Pengaruh Kebiasaan Belajar dan Status Sosiol Ekonomi Orang tua terhadap Prestasi Belajar Akuntansi
(1) Universitas Indraprasta (UNINDRA PGRI)
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author
Abstract
Pengaruh Kebiasaan Belajar dan Status Sosial Ekonomi Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Akuntansi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kebiasaan belajar dan status sosial ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar akuntansi. Metode penelitian yang digunakan adalah survei dengan menggunakan teknik korelasional yang melibatkan 60 siswa sebagai sampel. Sampel diambil dari tiga kelas yang terdiri dari SMK Tanjung, SMK Putra Mandiri, dan SMK Al Ihsan yang berlokasi di Jakarta Barat. Pemilihan sampel yang digunakan adalah teknik random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner secara langsung kepada responden. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan kebiasaan belajar dan status sosial ekonomi orang tua secara bersama-sama terhadap prestasi belajar akuntansi siswa SMK Swasta di Jakarta Barat. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig. 0,000 < 0,05 dan Fobserved = 11,270, 2) Terdapat pengaruh yang signifikan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar akuntansi siswa SMK Swasta di Jakarta Barat. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig. 0,019 < 0,05 dan tobserved = 2,415, dan 3) Terdapat pengaruh yang signifikan status sosial ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar akuntansi siswa SMK Swasta di Jakarta Barat. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig. 0,037 < 0,05 dan tobserved = 1,134.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ali, M & Mohammad, A. (2012). Psikologi remaja. Jakarta: PT. Bumi Aksara
Ali, M. S & Maman, A. (2007). Analisis korelasi, regresi dan jalur dalam penelitian. Bandung: CV Pustaka Setia
Anas, S. (2007). Pengantar evaluasi pendidikan. Jakarta: PT. Raja Gravindo Persada
Arikunto, S. (2002). Prosedur penelitian. Jakarta: Rineka Cipta
Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, S & Supardi. (2012). Penelitian tindakan kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Dalyono, M. (2009). Psikologi pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Desmita. (2005). Psikologi perkembangan peserta didik. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya
Desmita. (2010). Psikologi perkembangan. Bandung: PT. Remaja Rosda karya
Desmita. (2014). Psikologi perkembangan peserta didik. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya
Dimyati & Mudjiono. (2009). Belajar dan pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Djamarah, S. B. (2002). Psikologi pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Elizabeth B. H. (2005). Perkembangan anak. Jakarta: Erlangga
Friedman, M. (2010). Buku ajar keperawatan keluarga riset, teori, dan praktek. edisi ke-5. Jakarta: EGC.
Gunarso, D. S. (2000). Psikologi praktis anak, remaja dan keluarga. Jakarta: BPK Gunung Mulia
Hadi, S. (2003). Metode reseach. Yogyakarta: YPEP UGM
Hamalik O. (2003). Proses belajar mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo
Hasbullah. (2003). Dasar-dasar ilmu pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Ihsan, F. (2003). Dasar-dasar pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta
J. Supranto, M. A. (2000). Statistik teori dan aplikasi jilid 1, edisi keenem. Jakarta: Erlangga
Lestari, S. (2012). Psikologi keluarga penanaman nilai dan penaganan konflik dalam keluarga. Jakarta: PT Kencana Prenada Media Group
Maryanti & Rosmini. (2007). Keluarga bercerai dan intensitas interaksi anak terhadap orang tuanya. USU: Jurnal Harmoni Sosial Volume I, No. 2
Nasution. (2003). Metode penelitian naturalistik kualitatif. Bandung: Tarsito
Purwanto, N. (2003). Psikologi pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya
Purwanto, N. (2004). Psikologi pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya
Riduwan. (2005). Belajar mudah untuk guru, karyawan dan peneliti pemula. Bandung: Alfabeta
Sadulloh, U. (2010). Pedagogik ilmu mendidik. Bandung: Alfabeta
Santrock, J. W. (2003). Adolesence perkembangan Remaja. Jakarta: Erlangga
Santrock, J. W. (2008). Psikologi pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Sardiman. (2006). Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Jakarta: PT. Persada Raja Grafindo
Slameto. (2010). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Sudjana. (2005). Metode statistika. Bandung: Tarsito
Sugiyono. (2001). Metode penelitian. Bandung: CV Alfa Beta
Sugiyono. (2009). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. (2012). Memahami penelitian kualitatif. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. (2013). Metodelogi penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. (2015). Metode penelitian kombinasi (mix methods). Bandung: Alfabeta
Sugiyono. (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sobur, A. (2003). Psikologi umum dalam lintas sejarah. Bandung: Pustaka Setia
Supardi, I. (2003). Lingkungan hidup dan kelestariannya. Bandung: PT. Alumni
Sobry, S. (2007). Rahasia sukses belajar dan mendidik anak teori dan praktek. Mataram NTB: NTP Press
Syah, M. (2013). Psikologi pendidikan dengan pendekatan baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Tirtahardja, U. L. S. (2000). Pengantar pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Vembriarto. (2003). Sosiologi pendidikan. Jakarta: PT. Gramedia Widia Sarana
Wahyuni, E. N. (2009). Motivasi dalam pembelajaran. Malang: UIN-Malang press
Winardi. (2002). Manajemen perilaku organisasi. Bandung: PT. Citra Aditya Bakti
Wlodkowski, R. J & Judith H. J. (2004). Hasrat untuk belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Uno, H. B. (2007). Teori motivasi dan pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/herodotus.v7i2.20355
Article Metrics
Metrics powered by PLOS ALM
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Supardi; J Sabas Setyohadi; Maria Immaculata Adhisti Prima Dewi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher: Universitas Indraprasta PGRI Address: Fakultas Pascasarjana | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. |
|
Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. |