Pengaruh Persepsi Atas Sarana Prasarana Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Guru
(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) pengaruh persepsi atas sarana prasarana dan lingkungan kerja terhadap kinerja guru (2) pengaruh persepsi atas sarana prasarana terhadap kinerja guru (3) pengaruh lingkungan kerja terhadap kinerja guru. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Survei. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis regresi ganda. Penelitian dilaksanakan pada guru SMP Negeri di Kota Tangerang Selatan. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 83 guru dengan menggunakan teknik pengambilan sampel adalah Simple Random Sampling. Analisis data diolah menggunakan SPSS 22. Istrumen yang digunakan dalam bentuk angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat pengaruh yang signifikan antara persepsi atas sarana prasarana dan lingkungan kerja secara bersama-sama terhadap kinerja guru SMP Negeri di Kota Tangerang Selatan. (2) Terdapat pengaruh yang signifikan persepsi atas sarana prasarana terhadap kinerja guru SMP Negeri di Kota Tangerang Selatan. (3) Terdapat pengaruh yang signifikan lingkungan kerja terhadap kinerja guru SMP Negeri di Kota Tangerang Selatan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdul Rahman Saleh, Psikologi: Suatu Pengantar Dalam Perspektif Islam, (Jakarta: Kencana, 2004), h. 110
Ade, Christo. 2014. Pengaruh Lingkungan Kerja Fisik Dan Non Fisik Terhadap Kinerja Karyawan PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk Cabang Makassar Kartini. Skripsi. Jurusan Manajemen. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis.
Universitas Hasanuddin : Makassar.Agus Ahyari. (1994). Perencanaan Sistem Produksi, Edisi Keempat, Cetakan Ketiga. Yogyakarta: BPFE – Yogyakarta.
Arikunto, Suharsimi dan Lia Yuliana, (2008). Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Adita Media.
Barnawi dan Mohammad Ariffin, (2014). Kinerja guru Profesional. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA.
Departemen Pendidikan Nasional. (2008). Penilaian Kinerja Guru. Jakarta: Ditjen P2TK
Gusni, Anisa, (2019). Sarana Dan Prasarana Pendidikan. Jurnal Artikel (2019)
Hariandja, M. (2002). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.
Ibrahim Bafadal, Seri Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan Berbasis Sekolah, Manajemen Perlengkapan Sekolah Teori dan Aplikasi, Jakarta: PT Bumi Aksara, 2003
Jalaluddin Rakhmar, Psikologi Komunikasi, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2011) h. 50
Mangkunegara, (2005). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
Moenir. 1992. Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Mulyasa, (2013). Uji Kompetensi dan penilaian Kinerja Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mulyasa, E. 2005. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Mulyasa, (2004). Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Musfah. Jejen, Manajemen Pendidikan, Jakarta: Kencana, 2015.
Nitisemito, Alex S, (2000). Manajemen Personalia, Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta : Ghalia Indonesia
Nurhadi, dkk. (2003). Pembelajaran kontekstual dan penerapannya dalam KBK. Malang. UM Press.
Nurafnih, (2021). Analisis Kinerja Guru Di SMP Negeri 1 Lambu Kabupaten Bima. Makassar : Universitas Muhammadiyah Makassar, https://digilibadmin.unismuh.ac.id/
Pandipa, Abd. Khalid Hs, (2019). Kinerja Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di SMA Negeri 1 Lore Utara. Jurnal Ilmiah Administratie Volume : 12 Nomor : 1 Edisi : Maret 2019.
Riduwan, (2012). Dasar – dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.
Rosminah, (2021). Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Kantor Kecamatan Bajeng Kabupaten Gowa. Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia April 2021
Sanjaya, Wina, (2010). Startegi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Saydam, (G.2000). Manajemen Sumber Daya Manusia (human resources management). Jakarta: Djambatan.
Sedarmayanti, (2009). Pengembangan Kepribadian Pegawai. Bandung: Mandar Maju.
Sedarmayanti. (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia, Reformasi Birokrasi dan Manejemen Pegawai Negeri Sipil. Bandung: PT Refika Aditama.
Setiawan, Tata Letak Pabrik, yogyakarta: ANDI Yogyakarta, 2008
Sihombing, S. (2004). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Balai Pustaka.
Simanjuntak, Payman J, (2003). Produktivitas Kerja Pengertian dan Ruang Lingkupnya. Jakarta: Prisma.
Siregar, M. Deni, (2015). Kinerja Guru Dalam Mengelola Proses Pembelajaran dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa. Jurnal EducatiO Vol. 10 No. 2 (2015)
Siregar, Syofian, (2013). Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sopian, Ahmad (2019). Manajemen Sarana Dan Prasarana. Jurnal Tarbiyah Islamiyah Volume 4 Nomor 2 Edisi Desember 2019
Stephen P. Robbins & Timothy A. Judge, Perilaku Organisasi 12th ed., (Jakarta: Salemba Empat, 2008), h. 175. (PERSEPSI)
Sugiyono, (2011). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kulitatif dan R&D, Bandung : Alfabeta.
Sumanto, Psikologi Umum, (Yogyakarta: CAPS, 2014), h. 52
Susanto, Ahmad, (2016). Manajemen Peningkatan Kinerja Guru. Jakarta: Perenadamedia Group.
Tobari, (2015). Membangun Budaya Organisasi pada Instasi Pemerintah. Yogyakarta: Deepublish.
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2003. Jakarta: Depdiknas.
Usman, Moh. User. 2001. Menjadi Guru Profesional: Dengga Produk.
Yublina, (2015). Kinerja Guru. Surabaya: Kresna Bina insane Prima.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/herodotus.v7i2.20308
Article Metrics
Metrics powered by PLOS ALM
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Hajar Hajar, Prof. Dr. Sumaryoto, Dr. Sri Hapsari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher: Universitas Indraprasta PGRI Address: Fakultas Pascasarjana | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. |
|
Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. |