Pengaruh Motivasi Belajar Dan Efikasi Diri Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi (Survai Pada SMA Negeri di Jakarta Utara)
(1) UNINDRA SMA Negeri 45 Jakarta
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author
Abstract
Tujuan penelitian untuk mengetahui1) Pengaruh motivasi belajar dan efikasi diri secara bersama-sama terhadap prestasi belajar ekonomi siswa SMA Negeri di Jakarta Utara. 2) Pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa SMA Negeri di Jakarta Utara. 3) Pengaruh efikasi diri terhadap prestasi belajar ekonomi siswa SMA Negeri di Jakarta Utara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan teknik korelasional regresi linier berganda dengan jumlah sampel 84 siswa. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan motivasi belajar dan efikasi diri secara bersama-sama terhadap prestasi belajar ekonomi siswa SMA Negeri di Jakarta Utara. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. = 0,000 < 0,05 dan Fhitung = 74,672. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan motivasi belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa SMA Negeri di Jakarta Utara. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. = 0,000 < 0,05 dan thitung = 4,701. 3) Terdapat pengaruh yang tidak signifikan efikasi diri terhadap Prestasi belajar ekonomi siswa SMA Negeri di Jakarta Utara. Hal ini dibuktikan dengan perolehasn nilai Sig. = 0,000 < 0,05 dan thitung = 5,641.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Dimyati & Mudjiono. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta
Djaali. (2017). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Sutrisno. E. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia. Cetakan ke-8. Jakarta : Prenada Media Group
Ghufron, M. N. & Risnawita, R. (2017). Teori-Teori Psikologi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Hamalik, O. (2013). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Khodijah, N. (2016). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Purwanto, N. (2014). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
________. N. (2016). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Riduwan, S. (2011). Pengantar Statistika Untuk Penelitian Pendidikan, Sosial, Ekonomi, Komunikasi, dan Bisnis. Cetakan Ke-4. Bandung: Alfabeta.
Rifa’i, A. & Anni, C. T. (2015). Psikologi Pendidikan. Semarang: Universitas Negeri Semarang Press.
Santrock, J. W. (2014). Psikologi Pendidikan Buku 2 Edisi 5. Jakarta: Salemba Humanika.
________, J. W. (2017). Psikologi Pendidikan Buku 1 Edisi 5. Jakarta: Salemba Humanika.
Sardiman, A. M. (2014). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.
________, A.M, 2014. Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Saryanti, E. (2011). Kajian Empiris Atas Perilaku Belajar, Efikasi Diri dan Kecerdasan emosional Yang Berpengaruh pada Stress Kuliah pada Mahasiswa Akuntansi Perguruan Tinggi Swasta di Surakarta. Jurnal Bisnis dan Manajemen , Volume 19. No. 18.
Singarimbun, M. & Effendi, S. (2006). Metode Penelitian Survei (Editor). Jakarta: LP3ES.
Siregar, E. & Nara, H. (2014). Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.
Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Sudjana, N. (2011). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sukmadinata, N.S. (2017). Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Supardi, (2013). Aplikasi Statistikan dalam Penelitian edisi revisi. Jakarta: Smart (Prima Ufuk Semesta)
Suprihatin, S. (2015). Upaya Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi. Vol. 2. No. 1. Hal 75
Surya, M. (2013). Psikologi Guru Konsep dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta.
Susanto, A.(2013). Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.
Sutrisno, E. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Syah, M. (2009). Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Pers.
________, M. (2011). Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya
Trinora. (2015). Hubungan Motivasi Berprestasi dan Minat Berorganisasi. (http://ejournal.undiksha.ac.id). Diakses pada tanggal 6 Mei 2018 pukul 21:40 WIB.
Uno, H. B. (2010). Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/herodotus.v7i2.20356
Article Metrics
Metrics powered by PLOS ALM
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 salmiah harahap
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher: Universitas Indraprasta PGRI Address: Fakultas Pascasarjana | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. |
|
Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. |