Pengaruh Persepsi Atas Model Pembelajaran Brainstroming Dan Motivasi Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi (Survei pada SMA Negeri di Karawang)
(1) 1: Universitas Indraprasta PGRI Jakarta 2: MI Al-Istiqlal Karawang
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author
Abstract
Pengaruh persepsi atas model pembelajaran Motivasi Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Penelitian ini bertujan untuk mengetahui Pengaruh persepsi atas model pembelajaran brainstroming dan Motivasi Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi.Penelitian ini menggunakan penelitian metode penelitian survey, dengan jumlah populasi 870 dan sampel sebanyak 87 dari responden SMA Negeri di Karawang. Hasil membuktikan persepsi atas Model pembelajaran brainstromingdan motivasi memberikan pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan prestasi belajar Ekonomi. Terdapat pengaruh yang signifikan Persepsi Atas Model Pembelajaran Brainstroming dan motivasi secara bersama-sama terhadap prestasi belajar Ekonomi siswa SMA Negeri di Kabupaten Karawang. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig. 0,000 < 0,05 dan Fhitung = 12,696. Terdapat pengaruh yang signifikan Persepsi Atas Model Pembelajaran Brainstroming terhadap prestasi belajar Ekonomi siswa SMA Negeri di Kabupaten Karawang. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig. sebesar = 0,046< 0,05 dan thitung = 2.021. Terdapat pengaruh yang signifikan motivasi Belajar terhadap prestasi belajar Ekonomi siswa SMA Negeri di Kabupaten Karawang. Hal ini ditunjukkan dengan nilai Sig. = 0,000 < 0,05 dan nilai thitung = 4,101
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abidin Yunus, (2014), Desain sistem pembelajaran. Bandung: Refika Aditama.
Amaliah D, ( 2012), Evaluasi pembelajaran. Jakarta: Kencana
Benny. (2009). Model desain sistem pembelajaran. Jakarta: PT. Dian Rakyat
Budimansyah, Dasim, dkk. (2010), Pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan. Bandung: Genesindo
Dimyanti & Mudjiono. (2010), Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara
Fitrah, dkk.. (2014), Pengelolaan kelas dalam pembelajaran strategi guru dalam mengelola kelas. Jakarta: Kencana
Hamalik, O. (2012), Proses melajar mengajar. Jakarta: PT. Pusaka Belajar
Hamzah. B. Uno & Nurdin. (2011). Belajar pendekatan PAIKEM. Jakarta: Bumi Aksara
https://digilibadmin.unismuh.ac.id/upload/19693-Full_Text.pdf
https://repository.uhn.ac.id/bitstream/handle/123456789/2157/ARTIKEL%20PENERAPAN%20BRAINSTORMING.pdf?sequence=1&isAllowed=y
https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/40003/1/Kiki%20Nellasari-FITK
Kartiani, B. Sarlita. (2015). Pengaruh penggunaan metodepPembelajaran dan peran guru terhadap hasil belajar IPS kelas V Kabupaten Lombok Barat NTB. Jurnal pendidikan dasar. Volume 6 Edisi 2, hal 212-221
Kountur, Ronny. (2007). Metode penelitian untuk penulisan Tesis, edisi revisi. Jakarta: penerbit PPM
Mulyasa, (2005), Menjadi guru profesional. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya
Sukmadinata. (2004). Proses pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya
Prihatini, Effiyanti. (2017). Pengaruh model pembelajaran dan peran guru tehadap hasil prestasi belajar IPS. Jurnal formatif. volume 7 no. 2 hlm 171-19
Priansa. (2013). Menjadi kepala sekolah dan guru professional konsep peran strategis dan pengembangannya. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Purwanto. (2013). Evaluasi hasil belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar
Ridwan (2011). Peran guru di lingkungan sekolah. Bandung: Alfabeta
Riyanto & Yatim. (2010). Paradigma baru pembelajaran. Jakarta: Kencana
Rusman. (2010). Model-model pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Sanjaya & Wina. (2010). Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Jakarta: Prenada Media Grup
Sapriya. (2009). Pendidikan IPS. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Sardjiyo, dkk. (2009). Pendidikan IPS di SMA. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Shoimin A. (2014). 68 Model pembelajaran novatif dalam kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Siregar & Hartini. (2010). Teori belajar dan pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia
Slameto. (2013). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Sopriya. (2013). Pendidikan IPS konsep dan pembelajaran. . Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Sudjana, (2013). Penilaian hasil belajar proses belajar mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Suryabrata & Sumardi. (2011). Psikologi pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Sugiyono. (2013). Metode penelitian pendidikan: Pendekatan kuantitati, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Suratmi, Dasti. (2018). Pengaruh model Pembelajaran dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar bahasa indonesia. Jurnal pendidikan bahasa indonesia. volume 1 no. 1, hlm. 3-9
Susilo, dkk. (2009). Kajian ilmu pengetahuan sosial. Salatiga: Widya Sari Press.
Sutikno & sobry. (2014). Metode dan Model-model pembelajaran. Lombok: Holistica
Syah, D. (2009). Strategi belajar ,mengajar. Jakarta: Diadit Media
Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional
Usman. (2013), Menjadi guru professional. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/herodotus.v7i2.20246
Article Metrics
Metrics powered by PLOS ALM
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Meilia Prehartanti; Syahid
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher: Universitas Indraprasta PGRI Address: Fakultas Pascasarjana | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. |
|
Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. |