Pengaruh Kebiasaan Belajar dan Status Sosiol Ekonomi Orang tua terhadap Prestasi Belajar Akuntansi

Supardi Supardi(1*), J Sabas Setyohadi(2), Maria Immaculata Adhisti Prima Dewi(3)

(1) Universitas Indraprasta (UNINDRA PGRI)
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Pengaruh Kebiasaan Belajar dan Status Sosial Ekonomi Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Akuntansi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kebiasaan belajar dan status sosial ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar akuntansi. Metode penelitian yang digunakan adalah survei dengan menggunakan teknik korelasional yang melibatkan 60 siswa sebagai sampel. Sampel diambil dari tiga kelas yang terdiri dari SMK Tanjung, SMK Putra Mandiri, dan SMK Al Ihsan yang berlokasi di Jakarta Barat. Pemilihan sampel yang digunakan adalah teknik random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner secara langsung kepada responden. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan kebiasaan belajar dan status sosial ekonomi orang tua secara bersama-sama terhadap prestasi belajar akuntansi siswa SMK Swasta di Jakarta Barat. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig. 0,000 < 0,05 dan Fobserved = 11,270, 2) Terdapat pengaruh yang signifikan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar akuntansi siswa SMK Swasta di Jakarta Barat. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig. 0,019 < 0,05 dan tobserved = 2,415, dan 3) Terdapat pengaruh yang signifikan status sosial ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar akuntansi siswa SMK Swasta di Jakarta Barat. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig. 0,037 < 0,05 dan tobserved = 1,134.


Keywords


Kebiasaan Belajar; Status Sosiol Ekonomi; Prestasi Belajar Akuntansi

Full Text:

PDF

References


Ali, M & Mohammad, A. (2012). Psikologi remaja. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Ali, M. S & Maman, A. (2007). Analisis korelasi, regresi dan jalur dalam penelitian. Bandung: CV Pustaka Setia

Anas, S. (2007). Pengantar evaluasi pendidikan. Jakarta: PT. Raja Gravindo Persada

Arikunto, S. (2002). Prosedur penelitian. Jakarta: Rineka Cipta

Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S & Supardi. (2012). Penelitian tindakan kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Dalyono, M. (2009). Psikologi pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Desmita. (2005). Psikologi perkembangan peserta didik. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya

Desmita. (2010). Psikologi perkembangan. Bandung: PT. Remaja Rosda karya

Desmita. (2014). Psikologi perkembangan peserta didik. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya

Dimyati & Mudjiono. (2009). Belajar dan pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Djamarah, S. B. (2002). Psikologi pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Elizabeth B. H. (2005). Perkembangan anak. Jakarta: Erlangga

Friedman, M. (2010). Buku ajar keperawatan keluarga riset, teori, dan praktek. edisi ke-5. Jakarta: EGC.

Gunarso, D. S. (2000). Psikologi praktis anak, remaja dan keluarga. Jakarta: BPK Gunung Mulia

Hadi, S. (2003). Metode reseach. Yogyakarta: YPEP UGM

Hamalik O. (2003). Proses belajar mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo

Hasbullah. (2003). Dasar-dasar ilmu pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Ihsan, F. (2003). Dasar-dasar pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta

J. Supranto, M. A. (2000). Statistik teori dan aplikasi jilid 1, edisi keenem. Jakarta: Erlangga

Lestari, S. (2012). Psikologi keluarga penanaman nilai dan penaganan konflik dalam keluarga. Jakarta: PT Kencana Prenada Media Group

Maryanti & Rosmini. (2007). Keluarga bercerai dan intensitas interaksi anak terhadap orang tuanya. USU: Jurnal Harmoni Sosial Volume I, No. 2

Nasution. (2003). Metode penelitian naturalistik kualitatif. Bandung: Tarsito

Purwanto, N. (2003). Psikologi pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya

Purwanto, N. (2004). Psikologi pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya

Riduwan. (2005). Belajar mudah untuk guru, karyawan dan peneliti pemula. Bandung: Alfabeta

Sadulloh, U. (2010). Pedagogik ilmu mendidik. Bandung: Alfabeta

Santrock, J. W. (2003). Adolesence perkembangan Remaja. Jakarta: Erlangga

Santrock, J. W. (2008). Psikologi pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Sardiman. (2006). Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Jakarta: PT. Persada Raja Grafindo

Slameto. (2010). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Sudjana. (2005). Metode statistika. Bandung: Tarsito

Sugiyono. (2001). Metode penelitian. Bandung: CV Alfa Beta

Sugiyono. (2009). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2012). Memahami penelitian kualitatif. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2013). Metodelogi penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2015). Metode penelitian kombinasi (mix methods). Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sobur, A. (2003). Psikologi umum dalam lintas sejarah. Bandung: Pustaka Setia

Supardi, I. (2003). Lingkungan hidup dan kelestariannya. Bandung: PT. Alumni

Sobry, S. (2007). Rahasia sukses belajar dan mendidik anak teori dan praktek. Mataram NTB: NTP Press

Syah, M. (2013). Psikologi pendidikan dengan pendekatan baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Tirtahardja, U. L. S. (2000). Pengantar pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Vembriarto. (2003). Sosiologi pendidikan. Jakarta: PT. Gramedia Widia Sarana

Wahyuni, E. N. (2009). Motivasi dalam pembelajaran. Malang: UIN-Malang press

Winardi. (2002). Manajemen perilaku organisasi. Bandung: PT. Citra Aditya Bakti

Wlodkowski, R. J & Judith H. J. (2004). Hasrat untuk belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Uno, H. B. (2007). Teori motivasi dan pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/herodotus.v7i2.20355

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Supardi; J Sabas Setyohadi; Maria Immaculata Adhisti Prima Dewi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Fakultas Pascasarjana | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 04.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.