Konsep Pendidikan Tan Malaka Dan Pengaruhnya Pada Masa Pergerakan Nasional 1921-1926

Erwin Supriatna(1*), Sumaryoto Sumaryoto(2)

(1) Mahasiswa Pascasarjana Universitas Indraprasta, MAN Insan Cendekia Serpong
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Pergerakan nasional merupakan momentum kebangkitan nasionalisme dalam rangka memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Tan Malaka adalah salah seorang tokoh pergerakan nasional yang memiliki konsep tentang pendidikan untuk rakyat. Metode penelitian yang dipakai adalah metode historis, yaitu proses menguji dan menganalisa secara kritis rekaman dan peninggalan pada masa lalu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konsep pendidikan Tan Malaka menitikberatkan pada perubahan pola pikir, kebebasan dan kesetaraan untuk rakyat Indonesia. Pendirian sekolah Sarekat Islam di Semarang adalah bukti bahwa Tan Malaka berhasil mengartikulasikan gagasannya menjadi sebuah realita. Tan Malaka tidak hanya seorang cendekiawan pendidikan  tetapi juga seorang praktisi. Sikap politiknya yang anti kolonial terbentuk dari interpretasinya berdasar pada referensi bacaan yang dibenturkan dengan realitas hidup antara kaum penjajah dan rakyat jajahan. Oleh karena itu, perspektif pendidikan Tan Malaka adalah berwatak anti-kolonial. Pemikiran pendidikan Tan Malaka bercorak membebaskan dan bernafaskan perlawanan dengan tujuan menghasilkan individu yang sadar realita sehingga pada akhirnya mampu menciptakan kemerdekaan. Setidaknya, konsep pemikiran tersebut digunakan untuk menyebut pandangan pendidikan yang membebaskan manusia melalui penanaman hasrat membangun masyarakat melalui jalur-jalur pembebasan yang menekankan potensi tiap manusia.


Keywords


Pendidikan; Tan Malaka; Pergerakan Nasional.

Full Text:

PDF

References


Abdullah, Taufik. (2001). Nasionalisme Dan Sejarah. Bandung: Satya Historika.

Adi Susilo, Taufik. (2008). Tan Malaka Biografi Singkat 1897-1949. Yogyakarta: Garasi.

Afandi dan Mifta Rahman, “Ideologi Pendidikan Tan Malaka: Rekonstruksi Konsep MADILOG”, dalam Profesi Pendidik, (Vol. II, No. 2, 2015),

Agger, Ben. (2006). Teori Sosial Kritis, terj. Nurhadi. Yogyakarta: Kreasi Wacana.

Aria Putra. (2021). Pemikiran Pendidikan Tan Malaka dan Sumbangsihnya Terhadap Pendidikan di Indonesia 1919-1922. Skripsi. Universitas Sanata Dharma: Yogyakarta.

Arif Zulkifli dkk. (2010). Tan Malaka: Bapak Republik yang Dilupakan. Jakarta: Kepustakaan Populer Gramedia

Asral SH.DP (ed). (2007). Apa, Siapa, & Bagaimana Tan Malaka. Jakarta: LPPM Tan Malaka.

Alian, Sair. (2012). Metodologi Sejarah Dan Historiografi. Palembang: Proyek SP4 Universitas Sriwijaya

Aman. (2014). Indonesia Dari Kolonialisme Sampai Nasionalisme. Yogyakarta: Pujangga Press.

Amirudin, dkk. (2021). Book Chapter Pengantar Pendidikan. Banyumas: Penerbit CV. Pena Persada.

Amanudin. (2019). Pengantar Ilmu Pendidikan. Tangerang Selatan: Unpam Press.

Ayi B. Santoso, Supriatna E, (2018). Sejarah Pergerakan Nasional (Dari Budi Utomo 1908 Hingga Proklamasi 1945). Buku Ajar, UPI Bandung.

Anderson, Benedict. (2008). Immagined Communities (Komunitas-komunitas Terbayang). Yogyakarta: Pustaka Pelajar & Insist Press.

Badruddin. (2014). Kisah Tan Malaka Dari Balik Penjara dan Pengasingan. Yogyakarta: Araska.

Breman, J. (2020). Colonialism and Its Racial Imprint. Sojourn: Journal of Social Issues in Southeast Asia , 35(3), 463-492. doi:10.2307/26937814.

Daliman, A, (2012). Sejarah Indonesia Abad XIX-Awal Abad XX. Yograkarta: Ombak.

Endang Muryanti. (2006). Sarekat Islam Semarang Tahun 1913-1920. Skripsi. Universitas Negeri Semarang: Semarang.

Fa’al, Fahsin M. (2005). Negara dan Revolusi Sosial: Pokok-pokok Pikiran Tan Malaka. Yogyakarta: Resist Book.

Fuji, N. (2017). Tan Malaka: Putra Bangsa Yang Terlupakan. Yogyakarta: Sociality.

Hambali. (2015). Konsep Pendidikan Dalam Perspektif Tan Malaka (Tokoh Revolusioner Prakemerdekaan). Jurnal Intelektualita Volume 3, Nomor 1, Januari-Juni 2015. Palembang: UIN Raden Fatah.

Ismawati, Dwi Nur, dkk. (2017). The Intelectual’s Contribution In The National Movement of In Indonesian 1908-1928. Jurnal Historica Volume 1, Issue. 1. Jember: History Education Program Univeristas Negeri Jember.

Karim, M. (2009). Pendidikan Kritis Transformatif. Yogyakarta: ArRuzz Media.

Kartodirdjo, Sartono. (1992). Pengantar Sejarah Indonesia Baru : Sejarah Pergerakan Nasional Dari Kolonialisme Sampai Nasionalisme Jilid 2. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Kumalasari, Dyah. (2009). Sejarah Indonesia Masa Pergerakan Nasional. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Sejarah. Fakultas Ilmu Sosial Dan Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.

Kuntowijoyo. (2013). Pengantar Ilmu Sejarah. Yogyakarta: Tiara Wacana.

Latif, Yudi. (2012). Inteligensia Muslim dan Kuasa Genealogi Inteligensia Muslim Indonesia Abad Ke-20. Jakarta: Democracy Project, Yayasan Abad Demokrasi.

Malaka, Tan. (1987a). Naar De "Republiek Indonesia" (Menuju Republik Indonesia). Jakarta: Yayasan Massa.

Malaka, Tan. (2000b). Aksi Massa. Jakarta: Teplok Press

Malaka, Tan. (2000c). Dari Penjara Ke Penjara Jilid I. Jakarta: Teplok Press.

Malaka, Tan. (2000d). Dari Penjara Ke Penjara Jilid II. Jakarta: Teplok Press.

Malaka, Tan. (2000e). Dari Penjara Ke Penjara Jilid III. Jakarta: Teplok Press.

Malaka, Tan. (2008f). Madilog (Materialisme, Dialektika, Logika). Jakarta: LPPM Tan Malaka.

Malaka, Tan (2010g). Gerpolek: Geriliya, Politik, dan Ekonomi. Yogyakarta: Narasi.

Malaka, Tan. (2011h). Serikat Islam Semarang dan Onderwijs. Jakarta: Pustaka Aji.

M.C Ricklefs. (2007). Sejarah Indonesia Modern. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Musfiqon, Nurdyansyah. (2015). Pendekatan Pembelajaran Saintifik. Sidoarjo: Nizamia Learning Center.

Nasihin, (2012). Sarekat Islam Mencari Ideologi (1924-1925). Jogyakarta: Pustaka Pelajar.

Nasution, S. (2014). Sejarah Pendidikan Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.

Poeze, Harry A. (1999). Tan Malaka: Pergulatan Menuju Republik (1925-1945). Jakarta: PT Pustaka Utama Grafiti.

Purwanto, Bambang. (2001). Memahami Kembali Nasionalisme Indonesia. Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Volume 4 No.3, Maret 2001.

Rambe, Syafrizal. (2008). Sarekat Islam Pelopor Bangkitnya Nasionalisme Indonesia (1905-1942). Jakarta: Yayasan Kebangkitan Insan Cendekia.

Sayyidah Aslamah. (2011). Genealogi Pemikiran Politik Tan Malaka. Tesis. UIN Sunan Kalijaga: Yogyakarta.

Situmorang, Arman., dkk. (2017). The Intelectual's Contribution in the National Movement of Indonesia 1908-1928. Jurnal Historia. Vol. 1. No. 2.

Sjamsuddin, Helius. (2012). Metodologi Sejarah. Yogyakarta: Ombak.

Syaifuddin. (2012). Tan Malaka: Merajut Masyarakat dan Pendidikan Indonesia yang Sosialistis. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Suryanegara, Ahmad Mansur. (2009). Api Sejarah (jilid I). Bandung: Salamadani Pustaka Semesta.

Tim Tempo (2010). Tan Malaka: Bapak Republik yang dilupakan. Jakarta: Kepustakaan Populer Gramedia.

Triyana, Bonnie. (2012). Lakon Tan Malaka. Jakarta: Sekolah Pemikiran Pendiri Bangsa, Megawati Institute.

Triyanto, Teguh. (2014). Pengantar Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Tuahunse, T. (2009). Hubungan antara Pemahaman Sejarah Pergerakan Nasional Indonesia dengan Sikap terhadap Bela Negara (Versi Elektronik). Jurnal Kependidikan, (2), 24-25. Diperoleh pada 16 Januari 2017.

Yusuf, Munir. (2018). Pengantar Ilmu Pendidikan. Palopo: Lembaga Penerbit Kampus IAIN Palopo.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/herodotus.v7i2.20541

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Erwin Suryana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Fakultas Pascasarjana | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 04.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.