Pengaruh Persepsi Atas Model Pembelajaran Brainstroming Dan Motivasi Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi (Survei pada SMA Negeri di Karawang)

Meilia Prehartanti(1*), Syahid Syahid(2)

(1) 1: Universitas Indraprasta PGRI Jakarta 2: MI Al-Istiqlal Karawang
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Pengaruh persepsi atas model pembelajaran Motivasi Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Penelitian ini bertujan untuk mengetahui Pengaruh persepsi atas model pembelajaran brainstroming dan Motivasi Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi.Penelitian ini menggunakan penelitian metode penelitian survey, dengan jumlah populasi 870 dan sampel sebanyak 87 dari responden SMA Negeri di Karawang. Hasil membuktikan persepsi atas Model pembelajaran brainstromingdan motivasi  memberikan pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan prestasi belajar Ekonomi. Terdapat pengaruh yang signifikan Persepsi Atas Model Pembelajaran Brainstroming dan motivasi secara bersama-sama terhadap prestasi belajar Ekonomi siswa SMA Negeri di Kabupaten Karawang. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig. 0,000 < 0,05 dan Fhitung = 12,696. Terdapat pengaruh yang signifikan Persepsi Atas Model Pembelajaran Brainstroming terhadap prestasi belajar Ekonomi siswa SMA Negeri di Kabupaten Karawang. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig. sebesar = 0,046< 0,05 dan thitung = 2.021. Terdapat pengaruh yang signifikan motivasi Belajar terhadap prestasi belajar Ekonomi siswa SMA Negeri di Kabupaten Karawang. Hal ini ditunjukkan dengan nilai Sig. = 0,000 < 0,05 dan nilai thitung = 4,101    


Keywords


Model Pembelajaran Brainstorming, Motivasi, Prestasi Belajar Ekonomi

Full Text:

PDF

References


Abidin Yunus, (2014), Desain sistem pembelajaran. Bandung: Refika Aditama.

Amaliah D, ( 2012), Evaluasi pembelajaran. Jakarta: Kencana

Benny. (2009). Model desain sistem pembelajaran. Jakarta: PT. Dian Rakyat

Budimansyah, Dasim, dkk. (2010), Pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan. Bandung: Genesindo

Dimyanti & Mudjiono. (2010), Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Fitrah, dkk.. (2014), Pengelolaan kelas dalam pembelajaran strategi guru dalam mengelola kelas. Jakarta: Kencana

Hamalik, O. (2012), Proses melajar mengajar. Jakarta: PT. Pusaka Belajar

Hamzah. B. Uno & Nurdin. (2011). Belajar pendekatan PAIKEM. Jakarta: Bumi Aksara

https://digilibadmin.unismuh.ac.id/upload/19693-Full_Text.pdf

https://repository.uhn.ac.id/bitstream/handle/123456789/2157/ARTIKEL%20PENERAPAN%20BRAINSTORMING.pdf?sequence=1&isAllowed=y

https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/40003/1/Kiki%20Nellasari-FITK

Kartiani, B. Sarlita. (2015). Pengaruh penggunaan metodepPembelajaran dan peran guru terhadap hasil belajar IPS kelas V Kabupaten Lombok Barat NTB. Jurnal pendidikan dasar. Volume 6 Edisi 2, hal 212-221

Kountur, Ronny. (2007). Metode penelitian untuk penulisan Tesis, edisi revisi. Jakarta: penerbit PPM

Mulyasa, (2005), Menjadi guru profesional. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya

Sukmadinata. (2004). Proses pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya

Prihatini, Effiyanti. (2017). Pengaruh model pembelajaran dan peran guru tehadap hasil prestasi belajar IPS. Jurnal formatif. volume 7 no. 2 hlm 171-19

Priansa. (2013). Menjadi kepala sekolah dan guru professional konsep peran strategis dan pengembangannya. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Purwanto. (2013). Evaluasi hasil belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Ridwan (2011). Peran guru di lingkungan sekolah. Bandung: Alfabeta

Riyanto & Yatim. (2010). Paradigma baru pembelajaran. Jakarta: Kencana

Rusman. (2010). Model-model pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Sanjaya & Wina. (2010). Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Jakarta: Prenada Media Grup

Sapriya. (2009). Pendidikan IPS. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Sardjiyo, dkk. (2009). Pendidikan IPS di SMA. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Shoimin A. (2014). 68 Model pembelajaran novatif dalam kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Siregar & Hartini. (2010). Teori belajar dan pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia

Slameto. (2013). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Sopriya. (2013). Pendidikan IPS konsep dan pembelajaran. . Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Sudjana, (2013). Penilaian hasil belajar proses belajar mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Suryabrata & Sumardi. (2011). Psikologi pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Sugiyono. (2013). Metode penelitian pendidikan: Pendekatan kuantitati, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Suratmi, Dasti. (2018). Pengaruh model Pembelajaran dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar bahasa indonesia. Jurnal pendidikan bahasa indonesia. volume 1 no. 1, hlm. 3-9

Susilo, dkk. (2009). Kajian ilmu pengetahuan sosial. Salatiga: Widya Sari Press.

Sutikno & sobry. (2014). Metode dan Model-model pembelajaran. Lombok: Holistica

Syah, D. (2009). Strategi belajar ,mengajar. Jakarta: Diadit Media

Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional

Usman. (2013), Menjadi guru professional. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/herodotus.v7i2.20246

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Meilia Prehartanti; Syahid

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Fakultas Pascasarjana | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 04.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.