Penggunaan Model Evaluasi CIPP (Context, Input, Process, Product) Dalam Upaya Peningkatan Karakter Kewirausahaan Siswa

Hamidah Nasir(1*), Hendro Prasetyono(2), Heru Suparman(3)

(1) Universitas Indraprasta PGRI Fakultas Pascasarjana
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini membahas mengenai Penggunaan Model Evaluasi CIPP ( context, input, process, product ) Dalam Upaya Peningkatan Karakter Kewirausahaan Siswa (Studi pada SMK Negeri Jakata Pusat). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana keberhasilan evaluasi dengan model CIPP (context, input, process, product) d Dalam Upaya Peningkatan Karakter Kewirausahaan Siswa (Studi pada SMK Negeri Jakata Pusat). Pada penelitian ini design penelitian yang digunakan adalah Teknik deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan perihal Dalam Upaya Peningkatan Karakter Kewirausahaan Siswa  di SMKN 14 Jakarta, SMKN 31 Jakarta, dan SMKN 54 Jakarta secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa penggunaan Model Evaluasi CIPP (context, input, process, product) Dalam Upaya Peningkatan Karakter Kewirausahaan Siswa (Studi pada SMK Negeri Jakata Pusat) dalam kategori Baik. Dengan hasil yang baik ini diharapkan pembelajaran teaching factory dapat terus ditingkatkan agar jiwa kewirausahaan siswa dapat terus dipupuk menjadi lebih baik.


Keywords


Model Evaluasi CIPP (Context, Input, Process, Product); Karakter Kewirausahaan; Siswa

Full Text:

PDF

References


Abdullah, F. (2021). Meningkatkan Kompetensi peserta didik melalui model pembelajaran Teaching Factory dalam mata pelajaran produktif SMK di Aceh Timur. Journal of Education Science, 6(2), 157–164.

Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. CV Jejak (Jejak Publisher).

Fitrihana, N. (2018). Rancangan pembelajaran teaching factory di SMK tata busana. Home Economics Journal, 2(2), 56–64.

Gozali, G., Dardiri, A., & Soekopitojo, S. (2018). Penerapan teaching factory jasa boga untuk meningkatkan kompetensi entrepreneur siswa sekolah menengah kejuruan. JSHP: Jurnal Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 2(1), 46–50.

Indonesia, P. R. (2006). Peraturan pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 tahun 2005 tentang standar nasional pendidikan.

INDONESIA, P. R. (2006). Undang-undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional.

Islami, F., Witono, A. H., & Hakim, M. (2021). Implementasi Pengembangan Manajemen Pembelajaran Berbasis Teaching Factory Di SMK Negeri 4 Mataram. (JPAP) Jurnal Praktisi Administrasi Pendidikan), 5(2), 34–48.

Kiper Riechel, M. E., Beasley, J. J., Howard, E., & Culbertson, K. (2020). School Counselors Talk Program Evaluation in a Class-Based Qualitative Research Project. Professional School Counseling

Mahmudi, I. (2015). CIPP: Suatu Model Evaluasi Program Pendidikan. Jurnal Pendidikan Unida.

Muyana, S. (2017). CONTEXT INPUT PROCESS PRODUCT (CIPP): MODEL EVALUASI LAYANAN INFORMASI. Prosiding Seminar Bimbingan dan Konseling UNIV. AHMAD DAHLAN Yogyakarta.

Mastur, M. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Teaching Factory (TeFa) untuk Menanamkan Jiwa Kewirausahaan Siswa Kelas XII Tata Busana SMK Negeri 1 Sumbawa Besar. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(4), 2346–2353.

Muhitasari, R., & Purnami, A. S. (2021). Manajemen Pembelajaran Teaching Factory dalam Mewujudkan Jiwa Kewirausahaan pada Siswa. Media Manajemen Pendidikan, 4(2), 194–202.

Mulyana, R., & Suryati, A. (2023). Penerapan Manajemen Persediaan Barang dalam Mengantisipasi Kerugian Dagangan Di Teaching Factory SMK Negeri 20 Jakarta. Blantika: Multidisciplinary Journal, 1(3), 189–204.

Ngusman, N., Egar, N., & Wuryandini, E. (2023). Manajemen Teaching Factory Dalam Peningkatan Mutu Konsentrasi Keahlian Teknik Audio Video. Jurnal Manajemen Pendidikan (JMP), 12(3).

Novita, D., & Nuriadin, I. (2023). Implementasi Edupreneurship Untuk Menumbuhkan Jiwa Wirausaha Melalui Teaching Factory Dan Bussines Center Di SMKN 3 Kota Bekasi. Jurnal Valuasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen Dan Kewirausahaan, 3(2), 707–726.

Perdana, N. S. (2018). Evaluasi pelaksanaan pembelajaran model teaching factory dalam upaya peningkatan mutu lulusan. Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan, 7(1).

Prasloranti, Z. P., Bukit, M., & Maharani, S. (2021). Evaluasi Pelaksanaan Model Pembelajaran Teaching Factory di SMKN 1 Cibadak. EDUFORTECH, 6(2), 120–133.

Risnawan, R. (2019a). Manajemen Teaching Factory Dalam Upaya Pengembangan Mutu Pembelajaran di SMK. Media Manajemen Pendidikan, 2(1), 13.

Risnawan, R. (2019b). Manajemen Teaching Factory Dalam Upaya Pengembangan Mutu Pembelajaran di SMK. Media Manajemen Pendidikan, 2(1), 13.

Rojaki, M., Fitria, H., & Martha, A. (2021). Manajemen kerja sama sekolah menengah kejuruan dengan dunia usaha dan dunia industri. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 6337–6349.

Rudiatna, R. D. (2022). Strategi Peningkatan Kompetensi Siswa Melalui Penerapan New Teaching Factory Pada Kompetensi Keahlian Kriya Kayu Smk Negeri 14 Bandung. JOEL: Journal of Educational and Language Research, 2(4), 617–632.

Saija, M., Sahureka, M., Beay, L. K., & Namakule, U. (2019). Keefektifan Program Pembelajaran Kimia Dasar: Evaluasi Model CIPP Pada Jurusan MIPA STKIP Gotong Royong Masohi. Jambura Journal of Educational Chemistry, 1(2), 57–62.

Sari, A. K., Giatman, M., & Ernawati, E. (2022). Manajemen pembelajaran teaching factory dalam meningkatkan kompetensi keahlian siswa jurusan tata kecantikan di sekolah menengah kejuruan. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia) Vol, 7, 148–155.

Susilo, B., Witarto, A. B., Djennod, K., & Setiawan, M. B. (2020). Inovasi Peningkatan Serapan Alumni SMK Negeri 1 Alas Sumbawa. EKSiS Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 12(2).

Wahyuni, H., Ahyani, N., & Tahrun, T. (2022). Implementasi Manajemen Model Teaching Factory di SMK. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 2781–2792.

Yunanto, D. (2016). Implementasi Teaching Factory di SMKN 2 Gedangsari Gunungkidul. Vidya Karya, 31(1).

Zahara, C. I. (2017). Hubungan Persepsi Siswa Terhadap Konselor Dan Sarana Prasarana Bimbingan Konseling Dengan Minat Layanan Konseling Di SMP Negeri 2 Dewantara Kabupaten Aceh Utara. Analitika: Jurnal Magister Psikologi UMA, 9(1), 10–20.

Zakaria, Z., Ganefri, G., & Yulastri, A. (2022). Pengembangan Jiwa Edupreneurship Siswa Melalui Kepemimpinan Yang Demokratis Di Sekolah. Jurnal Valuasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen Dan Kewirausahaan, 2(2), 944–955.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/herodotus.v8i2.28473

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Hamidah Nasir Nasir, Hendro Prasetyono, Heru Suparman

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Fakultas Pascasarjana | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 04.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.