Pengaruh Persepsi Atas Media Pembelajaran Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan (PPKn)

Noer Cahyo Dirgantoro(1*), Soeparlan Kasyadi(2), J Sabas Setyohadi(3)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui 1). Pengaruh persepsi atas media pembelajaran dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar PPKn 2). Pengaruh persepsi atas media pembelajaran terhadap prestasi belajar PPKn 3). Pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar PPKn. Sampel yang digunakan 60 siswa sebagai sampel penelitian menggunakan Teknik simple random sampling dengan regresi linear berganda. Berdasarkan hasil  hipotesis dan Analisa data dapat disimpulkan sebagai berikut : 1). Terdapat pengaruh yang signifikan persepsi atas media pembelajaran dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar PPKn pada siswa SMK Negeri di Jakarta Timur. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig = 0.000 < 0.05 dan Fhitung = 13.477 2). Terdapat pengaruh yang signifikan persepsi atas media pembelajaran terhadap prestasi belajar PPKn pada siswa SMK Negeri di Jakarta Timur. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig = 0.042 < 0.05 dan thitung = 2.080 3). Terdapat pengaruh yang signifikan motivasi belajar terhadap prestasi belajar PPKn pada siswa SMK Negeri di Jakarta Timur. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig = 0.000 < 0,05 dan thitung = 3.997


Keywords


Persepsi Atas Media Pembelajaran; Motivasi Belajar; dan Prestasi Belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan.

Full Text:

PDF

References


Abdul Rahmat, Harto S. Malik, & Ahmad, S. (2023). Model Asoka (Dalam Pembelajaran Dan Pelatihan Pendidikan Masyarakat). Ideas Publishing. Https://Books.Google.Co.Id/Books?Id=X8taeaaaqbaj

Abdul Abdullah, A. R. (2019). Capailah Prestasimu. Guepedia. Https://Books.Google.Co.Id/Books?Id=Og6odwaaqbaj oh, S, Suntoko, Tedi Purbangkara, & Pd, D. A. A. M. (2022). Peningkatan Dan Pengembangan Prestasi Belajar Peserta Didik. Uwais Inspirasi Indonesia. Https://Books.Google.Co.Id/Books?Id=Jboaeaaaqbaj

Andriani, R., & Rasto, R. (2019). Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 80. https://Doi.Org/10.17509/Jpm.V4i1.14958

Aslihah, N., & M. Hidayat. Miskadi. Muhamad Suhardi, R. P. M. (2023). Peran Orang Tua Dan Guru Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Penerbit P4i. Https://Books.Google.Co.Id/Books?Id=Iyw1eaaaqbaj

Edison, A., & M. Hidayat,. (2023). Problem Based Learning Solusi Meningkatkan Prestasi Belajar. Penerbit P4i. Https://Books.Google.Co.Id/Books?Id=Itmoeaaaqbaj

Hamdi, A. S., & Bahruddin, E. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Aplikasi Dalam Pendidikan. Deepublish.

Hasanah, U., Safitri, I., Rukiah, R., & Nasution, M. (2021). Menganalisis perkembangan media pembelajaran matematika terhadap hasil belajar berbasis game. Indonesian Journal of Intellectual Publication, 1(3), 204–21

Hidayati, T., Handayani, I., & Ikasari, I. H. (2019). Statistika Dasar Panduan Bagi Dosen Dan Mahasiswa. Cv. Pena Persada.

Jannah, D. M., Hidayat, M. T., Ibrahim, M., & Kasiyun, S. (2021). Pengaruh Kebiasaan Belajar dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3378–3384. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1350

Kurniawati, U., & Koeswanti, H. D. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Kodig Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 1046–1052. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.843

Lubis, M. A. (2020). Pembelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan:(Ppkn) Di Sd/Mi: Peluang Dan Tantangan Di Era Industri 4.0. Prenada Media.

Mahardika, I. (2023). Jurnal Krakatau Indonesian of Multidisciplinary Journals Peran Guru Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Sangat Penting Untuk Membantu Memperkuat Identitas Nasional Di Era Abad 21. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 1, 7–10. http://jurnal.desantapublisher.com/index.php/krakatau/index

Mansur, H., & Rafiudin, R. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Infografis untuk Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 4(1), 37. https://doi.org/10.32585/jkp.v4i1.443

Muawanah, E. I., & Muhid, A. (2021). Strategi Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Selama Pandemi Covid – 19 : Literature Review. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, 12(1), 90–98.

Mukarromah, A., & Andriana, M. (2022). Peranan Guru dalam Mengembangkan Media Pembelajaran. JSER: Journal of Science and Education Research, 1(1), 43–50.

Noor, J. (2019). Metodelogi Penelitian. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Rahman, S. (2021). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Merdeka Belajar, November, 289–302.

Ratno Abidin,. (2023). Pola Asuh Dan Prestasi Belajar. Deepublish. Https://Books.Google.Co.Id/Books?Id=Wlvjeaaaqbaj

Sanjaya, W. Dan. (2018). Media Komunikasi Pembelajaran. Prenada Media.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Bisnis : Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi Dan R&D. Alfabeta. Https://Books.Google.Co.Id/Books?Id=Afhzzweacaaj

Supit, D. (2020). Hubungan Media Pembelajaran Video dan Motivasi Belajar Siswa Kelas V SD Advent Tikala. Cogito Smart Journal |, 6(1), 73–82.

Sutisna, I. (2020). Statistika Penelitian. Universitas Negeri Gorontalo, 1(1), 1–15.

Sunarsih, N., Widokarti, J. R., Priansa, D. J., Pranadani, A., & Ismail, A. (2023). Pbl Di Era Digital: Meningkatkan Prestasi Belajar Melalui Tutorial Daring. Asadel Liamsindo Teknologi. Https://Books.Google.Co.Id/Books?Id=Axdqeaaaqbaj

Wulandari, Abidin, Z., & Praherdhiono, H. (2019a). Pengembangan Media Pembelajaran E-Book Infografis Sebagai Penguat Kognitif Siswa X MIA. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(1), 37–44.

Wulandari, V., Abidin, Z., & Praherdhiono, H. (2019b). Pengembangan Media Pembelajaran E-Book Infografis Sebagai Penguatan Kognitif Siswa X MIA. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(1), 37–40




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/herodotus.v8i2.25644

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Noer Cahyo Dirgantoro, Hasbullah Hasbullah, Soeparlan Kasyadi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Fakultas Pascasarjana | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 04.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.