Pengaruh Kedisiplinan Dan Keaktifan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan
(1) Fakultas Pascasarjana Universitas Indraprasta PGRI
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kedisiplinan dan keaktifan belajar terhadap prestasi belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN) pada siswa Madrasah Aliyah Swasta di Kota Tangerang. Menggunakan metode survei dengan pendekatan kuantitatif, penelitian ini melibatkan sampel sebanyak 100 siswa yang dipilih secara random sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan tes prestasi belajar, kemudian dianalisis menggunakan teknik regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedisiplinan dan keaktifan belajar secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar PPKN, dengan koefisien determinasi sebesar 24,6%. Secara individual, kedisiplinan (β = 0,251, p < 0,05) dan keaktifan belajar (β = 0,170, p < 0,05) juga menunjukkan pengaruh yang signifikan. Temuan ini menegaskan pentingnya pengembangan strategi pembelajaran yang menitikberatkan pada peningkatan kedisiplinan dan keaktifan belajar siswa untuk meningkatkan prestasi akademik dalam bidang PPKN. Implikasi penelitian ini relevan bagi pengembangan kebijakan pendidikan dan praktik pengajaran di tingkat Madrasah Aliyah.
Full Text:
PDFReferences
Alfarisi, S., & Hasanah, U. (2021). Cybernetics: Journal Educational Research and Social Studies. Cybernetics: Journal Educational Research and Sosial Studies, 2(April), 1–10.
Ansori, Y. Z. (2020). PENGUATAN KARAKTER DISIPLIN SISWA MELALUI PERANAN GURU DI SEKOLAH DASAR. 3(1), 126–135.
Arif, D. B. (2019). KEWARGAAN DALAM BUKU TEKS PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SMP / MTs.
Dole, F. E. (2021). Pengaruh Pendidikan Karakter terhadap Kedisiplinan Peserta Didik di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3675–3688. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1026
Khusaini. (2020). Prestasi Belajar dan Karakteristik Orang Tua: Studi Perbandingan Sekolah. 12(2).
Lathif, Muhammad Ichsan Abdul Manjilah, E. L., AguPengaruh Keaktifan Siswa terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika di dalam Kelas 5 SD 2 Dersalamilera, F. V., & Khayriyah, Navita Wafiq Amaliyah, F. (2023). Pengaruh Keaktifan Siswa terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika di dalam Kelas 5 SD 2 Dersalam. Prosiding Conference of Elementary Studies, 472–481. https://journal.um-surabaya.ac.id/Pro/article/view/19764
Magdalena, I., Haq, A. S., & Ramdhan, F. (2020). Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Di Sekolah Dasar Negri Bojong 3 Pinang. Jurnal Pendidikan Dan Sains STITPN, 2, 97–104. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang/article/download/995/689#:~:text=Tujuan utama pendidikan kewarganegaraan adalah,mengkaji dan akan menguasai imu
Nuryah, D. F., Nuha, U., & Wahyuni, S. (2022). The Development of De Djawatan Local Potential-Based E-Module for Science Learning to Improve Science Process Skills of Junior High Pengembangan E-Modul Berbasis Potensi Lokal De Djawatan Pada. Jurnal Phenomenon, 12(1), 63–76.
Pgsd, J., Ntb, U. N. U., Oktavia, D., Cahya, N., Hafis, A. A., & Amaliyah, F. (2023). Pengaruh Kedisiplinan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN 1 Sadang. 3(1), 215–228.
Rahmawati, D. N. U. (2023). INTERNALISASI NILAI DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MELATIH PROFIL PELAJAR PANCASILA PESERTA DIDIK SD/MI. 7(1), 28–36.
Saepudin Kanda, A., & Rustini, R. (2024). Implementasi pembelajaran aktif dalam meningkatkan motivasi siswa pada pembelajaran di ma nurul iman. Jurnal Ilmiah Research Student, 1(3), 566–579.
Suardana, I. K. (2023). PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KUANTUM UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PKN SISWA SD NEGERI. 3, 466–474. https://doi.org/10.5281/zenodo.7675864
Usmi, R. (2012). Analisis Kewarganegaraan Global dalam Konteks Pendidikan Kewarganegaraan. 1999, 1–9.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/herodotus.v8i2.25635
Article Metrics
Metrics powered by PLOS ALM
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Riyan Natanagara, Rahayu Permana, Haryanto Haryanto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher: Universitas Indraprasta PGRI Address: Fakultas Pascasarjana | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. |
|
![]() Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. |