Pengaruh Kecerdasan Intelektual Dan Minat Belajar Terhadap Pemahaman Intrapersonal Belajar Akuntansi

Elvyn Nurhamdiah Marties(1*), Rahayu Permana(2), Sumaryati Sumaryati(3)

(1) Fakultas Pascasarjana, Universitas Indraprasta PGRI
(2) Fakultas Pascasarjana, Universitas Indraprasta PGRI
(3) Fakultas Pascasarjana, Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menunjukkan pengaruh kecerdasan intelektual dan minat belajar terhadap pengetahuan intrapersonal akuntan pembelajar. Hipotesisnya meliputi; 1). Ada pengaruh signifikan kecerdasan intelektual dan minat belajar secara simultan terhadap pengetahuan intrapersonal akuntan pembelajar. 2). Ada pengaruh signifikan kecerdasan intelektual terhadap pengetahuan intrapersonal akuntan pembelajar. 3). Ada pengaruh signifikan minat belajar terhadap pengetahuan intrapersonal akuntan pembelajar. Metode yang digunakan adalah survei dengan menggunakan teknik korelasional yang melibatkan 60 siswa sebagai sampel yang diambil dari Kelas Sebelas Sekolah Menengah Kejuruan Swasta di Jakarta Utara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1). Ada pengaruh signifikan kecerdasan intelektual dan minat belajar secara simultan terhadap pengetahuan intrapersonal akuntan pembelajar siswa Sekolah Menengah Kejuruan Swasta di Jakarta Utara. 2). Ada pengaruh signifikan kecerdasan intelektual terhadap pengetahuan intrapersonal akuntan pembelajar siswa Sekolah Menengah Kejuruan Swasta di Jakarta Utara. 3). Ada pengaruh signifikan minat belajar terhadap pengetahuan intrapersonal akuntan pembelajar siswa Sekolah Menengah Kejuruan Swasta di Jakarta Utara.


Keywords


Intellectual intelligent; learning interest; and the intrapersonal knowledge of learning accountant.

Full Text:

PDF

References


Adinda, R. (2019). Kecerdasan intelektual: Pengertian, tanda, dan pentingnya. Jakarta : Gramedia

Armstrong & Kotler. (2015). Influence of Entry Grades in Multilple Intelegence. Mathematics and Principles of Accounting on Students Performance in Financial Accounting in Nasarawa State Colleges of Education Akwanga, Nigeria. Research Journal of Finance and Accounting

Artana, M. B. dkk (2014). “Pengaruh Kecerdasan Intelektual (IQ), Kecerdasan Emosional (EQ), Kecerdasan Spiritual (SQ), dan Perilaku Belajar Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi”. E- Jurnal S1 Ak Universitas Pendidikan Ganesha

Auliana, R. A., & Andayani, E. S. (2021). Perspektif

Azwar, S (2015). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Dwiyantari, D (2019). Tips belajar akuntansi agar menyenangkan. Pangkal- pinang: GTK

Estalita, K (2015) Kecerdasan Interpersonal dan Kecerdasan Intrapersonal dengan Sikap Multikultural Pada Mahasiswa Malang. Fakultas Psikologi UYP.

Febriani, D. (2017). Psikologi Pembelajaran (Zubaedi (ed.)). PUSTAKA BELAJAR.

Gardner, H (2017). Multiple Intelligences: Kecerdasan Majemuk Teori dalam Praktek. Batam: Interaksa.

Indria, A. (2020). Multiple intelligence. Jurnal Kajian Dan Pengembangan

Umat. Khaerani , D., & Agung, E. W. (2014) “Pengaruh Kecerdasan Intelektual,Emosional, dan Spiritual Terhadap Pemahaman Akuntansi”.

Julia, J (2016). Metode Mengajar Multiple Intelligences. Bandung: Nuansa Cendekia.

Kelly, E. (2015). Kecerdasan Interpersonal dan Kecerdasan Intrapersonal dengan Sikap Multikultural pada Mahasiswa Malang. Jurnal Psikologi

Khodijah, N. (2019). Psikologi Pendidikan. PT. RAJAGARFINDO PERSADA

Laksmi, R. A., & Sujana, K. (2017, November). “Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Pemahaman Akuntansi”. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana.

Muhaemin, & Yosen F. (2022) Mengembangkan Potensi Peserta Didik Berbasis Kecerdasan Majemuk. Indramayu: Adanu Abimata.

Savitri, I. M. 2019. Montessori for Multiple Intelligences. Yogyakarta: Bentang Pustaka.

Setiawan, A., dkk. (2022). Pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar. Jurnal Riset Dan Inovasi Pendidikan Dasar

Suyadi, B. dkk (2018). Pengaruh Minat Belajar Dan Kecerdasan Emosional Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Prajekan Kabupaten Bondowoso Tahun Ajaran 2016/2017. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial. https://doi.org/10.19184/jpe.v11i2.6448

Uno, H dan Kuadrat M. (2014). Mengelola Kecerdasan Dalam Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Wahab, R. (2020). Psikologi Belajar. PT RAJAGRAFINDO PERSADA




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/herodotus.v8i2.25269

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Elvyn Nurhamdiah Marties, Rahayu Permana, Sumaryati Sumaryati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Fakultas Pascasarjana | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 04.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.