Pengaruh Persepsi atas Media Pembelajaran Audio Visual dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar IPS

Halimatus Sadiyah(1*)

(1) fakultas pendidikan ilmu pengetahuan sosial, Madrasah Aliyah Qotrun Nada
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh persepsi atas media pembelajaran audio visual dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar IPS siswa Madrasah Tsanawiyah di Kota Depok. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan teknik korelasional regresi linier berganda dengan jumlah sampel 85 siswa. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan persepsi atas media pembelajaran audio visual dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar IPS siswa Madrasah Tsanawiyah di Kota Depok. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai sig.= 0,000 < 0,05 dan Fhitung = 52,148. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan persepsi atas media pembelajaran audio visual terhadap prestasi belajar IPS siswa Madrasah Tsanawiyah di Kota Depok. Hal ini dibuktikan dengan perolehanan nilai Sig. = 0,000 < 0,05 dan thitung 6,267. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan motivas  belajar terhadap prestasi belajar IPS siswa Madrasah Tsanawiyah di Kota Depok. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. = 0,000 < 0,05 dan thitung = 3,414


Full Text:

PDF

References


Ahmad Syafi’i dkk (2018). Studi tentang prestasi belajar siswa dalam berbagai aspek dan faktor yang mempengaruhi.

Arifin, Zainal (2020). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Aritonang, K. T. (2008). Minat dan Motivasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Menabur. 10

Arsyad, Azhar (2017). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press

Dimyati & Mudjiono (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Kunandar (2015). Penilaian Autentik Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013. Jakarta: Rajawali Pers

Mudlofir, Ali & Rusydiyah Evi Fatimatur ( 2017). Desain Pembelajaran Inovatif. Jakarta: Rajawali Pers

Musfiqon, HM (2020) . Pengambangan Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: PT Prestasi Pustakarya

Nana, S.S. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Purwanto (2020). Evalusai Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Rosyid, Zaiful dkk (2019). Ragam media Pembelajaran. Malang: Literasi Nusantra

Sardiman, AM (2016). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers

Saodih, N. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Posdekarya.

Siregar, Julinda (2022). Pengembangan Pendidikan IPS. Jakarta: Unindra Press

Sudjana, Nana (2019). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Sudjana, Nana & Rivai, Ahmad (2020). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo

Suprihatin, S. (2015). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik.

Jurnal Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Muhammadiyah Metro (Vol.3 No.1, 2015) Hlm. 74-76

Suryani, Nunuk dkk (2019). Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Sutirman (2013). Media dan Model-model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Graha Ilmu

Suyono & Hariyanto (2014). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Syah, Muhibbin (2021). Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Pers

Uno, Hamzah B (2019). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara

Wati, Egi Rima (2016). Ragam Media Pembelajaran. Jakarta: Kata Pena




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/herodotus.v7i1.20232

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Halimatus Sadiyah, Halimatus Sadiyah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Fakultas Pascasarjana | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 04.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.