Pengaruh Persepsi Atas Media Pembelajaran Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan (PPKn)
(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author
Abstract
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui 1). Pengaruh persepsi atas media pembelajaran dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar PPKn 2). Pengaruh persepsi atas media pembelajaran terhadap prestasi belajar PPKn 3). Pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar PPKn. Sampel yang digunakan 60 siswa sebagai sampel penelitian menggunakan Teknik simple random sampling dengan regresi linear berganda. Berdasarkan hasil hipotesis dan Analisa data dapat disimpulkan sebagai berikut : 1). Terdapat pengaruh yang signifikan persepsi atas media pembelajaran dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar PPKn pada siswa SMK Negeri di Jakarta Timur. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig = 0.000 < 0.05 dan Fhitung = 13.477 2). Terdapat pengaruh yang signifikan persepsi atas media pembelajaran terhadap prestasi belajar PPKn pada siswa SMK Negeri di Jakarta Timur. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig = 0.042 < 0.05 dan thitung = 2.080 3). Terdapat pengaruh yang signifikan motivasi belajar terhadap prestasi belajar PPKn pada siswa SMK Negeri di Jakarta Timur. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig = 0.000 < 0,05 dan thitung = 3.997
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdul Rahmat, Harto S. Malik, & Ahmad, S. (2023). Model Asoka (Dalam Pembelajaran Dan Pelatihan Pendidikan Masyarakat). Ideas Publishing. Https://Books.Google.Co.Id/Books?Id=X8taeaaaqbaj
Abdul Abdullah, A. R. (2019). Capailah Prestasimu. Guepedia. Https://Books.Google.Co.Id/Books?Id=Og6odwaaqbaj oh, S, Suntoko, Tedi Purbangkara, & Pd, D. A. A. M. (2022). Peningkatan Dan Pengembangan Prestasi Belajar Peserta Didik. Uwais Inspirasi Indonesia. Https://Books.Google.Co.Id/Books?Id=Jboaeaaaqbaj
Andriani, R., & Rasto, R. (2019). Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 80. https://Doi.Org/10.17509/Jpm.V4i1.14958
Aslihah, N., & M. Hidayat. Miskadi. Muhamad Suhardi, R. P. M. (2023). Peran Orang Tua Dan Guru Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Penerbit P4i. Https://Books.Google.Co.Id/Books?Id=Iyw1eaaaqbaj
Edison, A., & M. Hidayat,. (2023). Problem Based Learning Solusi Meningkatkan Prestasi Belajar. Penerbit P4i. Https://Books.Google.Co.Id/Books?Id=Itmoeaaaqbaj
Hamdi, A. S., & Bahruddin, E. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Aplikasi Dalam Pendidikan. Deepublish.
Hasanah, U., Safitri, I., Rukiah, R., & Nasution, M. (2021). Menganalisis perkembangan media pembelajaran matematika terhadap hasil belajar berbasis game. Indonesian Journal of Intellectual Publication, 1(3), 204–21
Hidayati, T., Handayani, I., & Ikasari, I. H. (2019). Statistika Dasar Panduan Bagi Dosen Dan Mahasiswa. Cv. Pena Persada.
Jannah, D. M., Hidayat, M. T., Ibrahim, M., & Kasiyun, S. (2021). Pengaruh Kebiasaan Belajar dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3378–3384. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1350
Kurniawati, U., & Koeswanti, H. D. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Kodig Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 1046–1052. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.843
Lubis, M. A. (2020). Pembelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan:(Ppkn) Di Sd/Mi: Peluang Dan Tantangan Di Era Industri 4.0. Prenada Media.
Mahardika, I. (2023). Jurnal Krakatau Indonesian of Multidisciplinary Journals Peran Guru Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Sangat Penting Untuk Membantu Memperkuat Identitas Nasional Di Era Abad 21. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 1, 7–10. http://jurnal.desantapublisher.com/index.php/krakatau/index
Mansur, H., & Rafiudin, R. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Infografis untuk Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 4(1), 37. https://doi.org/10.32585/jkp.v4i1.443
Muawanah, E. I., & Muhid, A. (2021). Strategi Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Selama Pandemi Covid – 19 : Literature Review. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, 12(1), 90–98.
Mukarromah, A., & Andriana, M. (2022). Peranan Guru dalam Mengembangkan Media Pembelajaran. JSER: Journal of Science and Education Research, 1(1), 43–50.
Noor, J. (2019). Metodelogi Penelitian. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Rahman, S. (2021). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Merdeka Belajar, November, 289–302.
Ratno Abidin,. (2023). Pola Asuh Dan Prestasi Belajar. Deepublish. Https://Books.Google.Co.Id/Books?Id=Wlvjeaaaqbaj
Sanjaya, W. Dan. (2018). Media Komunikasi Pembelajaran. Prenada Media.
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Bisnis : Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi Dan R&D. Alfabeta. Https://Books.Google.Co.Id/Books?Id=Afhzzweacaaj
Supit, D. (2020). Hubungan Media Pembelajaran Video dan Motivasi Belajar Siswa Kelas V SD Advent Tikala. Cogito Smart Journal |, 6(1), 73–82.
Sutisna, I. (2020). Statistika Penelitian. Universitas Negeri Gorontalo, 1(1), 1–15.
Sunarsih, N., Widokarti, J. R., Priansa, D. J., Pranadani, A., & Ismail, A. (2023). Pbl Di Era Digital: Meningkatkan Prestasi Belajar Melalui Tutorial Daring. Asadel Liamsindo Teknologi. Https://Books.Google.Co.Id/Books?Id=Axdqeaaaqbaj
Wulandari, Abidin, Z., & Praherdhiono, H. (2019a). Pengembangan Media Pembelajaran E-Book Infografis Sebagai Penguat Kognitif Siswa X MIA. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(1), 37–44.
Wulandari, V., Abidin, Z., & Praherdhiono, H. (2019b). Pengembangan Media Pembelajaran E-Book Infografis Sebagai Penguatan Kognitif Siswa X MIA. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(1), 37–40
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/herodotus.v8i2.25644
Article Metrics
Metrics powered by PLOS ALM
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Noer Cahyo Dirgantoro, Hasbullah Hasbullah, Soeparlan Kasyadi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher: Universitas Indraprasta PGRI Address: Fakultas Pascasarjana | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. |
|
![]() Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. |