Pengaruh Motivasi Belajar Dan Efikasi Diri Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi (Survai Pada SMA Negeri di Jakarta Utara)

Salmiah Harahap(1*), Mamik Suhendar(2), Heru Sriyono(3)

(1) UNINDRA SMA Negeri 45 Jakarta
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian untuk mengetahui1) Pengaruh motivasi belajar dan efikasi diri secara bersama-sama terhadap prestasi belajar ekonomi siswa SMA Negeri di Jakarta Utara. 2) Pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa SMA Negeri di Jakarta Utara. 3) Pengaruh efikasi diri terhadap prestasi belajar ekonomi siswa SMA Negeri di Jakarta Utara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan teknik korelasional regresi linier berganda dengan jumlah sampel 84 siswa. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan motivasi belajar dan efikasi diri secara bersama-sama terhadap prestasi belajar ekonomi siswa SMA Negeri di Jakarta Utara. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. = 0,000 < 0,05 dan Fhitung = 74,672. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan motivasi belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa SMA Negeri di Jakarta Utara. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. = 0,000 < 0,05 dan thitung = 4,701. 3) Terdapat pengaruh yang tidak signifikan efikasi diri terhadap Prestasi belajar ekonomi siswa SMA Negeri di Jakarta Utara.  Hal ini dibuktikan dengan perolehasn nilai Sig. = 0,000 < 0,05 dan thitung = 5,641.


Keywords


Motivasi belajar, efikasi diri, prestasi belajar ekonomi

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Dimyati & Mudjiono. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta

Djaali. (2017). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Sutrisno. E. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia. Cetakan ke-8. Jakarta : Prenada Media Group

Ghufron, M. N. & Risnawita, R. (2017). Teori-Teori Psikologi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Hamalik, O. (2013). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Khodijah, N. (2016). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Purwanto, N. (2014). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

________. N. (2016). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Riduwan, S. (2011). Pengantar Statistika Untuk Penelitian Pendidikan, Sosial, Ekonomi, Komunikasi, dan Bisnis. Cetakan Ke-4. Bandung: Alfabeta.

Rifa’i, A. & Anni, C. T. (2015). Psikologi Pendidikan. Semarang: Universitas Negeri Semarang Press.

Santrock, J. W. (2014). Psikologi Pendidikan Buku 2 Edisi 5. Jakarta: Salemba Humanika.

________, J. W. (2017). Psikologi Pendidikan Buku 1 Edisi 5. Jakarta: Salemba Humanika.

Sardiman, A. M. (2014). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

________, A.M, 2014. Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Saryanti, E. (2011). Kajian Empiris Atas Perilaku Belajar, Efikasi Diri dan Kecerdasan emosional Yang Berpengaruh pada Stress Kuliah pada Mahasiswa Akuntansi Perguruan Tinggi Swasta di Surakarta. Jurnal Bisnis dan Manajemen , Volume 19. No. 18.

Singarimbun, M. & Effendi, S. (2006). Metode Penelitian Survei (Editor). Jakarta: LP3ES.

Siregar, E. & Nara, H. (2014). Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sudjana, N. (2011). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sukmadinata, N.S. (2017). Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Supardi, (2013). Aplikasi Statistikan dalam Penelitian edisi revisi. Jakarta: Smart (Prima Ufuk Semesta)

Suprihatin, S. (2015). Upaya Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi. Vol. 2. No. 1. Hal 75

Surya, M. (2013). Psikologi Guru Konsep dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta.

Susanto, A.(2013). Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.

Sutrisno, E. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Syah, M. (2009). Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Pers.

________, M. (2011). Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya

Trinora. (2015). Hubungan Motivasi Berprestasi dan Minat Berorganisasi. (http://ejournal.undiksha.ac.id). Diakses pada tanggal 6 Mei 2018 pukul 21:40 WIB.

Uno, H. B. (2010). Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/herodotus.v7i2.20356

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 salmiah harahap

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Fakultas Pascasarjana | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 04.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.