Pengaruh Kecerdasan Intelektual Dan Minat Belajar Terhadap Pemahaman Intrapersonal Belajar Akuntansi
(1) Fakultas Pascasarjana, Universitas Indraprasta PGRI
(2) Fakultas Pascasarjana, Universitas Indraprasta PGRI
(3) Fakultas Pascasarjana, Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menunjukkan pengaruh kecerdasan intelektual dan minat belajar terhadap pengetahuan intrapersonal akuntan pembelajar. Hipotesisnya meliputi; 1). Ada pengaruh signifikan kecerdasan intelektual dan minat belajar secara simultan terhadap pengetahuan intrapersonal akuntan pembelajar. 2). Ada pengaruh signifikan kecerdasan intelektual terhadap pengetahuan intrapersonal akuntan pembelajar. 3). Ada pengaruh signifikan minat belajar terhadap pengetahuan intrapersonal akuntan pembelajar. Metode yang digunakan adalah survei dengan menggunakan teknik korelasional yang melibatkan 60 siswa sebagai sampel yang diambil dari Kelas Sebelas Sekolah Menengah Kejuruan Swasta di Jakarta Utara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1). Ada pengaruh signifikan kecerdasan intelektual dan minat belajar secara simultan terhadap pengetahuan intrapersonal akuntan pembelajar siswa Sekolah Menengah Kejuruan Swasta di Jakarta Utara. 2). Ada pengaruh signifikan kecerdasan intelektual terhadap pengetahuan intrapersonal akuntan pembelajar siswa Sekolah Menengah Kejuruan Swasta di Jakarta Utara. 3). Ada pengaruh signifikan minat belajar terhadap pengetahuan intrapersonal akuntan pembelajar siswa Sekolah Menengah Kejuruan Swasta di Jakarta Utara.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adinda, R. (2019). Kecerdasan intelektual: Pengertian, tanda, dan pentingnya. Jakarta : Gramedia
Armstrong & Kotler. (2015). Influence of Entry Grades in Multilple Intelegence. Mathematics and Principles of Accounting on Students Performance in Financial Accounting in Nasarawa State Colleges of Education Akwanga, Nigeria. Research Journal of Finance and Accounting
Artana, M. B. dkk (2014). “Pengaruh Kecerdasan Intelektual (IQ), Kecerdasan Emosional (EQ), Kecerdasan Spiritual (SQ), dan Perilaku Belajar Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi”. E- Jurnal S1 Ak Universitas Pendidikan Ganesha
Auliana, R. A., & Andayani, E. S. (2021). Perspektif
Azwar, S (2015). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Dwiyantari, D (2019). Tips belajar akuntansi agar menyenangkan. Pangkal- pinang: GTK
Estalita, K (2015) Kecerdasan Interpersonal dan Kecerdasan Intrapersonal dengan Sikap Multikultural Pada Mahasiswa Malang. Fakultas Psikologi UYP.
Febriani, D. (2017). Psikologi Pembelajaran (Zubaedi (ed.)). PUSTAKA BELAJAR.
Gardner, H (2017). Multiple Intelligences: Kecerdasan Majemuk Teori dalam Praktek. Batam: Interaksa.
Indria, A. (2020). Multiple intelligence. Jurnal Kajian Dan Pengembangan
Umat. Khaerani , D., & Agung, E. W. (2014) “Pengaruh Kecerdasan Intelektual,Emosional, dan Spiritual Terhadap Pemahaman Akuntansi”.
Julia, J (2016). Metode Mengajar Multiple Intelligences. Bandung: Nuansa Cendekia.
Kelly, E. (2015). Kecerdasan Interpersonal dan Kecerdasan Intrapersonal dengan Sikap Multikultural pada Mahasiswa Malang. Jurnal Psikologi
Khodijah, N. (2019). Psikologi Pendidikan. PT. RAJAGARFINDO PERSADA
Laksmi, R. A., & Sujana, K. (2017, November). “Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Pemahaman Akuntansi”. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana.
Muhaemin, & Yosen F. (2022) Mengembangkan Potensi Peserta Didik Berbasis Kecerdasan Majemuk. Indramayu: Adanu Abimata.
Savitri, I. M. 2019. Montessori for Multiple Intelligences. Yogyakarta: Bentang Pustaka.
Setiawan, A., dkk. (2022). Pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar. Jurnal Riset Dan Inovasi Pendidikan Dasar
Suyadi, B. dkk (2018). Pengaruh Minat Belajar Dan Kecerdasan Emosional Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Prajekan Kabupaten Bondowoso Tahun Ajaran 2016/2017. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial. https://doi.org/10.19184/jpe.v11i2.6448
Uno, H dan Kuadrat M. (2014). Mengelola Kecerdasan Dalam Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara
Wahab, R. (2020). Psikologi Belajar. PT RAJAGRAFINDO PERSADA
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/herodotus.v8i2.25269
Article Metrics
Metrics powered by PLOS ALM
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Elvyn Nurhamdiah Marties, Rahayu Permana, Sumaryati Sumaryati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher: Universitas Indraprasta PGRI Address: Fakultas Pascasarjana | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. |
|
![]() Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. |