PENGARUH PERSEPSI ATAS KINERJA GURU DAN KINERJA KEPALA SEKOLAH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PELAJARAN PPKn

Nanda Lega Jaya Putra(1*)

(1) STKIP Kusumanegara
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh persepsi atas kinerja guru dan persepsi atas kinerja kepala sekolah terhadap motivasi belajar siswa. Mengetahui pengaruh persepsi atas kinerja guru dan terhadap motivasi belajar siswa. Mengetahui pengaruh persepsi atas kinerja kepala sekolah terhadap motivasi belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah survei. Sampel berukuran 60 siswa yang dipilih secara random dari seluruh siswa SMK Analis Kesehatan di Jakarta Timur. Pengumpulan data dilaksanakan dengan teknik wawancara, pengamatan langsung, penyebaran angket. Anilisis data dengan metode regresi sederhana dan regeresi ganda. Uji statistik dipergunakan uji t dan uji f. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 10 maret sampai 31 mei 2013. Hasil penelitian menunjukkan persepsi atas kinerja guru dan kinerja kepala sekolah terhadap motivasi belajar siswa dengan analisa regresi ganda adalah sebagai berikut : Ÿ = 49,641 + 0,473 X1 + 0,220 X2. Sedangkan t = 3,888 dan 2,066 Dari persamaan tersebut secara bersama – sama menunjukkan bahwa variabel persepsi atas kinerja guru dan kinerja kepala sekolah terhadap motivasi belajar siswa sebesar 47,4% dan sangat signifikan  (Koef Determinasi R2 = 22.5% dengan nilai uji F = 8,275). Begitu pula setiap kenaikan satu unit kinerja guru menaikan sebesar 0,473 unit secara signifikan (to= 3,888 lebih besar dari ttabel) ceteris paribus. Lebih lanjut pula setiap kenaikkan satu unit kinerja kepala sekolah akan meningkatkan motivasi belajar siswa sebesar 0,220 unit secara signifikan (to= 2,066 lebih besar dari ttabel)ceteris paribus.


References


As’ad, M. 2005. Seri Ilmu Sumber Daya Manusia Psikologi Industri, : Liberty. Yogyakarta

Bambang Kusriyanto, 2002. Meningkatkan Produktivitas Karyawan, PT. Pustaka Binaman Pressindo, Jakarta

Blum Milton, 2002. Industrial Psychology and Its Social Foundation, Harper and Breather, New York

Davis, K, John W Newstrom. 1996. Prilaku dalam Organisasi. Jilid I. Allih Bahasa Agus Darma. Penerbit Erlangga. Jakarta.

Djamarah. 2000. Kepemimpinan Dalam Manajemen : Suatu Pendekatan Perilaku. Penerbit Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Djamarah, SB. 2000. Guru dan anak didik dalam interaksi edukatif, Rineka Cipta. Jakarta : h.31-39

Depdiknas, 2000. UU RI No. 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional. Jakarta

Departemen Pendidikan Nasional, Rencana Strategis Pendidikan 2005 – 2009.

George, Tery, 2001, Principle of Management, Sevent Edition 7th, Home Wood Illinois, Richard D. Irvin In.

Gomes, Faustino Cardoso. 1999. Manajemen Sumber Daya Manusia. Penerbit Andi Offset. Yogyakarta.

Handoko, T.H. dan Reksohadiprodjo, 2004, Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia, BPFE, Yogyakarta.

Hasibuan, Malayu S.P., Manajemen Sumber Daya Manusia, CV Haji Masagung, Jakarta, 2002.

Hidayat, Syarif. 2013. Teori dan Prinsip Pendidikan, Pustaka Mandiri, Tanggerang. Jawa Barat.

Kartono, Kartini, 2004, Psikologi Sosial Untuk Manajemen, Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada

Koontz, Harold, O Donnel, 2002, Cyril, Essentials of Manajemen, 2nd Edt, New York, Mc Graw-Hill Book Company.

Lateiner Alfred R & JE Levine, Teknik Memimpin Pegawai dan Pekerja, Terjemahan Imam Soejono, Cemerlang, Jakarta, 2001.

Mathis Robert L. Dan Jackson John H. Terjemahan Jimmy Sadeli dan Bayu Prawira, 2001. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : Salemba Empat

Maslow, Abraham, H.,2001, Motivasi dan Kepribadian, Jilid I dan II, Terjemahan Nurul Imam, Pustaka Binaan Pressindo, Jakarta

Moh. As’ad, 2000, Psikologi Industri, Seri Ilmu Sumber Daya Manusia, Leberty, Yogyakarta

Mulyasa, E. 2005. Menjadi Guru Profesional, : PT. Remaja Rosdakarya. Bandung.

Nawawi, H. 2003. Manajemen Sumber Daya Manusia untuk bisnis Kompetitif, UGM Press. Yogyakarta

Pidarta, Made. 2005. Landasan Kependidikan.: PT. Rineka Cipta Jakarta

Rasyad, Aminuddin. 2003. Teori Belajar dan Pembelajaran. UHAMKA Press, Jakarta

Rivai, Veithzal. 2004. Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi. PT. Raja grafindo, Persada. Jakarta

Robin, Stephen. 2000. Terjemahan Pujaatmaja. Perilaku Organisasi.. Prehatilindo. Jakarta

Sardiman, 2001. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta. Rajawali

Sarwoto, 2000. Dasar – dasar Organisasi Manajemen, Penerbit Gunung Agung, Jakarta

Sedarmayanti, 2000. Good Governance (Kepemerintahan Yang Baik), CV. Mandar Maju, Bandung

Saifuddin, Azwar. 2003. Reabilitas dan Validitas. Pustaka Pelajar. Yogyakarta

Siagian, Sondang, P. 2005, Teori Motivasi dan Aplikasinya, Penerbit Gunung Agung, Jakarta.

Simamora, henry. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta. 2001

Simanjuntak, Payaman, J., 2002, Manajemen Sumber Daya Manusia, Program Pascasarjana, Unkris. Jakarta

Soewarno Handayaningrat 2006, Pengantar Studi Ilmu Administrasi dan Manajemen, Jakarta

Sugiyono. 2002. Metode Penelitian Administrasi, Penerbit CV. Alfabeta, Bandung.

Wilson. 2004. Cerdik Menyusun Proposal Penelitian. Jakarta : Yayasan Kelopak




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/herodotus.v1i1.2224

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Nanda Lega Jaya Putra

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Fakultas Pascasarjana | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 04.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.