Pengaruh Model Pembelajaran Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial

Soni Alimin(1*), Sumaryoto Sumaryoto(2)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh persepsi atas metode pembelajaran dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar Sejarah siswa SMK Swasta di Kabupaten Bogor. (2) Pengaruh persepsi atas metode pembelajaran terhadap prestasi belajar Sejarah siswa SMK Swasta di Kabupaten Bogor. (3) Pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar Sejarah siswa SMK Swasta di Kabupaten Bogor. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMK Swasta Insan Kreatif Cibinong, SMK Kesehatan Amaliah Cibinong Kabupaten Bogor yang berjumlah 740 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah 74 orang siswa yang dipilih secara random. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survei dengan teknik korelasional. Analisi data dioleh menggunakan SPSS 19. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Terdapat pengaruh yang signifikan antara persepsi atas metode pembelajaran dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar Sejarah siswa SMK Swasta di Kabupaten Bogor. (2) Terdapat pengaruh yang signifikan persepsi atas metode pembelajaran terhadap prestasi belajar Sejarah siswa SMK Swasta di Kabupaten Bogor. (3) Terdapat pengaruh yang signifikan motivasi belajar terhadap prestasi belajar Sejarah siswa SMK Swasta di Kabupaten Bogor.


Keywords


Model Pembelajaran

Full Text:

PDF

References


DEPDIKNAS (2005). Standar Nasional Pendidikan . Peraturan Pemerintah No.19 Tahun 2005. Jakarta

DEPDIKNAS. (2006). Standar Kompetensi Lulusan Permendiknas 23 tahun 2000. Jakarta.

Djaali, H. (2008) Psikologi Pendidikan. Jakarta : PT Bumi Aksara

Emil, S, (2003) lingkungan Hidup dan Pembangunan, Jakarta Mutiara Sumber Widya.

Faisal, S. (2012), Penelitian Sosial, Malang : AL Ma’arif

Hamalik, O, (2008), Metode Belajar dan kesulitan-kesulitan Belajar, Bandung ; Tarsito.

Jihad, A & Haris, A, (2008). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta : Multi Pressindo

Hasibuan H.S.P. (2010). Organisasi dan Morivasi. Jakarta : Bumi Aksara

Kasim, A. (2011). Bimbingan Konseling Belajar. Universitas Jakarta.

Kuntjaraningrat. (2002). Pengantar Ilmu Antropologi. Jakarta : Raneka Cipta,

Ngarep Ishak dan Hendri Tanjung. 2002. Manajemen Sumber Daya Manusia Jakarta : Penerbit Universitastrisakti

Nana, S. (2002). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosdakarya

Safari, (2008). Analisis Butir Soal Tes dan Non Tes : Jakarta : CV Purnama

Sarwono, J. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif & Kualitatif Yogyakarta : Graha Ilmu.

Sevilla, et.all. (2003). Pengantar Meode Penelitian. Universitas Ind0nesia Jakarta.

Masri & Sofian, E (ed., 2006. Metode Penelitian Survei Jakarta : LP3ES

Slameto, (2003). Belajar dan Fakta yang mempengaruhinya, Jakarta : PT Rineka Cipta

Soemanto, W. 2006. Psikologi Pendidikan. Jakarta : PT Rineka Cipta.

Soerjani, M. (2005). Pembangunan dan Lingkungan, Jakarta : IPPI.

……………………, (2007). Pembangunan dan Lingkungan, Meniti Gagasan dan Pelaksanaan Sustainable Development. Jakarta : Institut Pendidikan dan Pengembangan Lingkungan.

Ahmad, R. (2003) Lingkungan Sumber Daya Alam Kependudukan dan Pembangunan, Jakarta : UI Press.

Stoltz. P. (1997). Adversity Quotient , Turning Obstacles into Opportunities, Wiley, New York .

……………….., (2000). Adversity Quotient at Work, Make Everyday Challenges the Key to Your Success, New York : Morrow

……………….., (2000). Adversity Quotient, Mengubah hambatan Menjadi Peluang, alih bahasa T. Hermaya. Jakarta : PT Grassindo.

Sudjana. 2006. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Syah, M. (2004), Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Wienardi, A. (2012), Lingkungan Sosio-Kultur Indonesia Pasca Reformasi, Artikel di harian Kompas Jakarta Tanggal 2 Maret 2008.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/herodotus.v7i3.20297

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Soni Alimin, Prof. Sumaryoto Sumaryoto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Fakultas Pascasarjana | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 04.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.