Model Teori tentang Tata Nilai Sekolah pada P5 dalam Konteks Pendidikan Multikultural di SMA SMART Ekselensia Indonesia

Muhammad Shirli Gumilang(1*), Sumaryoto Sumaryoto(2), Sahat T. Simorangkir(3)

(1) Unindra
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model teori tentang tata nilai sekolah dalam konteks Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan pendekatan Grounded Theory di SMA SMART Ekselensia Indonesia. Melalui pendekatan ini, penelitian mengeksplorasi dinamika integrasi antara tata nilai sekolah dan implementasi P5, khususnya dalam konteks pendidikan multikultural. Metode penelitian ini melibatkan wawancara, observasi langsung, dan analisis dokumen untuk memahami interaksi kompleks antara berbagai variabel yang terlibat. Temuan penelitian menunjukkan bahwa tata nilai sekolah bukan hanya menjadi formalitas semata, melainkan menjadi kesatuan terintegrasi dalam setiap aspek kehidupan sekolah, termasuk dalam proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Integrasi ini mempengaruhi proses penilaian, kepemimpinan, budaya sekolah, dan pembelajaran berbasis proyek. Selain itu, ditemukan bahwa implementasi P5 pada sekolah yang terbiasa dengan pembelajaran berbasis proyek memiliki tantangan tersendiri, namun tidak tanpa potensi untuk menciptakan proses pendidikan karakter yang kuat.

Keywords


Tata Nilai Sekolah; Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5); Pendidikan Multikultural.

Full Text:

PDF

References


Afrizal. (2014). Metode Penelitian Kualitatif, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Ameli, A., Hasanah, U., Rahman, H., & Putra, A. M. (2020). Analisis keefektifan pembelajaran online di masa pandemi COVID-19. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(2), 28-37.

Amin, M. (2018). Pendidikan Multikultural. PILAR, 9(1).

Charmaz, K. (2008). Reconstructing grounded theory. The SAGE handbook of social research methods, 461-478.

DARMADI, D. H., & Pd, M. (2019). Pengantar pendidikan era globalisasi: Konsep dasar, teori, strategi dan implementasi dalam pendidikan globalisasi. An1mage.

Fadllan, F. (2016). GADAI SYARIAH LAHAN PRODUKTIF (Studi Kasus Di Desa Prancak Kecamatan Pasongsongan Kabupaten Sumenep). NUANSA: Jurnal Penelitian Ilmu Sosial dan Keagamaan Islam, 13(1), 131-154.

Goo, M. Y. (2020). Implementasi Tata Kelola Sekolah Berbasis Karakter bagi Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Bhakti Luhur Malang. Sapa: Jurnal Kateketik dan Pastoral, 5(2), 29-38.

Hadi, I. P. (2021). Penelitian Media Kualitatif-Rajawali Pers. PT. RajaGrafindo Persada.

Hargo, D. U., & Usodo, D. (2017). Jumlah pulau di Indonesia. Sekretariat Jenderal Dewan Ketahanan Nasional. tersedia di http://www. dkn. go. id., lihat juga Dr. U. Paonganan, RM Zulkipli, K. Agustina. Buku, 9.

Hatami, S. A., & A'yuni, M. R. Q. (2023). Analisis Pendidikan Multikultural Dalam Konteks Pendidikan Islam. AlMaheer: Jurnal Pendidikan Islam, 1(02), 23-32.

Isnarmi Moeis, Pendidikan Multikultural Transformatif, Integritas Moral, Dialogis, dan Adil, UNP Press: Padang, 2014

Kemendikbudristek. (2021). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jakarta: Kemendikbudristek

Mahardika, N. G., Irfani, M. S., & Satriya, M. H. (2019, July). COOPERATIVE LEARNING TEKNIK KARYAWISATA DALAM BIMBINGAN KLASIKAL SEBAGAI METODE MENGENALKAN NILAI-NILAI MULTIKULTURALISME DI INDONESIA PADA SISWA SMA. In SEMBIKA: Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling.

Maryono, M., Pamela, I. S., & Budiono, H. (2022). Implementasi Literasi Baca Tulis dan Sains di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 491-498.

Mashadi ,Imron. 2009. Pendidikan Agama Islam Dalam Persepektif Multikulturalisme. Jakarta :Balai Litbang Agama.

Moleong, L. J. (2019). Metodologi penelitian kualitatif. PT Remaja Rosdakarya Bandung.

Mustakim, U. S. (2020). Efektivitas Pembelajaran di Era New Normal Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Matematika Diskrit: Effectiveness of Discrete Mathematics Learning in New Normal Era on Student’s Learning Achievement. Uniqbu Journal of Exact Sciences, 1(1), 41-45.

Noor, J. (2011). Metodelogi penelitian. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Oktaria, K., Agustina, R., Aliyah, J., Siroj, R. A., & Afgani, M. W. (2023). Grounded Theory. Jurnal Pendidikan Sains dan Komputer, 3(01), 40-49.

Pardini, A. Pengembangan Literasi Madrasah pada Makmal Pendidikan Dompet Dhuafa (Master's thesis, FITK: UIN JKT).

Purnawanto, A. T. (2023). Pendidikan Karakter Melalui Internalisasi Profil Pelajar Pancasila Dalam Kurikulum Merdeka. JURNAL PEDAGOGY, 16(2), 103-115.

Rukajat, A. (2018). Pendekatan penelitian kualitatif (Qualitative research approach). Deepublish.

Salim, N. Z., Siregar, M., & Mulyo, M. T. (2022). Rekonstruksi Pendidikan Karakter di Era Globalisasi: Studi Analisis Konsep Pemikiran Ibnu Miskawaih. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 7(1), 28-39.

SMART EI, (2022). Rekap Nilai SMART Values Tahun 2022. Bogor

Sujarweni, V. W. (2014). Metodelogi penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Perss.

Wasitohadi, “Gagasan dan Desain Pendidikan Multikultural di Indonesia” d alam Scholaria, Vol. 2, No. 1, Januari 2012, hlm. 116-149.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/herodotus.v7i2.22692

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Muhammad Shirli Gumilang

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Fakultas Pascasarjana | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 04.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.