Pengaruh Kedisiplinan Dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial
(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kedisiplinan dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar IPS pada SMP Negeri di Kota Depok baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan teknik analisis regresilinier berganda. Data dikumpulkan melalui tes untuk mengukur hasil belajar IPS dan kuesioner untuk mengukur kedisiplinan dan minat belajar. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 273 siswa yang diambil secara strata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Terdapat pengaruh signifikan Kedisiplinan dan Minat Belajar secara bersama- sama terhadap Prestasi Belajar IPS pada siswa kelas VIII pada SMP Negeri di Kota Depok. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai signifikansi 0,000 < 0,005 dan Fhitung = (26.077). 2) Terdapat pengaruh signifikan Kedisiplinan terhadap Prestasi Belajar IPS pada siswa SMP Negeri di Kota Depok. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai signifikasi 0,000 < 0,005 dan thitung (3.207). 3) Terdapat pengaruh signifikan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar IPS pada siswa kelas VIII SMP Negeri di Kota Depok. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai signifikansi 0,000 < 0,005 dan thitung (5.989)
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agustiyaningsih, Putri. (2017). Pengaruh Disiplin, Minat, Iklim Terhadap Prestasi Belajar pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 4 Purworejo Tahun 2017. Universitas Muhammadiyah Purworejo.
Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Ayu, Anggraeni Rian. (2015). Pengaruh Disiplin Belajar dan Lingkungan Keluarga Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Pengantar Akuntansi dan Keuangan Siswa Kelas X Akuntansi SMK Palebon Semarang Tahun Ajaran 2014. Universitas Negeri Semarang.
Djaelani, Bisri M. (2011). Psikologi Pendidikan. Depok: CV. Arya Duta.
Djamarah, Syaiful Bahri. (2012). Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional.
Emzir. (2008). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif & Kualitatif. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.
Gani Irwan dan Amalia Siti. (2015). Alat Analisa Data (Aplikasi Statistik untuk Penelitian Bidang Ekonomi & Sosial). Yogyakarta: C.V Andi Offset.
Muhubbin, Syah. (2013). Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya.
Muhibbin, Syah. (2014). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Nasution. (2005). Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar & Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Nyanyu, Khodijah. (2014). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.
Oemar, Hamalik. (2004). Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Alegsindo.
Purbaningtyas, Seruni. (2016). Pengaruh Kedisiplinan Siswa dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Kutasari Tahun Ajaran 2015/2016. Universitas Negeri Yogyakarta.
Rohmalina, Wahab. (2015). Psikologi Belajar. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.
Sagala, Syaiful. (2007). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: CV. Alfabeta.
Sangadji, Etta Mamang dan Sopiah. (2010). Metodologi Penelitian (Pendekatan Praktis Dalam Penelitian). Yogyakarta: C.V Andi Offset.
Sarwono, Jonathan. (2015). Rumus-Rumus Populer dalam SPSS 22 untuk Riset Skripsi. Yogyakarta: C.V Andi Offset.
Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Soemanto. (2006). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Sudjana. (2005). Metode Statistika. Bandung: Tarsito.
Sudjanna, Nana. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Tu’u, Tulus. (2018). Peran Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: Grasindo.
Zainal. (2012). Penelitian Pendidikan Metode dan Paradigma Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/herodotus.v8i2.22898
Article Metrics
Metrics powered by PLOS ALM
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Syafira Dwi Andarini, Sunar Wahid, Heru Sriyono

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher: Universitas Indraprasta PGRI Address: Fakultas Pascasarjana | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. |
|
![]() Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. |