Perhatian Orang Tua dan Konsep Diri Berpengaruh Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Pada MTs Swasta Kota Jakarta Barat
(1) Pascasarjana Universitas Indraprasta PGRI
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) pengaruh Perhatian Orang Tua dan Konsep diri secara bersama - sama terhadap prestasi belajar IPS, 2) Perhatian Orang Tua terhadap prestasi belajar IPS, 3) Konsep Diri terhadap prestasi belajar IPS. Metode penelitian yang digunakan adalah survey deskriptif. Survey dilakukan pada Madrasah Tsanawiyah Swasta (MTs S) Jakarta Barat. Populasi sebanyak 638 siswa dengan sampel sebanyak 81. Instrumen yang digunakan adalah tes khusus yang diberikan kepada sampel berupa kuesioner Perhatian Orang Tua dan Konsep diri. Hasil penelitian menunjukkan: 1) terdapat pengaruh yang signifikan secara bersama-sama Perhatian Orang Tua dan Konsep Diri terhadap Prestasi Belajar IPS siswa MTs Swasta kota Jakarta Barat. Hal ini dibuktikan dengan nilai sig. 0,00 < 0,05 dan Fhitung = 44,340. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan Perhatian Orang Tua terhadap Prestasi Belajar IPS siswa MTs Swasta kota Jakarta Barat. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai sig. 0,022 < 0,05 dan nilai thitung = 2,336. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan Konsep Diri terhadap Prestasi Belajar IPS siswa MTs Swasta kota Jakarta Barat. Hal ini dibuktikan dengan perolehan sig. 0,027<0,05 dan nilai thitung=2,253
Full Text:
PDFReferences
Amelia, L., Anggraeni Dewi, D., & Afuzanabila Silmi, U. (2023). PENGARUH KURANGNYA PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP PERKEMBANGAN BELAJAR SISWA KELAS 1 SD. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan (JURDIKBUD), 3(2), 186–193. https://doi.org/10.55606/jurdikbud.v3i2
Apriliyanti, A., & Ridha, M. (n.d.). HUBUNGAN KONSEP DIRI SISWA DENGAN TINGKAH LAKU SOSIAL SISWA. http://jurnal.iicet.org
Arifin, Z., Al-Hikmah, S., Agung, B., & Kanan, W. (n.d.). METODOLOGI PENELITIAN PENDIDIKAN EDUCATION RESEARCH METHODOLOGY.
Astuti, L. S. (2017). PENGUASAAN KONSEP IPA DITINJAU DARI KONSEP DIRI DAN MINAT BELAJAR SISWA. In Jurnal Formatif (Vol. 7, Issue 1).
Dwi Marsela, R., & Supriatna, M. (2019). Kontrol Diri: Definisi dan Faktor. Journal of Innovative Counseling : Theory, Practice & Research, 3(2), 65–69. http://journal.umtas.ac.id/index.php/innovative_counseling
garuda1470242. (n.d.).
Hasmori1, A. A., Sarju2, H., Sabri, I., Rohana, N., Muhammad, H. &, & Saud2, S. (2011). Pendidikan, Kurikulum Dan Masyarakat : Satu Integrasi. In Journal of Edupres (Vol. 1).
Inriyani, Y. (n.d.). PENGARUH KEGIATAN EKSTRAKURIKULER TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI MOTIVASI BELAJAR. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/
Juwita Andini, M., & Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Program Studi Bimbingan Dan Konseling, F. (n.d.). PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR.
Muzakki, Z., & Dahari, D. (2021). PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA DAN HASIL BELAJAR SISWA DI PERUMAHAN GRAHA MAS SERPONG UTARA. Jurnal Asy-Syukriyyah, 22(2), 126–134. https://doi.org/10.36769/asy.v22i2.166
Ningsih, R., & Nurrahmah, A. (2016). Pengaruh Kemandirian Belajar dan Perhatian Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1). https://doi.org/10.30998/formatif.v6i1.754
Nisa Program Studi Bimbingan Konseling, A. (2015). PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA DAN MINAT BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL. In Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan: Vol. II (Issue 1).
Pedagogi dan Pembelajaran, J., Mahmudi, A., Sulianto, J., Listyarini, I., Pendidikan Guru Sekolah Dasar, J., & Ilmu Pendidikan, F. (2020). Hubungan Perhatian Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa. JP2, 3(1).
Penelitian Kuantitatif, M., Kombinasi, dan, Setiawan Badan Riset dan Inovasi Nasional, J., Damanik, D., & Gadjah Mada, U. (n.d.). Santalia Banne. https://www.researchgate.net/publication/363094958
Pengaruh_Motivasi_Belajar_Dan_Kepercayaa. (n.d.).
Purwaningsih, C., & Syamsudin, A. (2022). Pengaruh Perhatian Orang tua, Budaya Sekolah, dan Teman Sebaya Terhadap Karakter Religius Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2439–2452. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2051
RAMA_86207_06141381924043_0015085906_03. (n.d.).
Septiya Rini, I., Enggar Kencana Dewi, S., Supangat, dan, & Guru Madrasah Ibtidaiyah Sekolah Tinggi Ilmu Keguruan dan Ilmu Pendidikan Nurul Huda Sukaraja, P. (2020). PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA DALAM KEGIATAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI SD NEGERI NUSA TUNGGAL KECAMATAN BELITANG III. Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah, 2(2), 96–107.
Studi Pustaka Pengaruh Perhatian Orang Tua Terhadap Prestasi. (n.d.).
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/herodotus.v8i2.25487
Article Metrics
Metrics powered by PLOS ALM
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Darwi Darwi, Heru Sriyono, Shinta Dewi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher: Universitas Indraprasta PGRI Address: Fakultas Pascasarjana | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. |
|
![]() Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. |