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.

Berlin, David C. dan Calfee Robert C.(ed), 1996. Handbook of EducationalPsikology: Advances in Assessment Models: Methods and Practise, New York: Simon & Schuster Mac. Millan

Borich, Gary D. 1988. Effective Teaching Method. Ohio. Merril Publising Company.

Daniel Goleman. 1998. What’s Your Emotional Intelligence Quatient. http ://www.utnc.com/egi-bin/eq.

Dilwort, Many E and David G. Imig, Profesional teacher Development and The Reform Agenda. Ethical Leadership. Eric Digest

Gagne, Robert M. 1998. Essentials of Learning For Instruction. New Jersy : Englewood Cliffes.

--------------. 1977. The Conditions of Leraning and Theory of InstructionFourth Edition. Diterjemahkan oleh Prof. Dr. Munandir M.A. Jakarta: PAU.PPAI

Goleman, D. 1995. Kecerdasan Emosional. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Gottman, J. 1999. Kiat-kiat Membesarkan Anak yang Memiliki Kecerdasan Emosional. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Gunawan, Ary H, 1996, Administrasi Sekolah Administrasi Pendidikan Makro, Jakarta : Rineka Cipta

Hanalik Oemar. 2003. Proses Belajar Mengajar. Bandung : Bumi Aksara.

Harlock, B. 1995. Psikologi Perkembangan. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.

Hasan, Ani M, 2003, Pengembangan Profesionalisme Guru Di Abad Pengetahuan, Malang : UNM Press

Jackson, Terrence. 1989. Evaluation : Relating Training To Business Performance. CaliforniaUniversity Assoccates.

John, N. What Are Emotions EQ to Day. http://www. EQ to Day Care/Emotions New.

Kirkpatrik, Thomas O and Chad T Lewis, 2005, Effeective Supervision Preparing for 21st Century, Orlando : the Dryden Press

Kumpulan UU dan PP RI, 2007, Tentang Pendidikan, Jakarta, Departmen Agama RI.

Luthan, Fred, 1995, Organizational Behavior, Singapore: McGraw Hill

Lestari, Sudi., 2010, Teori dan Prinsip Pendidikan, Jakarta : Rineka Cipta

Monks, J. F. Psikologi Perkembangan. Yogyakarta : Gadjah Mada University Press. 1999.

Muhibbinsyah. 2003. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung : Remaja Rosdakarya Offset.

Mulyasa, E. 2008. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Purwanto, Profesionalisme Guru, Teknodik No. 10/VI/Oktober/2002.

PP Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Eka Jaya

Robert, H. Davis Lawreng. T. Alexander dan Stephen L. Yelon. 1974. Learning Sistem Design. New York : Mc-Grow Hill.

Sabri, Alisuf, 1995, Psikologi Pendidikan, Jakarta : Pedoman Ilmu Jaya

Safari. 2006. Analisis Butir Soal. Jakarta : CV Purnama.

Santrock, J. Psycology The Science of Mind and Behaviour. 1988

Semiawan, C. 1997. Perspektif Pendidikan Anak Berbakat. Jakarta : PT. Gramedia Widia Sarana Indonesia.

Slameto. 2003. Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakrta : Rineka Cipta.

Stoltz, G. 2000. Adversity Quoitient. Jakarta : PT. Gramedia Widia Sarana Indonesia.

Sudjana. Metode Statistika. Bandung : Tarsito. 1996.

Sudjana, Nana, 2002, Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar, Bandung: Sinar Baru

Sugiyono. 2010. Penelitian pendidikan. Bandung : Alfabeta.

Sukidi, 2004, Kecerdasan Spiritual Mengapa SQ lebih Penting Dari Pada IQ dan EQJakarta : Gramedia Pustaka Utama

Suryabrata, Sumadi, 1995, Psikologi Pendidikan, Jakarta: Rajawali Pers

Suwarto, FX, 1999, Perilaku Keorganisasian, Yogyakarta : Universitas Atmajaya

Syah Muhibbin. 1997. Psikologi Pendidikan. Bandung : Remaja Roskarya.

Thomas, G. 1997. Pendidika guru. Jakarta : PT. Gramedia Widia Sarana Indonesia.

Tim Pengembangan Sumber Daya Manusia Yayasan Pendidikan Haster. 2001. Metode Pemanfaatan Keajaiban Otak.Bandung : Pionir jaya.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/herodotus.v1i1.2862

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Ifadah Ifadah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Fakultas Pascasarjana | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 04.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.