Pengaruh Persepsi Atas Gaya Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Sejarah Indonesia Pada SMA Negeri Di Kota Depok
(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh persepsi atas gaya belajar dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar sejarah Indonesia SMA Negeri di Kota Depok. Metode dalam tesis ini adalah survei dengan menggunakan tehnik analisis korelasional dan regresi, yaitu mencari hubungan dan pengaruh antara dua variabel bebas dengan satu variabel terikat. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 86 siswa atau 10% dari jumlah populasi 860 siswa . Hasil penelitian menyimpulkan: 1). Terdapat pengaruh yang signifikan persepsi atas gaya belajar dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar sejarah Indonesia siswa SMA Negeri di Kota Depok. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. 0,000 < 0,05 dan Fh = 16,979. 2). Terdapat pengaruh yang signifikan persepsi atas gaya belajar terhadap prestasi belajar sejarah Indonesia siswa SMA Negeri di Kota Depok. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. 0,000 < 0,05 dan th = 3,826. 3). Terdapat pengaruh yang signifikan motivasi belajar terhadap prestasi belajar sejarah Indonesia siswa SMA Negeri di Kota Depok. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. 0,025 < 0,05 dan thitung = 2,282.
Full Text:
PDFReferences
Angkowo, R., & Kosasih, A. (2007). Optimalisasi Gaya Belajar. Jakarta : PT. Grasindo.
Anderson, S. B. (1975). Encyclopedia of Educationan Evaluation. San Fransisco : Yessy Bass, Inc Publisher
Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu pendekatan Praktik. Jakarta : PT. Rineka Cipta.
Biggs, J. B. & Philip J. Moore. 1983. Process of Learning, Third Edition. New York : Prentice Hall.
Brown, G & Yule, G. (1983). Discourse Analisis. Terj. Soetikno.Jakarta : PT. Gramedia.
Crow D.L., & Crow, A. (2005). Psikologi Pendidikan. Penerjemah : Rachman Abror Abd. Yogyakarta : Nur Cahaya.
Druxes, Herbert, dkk alih bahasa Soeparmo. (1996). Kompendium Dikdaktik Fisika. Bandung : CV Remadja Karya.
Gunarsa, S. D. (1993). Psikologi perkembangan anak dan remaja. Jakarta : Gunung Mulia.
Gunarsa, (2004). Psikologi Praktis:Anak, Remaja dan Keluarga. Jakarta : BPK Gunung Mulia
Hadari, N. (2005). Manajemen sumber daya manusia untuk bisnis yang kompetitif. Yogyakarta : Gadjah Mada University Press.
Hadisubrata, M. S. (1990). Mengembangkan citra diri yang positif. Jakarta : Obor.
Hamalik, O. (2004). Metode Belajar dan Kesulitan-Kesulitan Belajar. Bandung : Tarsito.
Hamalik, O. (2008). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta : PT. Bumi Aksara.
Hersey, H., Blanchard, E. & Johnson (2008). Management of Organizational Behavior. New Jersey : Pearson International Education.
Holstein, H.(1980). Murid belajar Mandiri. Bandung : Remaja Karya CV.
Kerlinger, F. N. (2000). Azas - azas Penelitian Behavioral. Yogyakarta : Gadjah Mada University Press.
McClelland, D. C. (1987). Human Motivation. New York : The Press Syndicate of University of Cambridge.
Muhibbin, S. (2000). Psikologi Pendidikan dengan Suatu Pendekatan baru. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
Nana, S. (2002). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosdakarya.
Nasution, S. (2010). Belajar dan Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara.
Rasyad, A. (2003). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : UHAMKA Press & Yayasan PEP-Ex 8.
Gagne, R.M. (1985). The Conditions of Learning & Theory of Instruction. New York : CBS College Publishing.
Robbins, S. F. (2002). Perilaku Organisasi, Konsep Kontroversi dan Aplikasi. Jakarta : Terjemahan PT. Prehallindo.
Safari. (2005). Teknik Analisis Butir Soal Instrumen Tes dan Non Tes. Jakarta : Puspendik
Sambas A. M., & Maman A. (2007). Analisis Korelasi, Regreasi, dan Jalur dalam Penelitian. Bandung : Pustaka Setia.
Singarimbun, M. (1989). Metode Penelitian Survei- Edisi Revisi. Jakarta : LP3ES.
Nasution. S. (2002). Kiat Membelajarkan Siswa. Jakarta : Gaung Persada Pers.
Soersarsono W. (2000). Pengantar Kewiraswastaan.Bandung : Sinar baru.
Sudjana. (2009). Teknik Analisis Regresi dan Korelasi bagi Para Peneliti. Bandung : Tarsito.
Sugiyono. (2003). Statistik untuk Penelitian. Bandung : CV. Alpabeta.
Sutari. (2002). Pendidikan SMA. Bandung : Remaja Rosdya Karya
Syaiful B. D. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Adhi Mahasatya.
Syaiful B. (2002). Psikologi Belajar. Jakarta : Pt. Rineka Cipta.
Toha, M. (2005). Perilaku Organisasi Konsep Dasar dan Aplikasi. Edisi 1-16. Jakarta : PT Raja Orafindo Persada.
Winardi. (2002). Filsafat Ilmu. Jakarta : Gramedia.
Winardi. J. (2001). Motivasi dan Pemotivasian dalam Manajemen. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.
Winkel, W. S. (1991). Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Jakarta : Grasindo.
Winkel, W. S. (1996). Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Grafindo.
Internet :
Depertemen Pendidikan Nasional RI. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. (http://www.depdinas.go.id/undang-undang no.20,tahun 2000.htm)
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/herodotus.v8i2.25308
Article Metrics
Metrics powered by PLOS ALM
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Lia Oktiana Dewi, Sumaryoto sumaryoto, Mamik Suendarti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher: Universitas Indraprasta PGRI Address: Fakultas Pascasarjana | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. |
|
![]() Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. |