Penerapan Nilai-Nilai Sosial Dalam Projek Membentuk Perilaku Sosial Siswa SD Islam Al-Hidayah

Riska Rahmatia(1*), Indah Purnama Sari(2)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Masalah yang dapat penerapan nilai-nilai sosial siswa SD Islam Al-Hidayah, Bagaimana pembentukan sikap sosial siswa SD Al-Hidayah. Subjek penelitian yang terdapat dalam penelitian ini adalah siswa SD Islam Al-Hidayah. Sedangkan objek penelitian yang terdapat dalam penelitian ini adalah penerapan nilai-nilai sosial dalam membentuk sikap sosial siswa. Data yang dikumpulkan peneliti dilakukan dengan metode wawancara langsung dan observasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa, guru, orang tua, dan warga sekolah.. Hasil penelitian (1) latar belakang kultural siswa dapat dilihat dari segi bahasa, sistem religi, dan sistem kesenian; (2) guru telah menerapkan nilai-nilai sosial dalam proses pembelajaran, namun untuk permasalahan berupa bagaimana perilaku siswa tentu berbeda antara satu dengan lainnya, karena perilaku siswa tidak hanya dipengaruhi oleh arena sekolah, perlunya ada dukungan dari orang tua maupun masyarakat sekitarnya; (3) sebagian besar perilaku siswa dalam garis positif sesuai dengan nilai-nilai sosial, hanya sebagian kecil saja yang kurang sesuai dengan nilai-nilai sosial. Berdasarkan simpulan tersebut, disarankan perlu adanya pendekatan secara personal kepada siswa yang kurang tersebut, contohnya dengan kegiatan positif seperti ekstrakulikuler di sekolah, dan juga belajar mengenai sosial, mengaji, hingga dapat terhindar dari pergaulan yang kurang baik.


Keywords


Nilai-Nilai Sosial, Siswa, Perilaku Sosial.

Full Text:

PDF

References


Brown, Wildavsky (1983). Implementasi Sebagai Perluasan Aktivitas Yang Saling. Menyesuaikan.: Studi. Implementasi.

B. Taylor, Edward. 1887. Primitive Culture: Researches into the Developmen of. Mythology, Philosophy, Religion, Art, anf Cumtom, New York: Henry. Holt.

Gerungan, W. A. 2004. Psikologi Sosial. Bandung: Refika Aditama.

Hunt, Chester L. Paul B. Horton, 1993. Sosiologi, Jakarta: Penerbit Erlangga. Damsar. 2015.

https://sekolah.data.kemdikbud.go.id/index.php/chome/profil/00a7a395-2bf5-e011-8c08-975dc3c353d4

Et All, Nurhadi. 2004. Jurnal Pendidikan. IPS.

Septiany, Fanny. Dra. Endang Setiyowati2 Dra. Louise Siwabessy M.Pd. GAMBARAN SIKAP SOSIAL DALAM PERGAULAN SISWA DITINJAU DARI PERBEDAAN ETNIS KELAS VIII DI SMP SANTA MARIA FATIMA JAKARTA TIMUR.

Syani, Abdul. 2002. Sosiologi Skematika,Teori, dan Terapan. Jakarta: Bumi. Aksara




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/herodotus.v7i2.20823

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Riska Rahmatia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Fakultas Pascasarjana | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 04.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.