Pengaruh Persepsi atas Media Pembelajaran Audio Visual dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar IPS
(1) fakultas pendidikan ilmu pengetahuan sosial, Madrasah Aliyah Qotrun Nada
(*) Corresponding Author
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh persepsi atas media pembelajaran audio visual dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar IPS siswa Madrasah Tsanawiyah di Kota Depok. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan teknik korelasional regresi linier berganda dengan jumlah sampel 85 siswa. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan persepsi atas media pembelajaran audio visual dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar IPS siswa Madrasah Tsanawiyah di Kota Depok. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai sig.= 0,000 < 0,05 dan Fhitung = 52,148. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan persepsi atas media pembelajaran audio visual terhadap prestasi belajar IPS siswa Madrasah Tsanawiyah di Kota Depok. Hal ini dibuktikan dengan perolehanan nilai Sig. = 0,000 < 0,05 dan thitung 6,267. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan motivas belajar terhadap prestasi belajar IPS siswa Madrasah Tsanawiyah di Kota Depok. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. = 0,000 < 0,05 dan thitung = 3,414
Full Text:
PDFReferences
Ahmad Syafi’i dkk (2018). Studi tentang prestasi belajar siswa dalam berbagai aspek dan faktor yang mempengaruhi.
Arifin, Zainal (2020). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Aritonang, K. T. (2008). Minat dan Motivasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Menabur. 10
Arsyad, Azhar (2017). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press
Dimyati & Mudjiono (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Kunandar (2015). Penilaian Autentik Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013. Jakarta: Rajawali Pers
Mudlofir, Ali & Rusydiyah Evi Fatimatur ( 2017). Desain Pembelajaran Inovatif. Jakarta: Rajawali Pers
Musfiqon, HM (2020) . Pengambangan Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: PT Prestasi Pustakarya
Nana, S.S. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Purwanto (2020). Evalusai Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Rosyid, Zaiful dkk (2019). Ragam media Pembelajaran. Malang: Literasi Nusantra
Sardiman, AM (2016). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers
Saodih, N. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Posdekarya.
Siregar, Julinda (2022). Pengembangan Pendidikan IPS. Jakarta: Unindra Press
Sudjana, Nana (2019). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Sudjana, Nana & Rivai, Ahmad (2020). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo
Suprihatin, S. (2015). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik.
Jurnal Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Muhammadiyah Metro (Vol.3 No.1, 2015) Hlm. 74-76
Suryani, Nunuk dkk (2019). Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Sutirman (2013). Media dan Model-model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Graha Ilmu
Suyono & Hariyanto (2014). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Syah, Muhibbin (2021). Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Pers
Uno, Hamzah B (2019). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara
Wati, Egi Rima (2016). Ragam Media Pembelajaran. Jakarta: Kata Pena
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/herodotus.v7i1.20232
Article Metrics
Metrics powered by PLOS ALM
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Halimatus Sadiyah, Halimatus Sadiyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher: Universitas Indraprasta PGRI Address: Fakultas Pascasarjana | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. |
|
Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. |