Model Teori tentang Tata Nilai Sekolah pada P5 dalam Konteks Pendidikan Multikultural di SMA SMART Ekselensia Indonesia
(1) Unindra
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afrizal. (2014). Metode Penelitian Kualitatif, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Ameli, A., Hasanah, U., Rahman, H., & Putra, A. M. (2020). Analisis keefektifan pembelajaran online di masa pandemi COVID-19. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(2), 28-37.
Amin, M. (2018). Pendidikan Multikultural. PILAR, 9(1).
Charmaz, K. (2008). Reconstructing grounded theory. The SAGE handbook of social research methods, 461-478.
DARMADI, D. H., & Pd, M. (2019). Pengantar pendidikan era globalisasi: Konsep dasar, teori, strategi dan implementasi dalam pendidikan globalisasi. An1mage.
Fadllan, F. (2016). GADAI SYARIAH LAHAN PRODUKTIF (Studi Kasus Di Desa Prancak Kecamatan Pasongsongan Kabupaten Sumenep). NUANSA: Jurnal Penelitian Ilmu Sosial dan Keagamaan Islam, 13(1), 131-154.
Goo, M. Y. (2020). Implementasi Tata Kelola Sekolah Berbasis Karakter bagi Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Bhakti Luhur Malang. Sapa: Jurnal Kateketik dan Pastoral, 5(2), 29-38.
Hadi, I. P. (2021). Penelitian Media Kualitatif-Rajawali Pers. PT. RajaGrafindo Persada.
Hargo, D. U., & Usodo, D. (2017). Jumlah pulau di Indonesia. Sekretariat Jenderal Dewan Ketahanan Nasional. tersedia di http://www. dkn. go. id., lihat juga Dr. U. Paonganan, RM Zulkipli, K. Agustina. Buku, 9.
Hatami, S. A., & A'yuni, M. R. Q. (2023). Analisis Pendidikan Multikultural Dalam Konteks Pendidikan Islam. AlMaheer: Jurnal Pendidikan Islam, 1(02), 23-32.
Isnarmi Moeis, Pendidikan Multikultural Transformatif, Integritas Moral, Dialogis, dan Adil, UNP Press: Padang, 2014
Kemendikbudristek. (2021). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jakarta: Kemendikbudristek
Mahardika, N. G., Irfani, M. S., & Satriya, M. H. (2019, July). COOPERATIVE LEARNING TEKNIK KARYAWISATA DALAM BIMBINGAN KLASIKAL SEBAGAI METODE MENGENALKAN NILAI-NILAI MULTIKULTURALISME DI INDONESIA PADA SISWA SMA. In SEMBIKA: Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling.
Maryono, M., Pamela, I. S., & Budiono, H. (2022). Implementasi Literasi Baca Tulis dan Sains di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 491-498.
Mashadi ,Imron. 2009. Pendidikan Agama Islam Dalam Persepektif Multikulturalisme. Jakarta :Balai Litbang Agama.
Moleong, L. J. (2019). Metodologi penelitian kualitatif. PT Remaja Rosdakarya Bandung.
Mustakim, U. S. (2020). Efektivitas Pembelajaran di Era New Normal Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Matematika Diskrit: Effectiveness of Discrete Mathematics Learning in New Normal Era on Student’s Learning Achievement. Uniqbu Journal of Exact Sciences, 1(1), 41-45.
Noor, J. (2011). Metodelogi penelitian. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Oktaria, K., Agustina, R., Aliyah, J., Siroj, R. A., & Afgani, M. W. (2023). Grounded Theory. Jurnal Pendidikan Sains dan Komputer, 3(01), 40-49.
Pardini, A. Pengembangan Literasi Madrasah pada Makmal Pendidikan Dompet Dhuafa (Master's thesis, FITK: UIN JKT).
Purnawanto, A. T. (2023). Pendidikan Karakter Melalui Internalisasi Profil Pelajar Pancasila Dalam Kurikulum Merdeka. JURNAL PEDAGOGY, 16(2), 103-115.
Rukajat, A. (2018). Pendekatan penelitian kualitatif (Qualitative research approach). Deepublish.
Salim, N. Z., Siregar, M., & Mulyo, M. T. (2022). Rekonstruksi Pendidikan Karakter di Era Globalisasi: Studi Analisis Konsep Pemikiran Ibnu Miskawaih. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 7(1), 28-39.
SMART EI, (2022). Rekap Nilai SMART Values Tahun 2022. Bogor
Sujarweni, V. W. (2014). Metodelogi penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Perss.
Wasitohadi, “Gagasan dan Desain Pendidikan Multikultural di Indonesia” d alam Scholaria, Vol. 2, No. 1, Januari 2012, hlm. 116-149.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/herodotus.v7i2.22692
Article Metrics
Metrics powered by PLOS ALM
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Muhammad Shirli Gumilang
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher: Universitas Indraprasta PGRI Address: Fakultas Pascasarjana | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. |
|
Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. |