Pengaruh Model Pembelajaran dan Kemampuan Berpikir Kritis terhadap Hasil Belajar Kepalangmerahan

Iwan Prasetya(1*), Sumaryoto Sumaryoto(2), Heru Sriyono(3)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh interaktif model pembelajaran dan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar kepalangmerahan. Metode yang digunakan adalah eksperimen dengan disain treatment by level 2 x 2 pada Mahasiswa Semester I Prodi. Diploma III Teknologi Bank Darah Akademi Bakti Kemanusiaan Palang Merah Indonesia Tahun Akademik 2023/2024 di Jakarta Selatan. Sampel penelitian terdiri dari 80 responden (40 mahasiswa kelas eksperimen dan 40 mahasiswa kelas kontrol). Pengumpulan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Analisis data terdiri dari pengujian instrumen tes hasil belajar kepalangmerahan dan kuesioner dengan uji validitas, reliabilitas, indeks kesukaran dan daya pembeda. Hasil penelitian (1) Terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif berbasis penyelesaian masalah terhadap hasil belajar kepalangmerahan mahasiswa di perguruan tinggi swasta di Jakarta Selatan dengan nilai Sig. 0,000 < 0,05 dan Fhitung 212,870. (2) Terdapat pengaruh yang signifikan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar kepalangmerahan mahasiswa di perguruan tinggi swasta di Jakarta Selatan dengan nilai Sig. 0,010 < 0,05 dan Fhitung 7,037. (3) Terdapat pengaruh interaktif yang signifikan model pembelajaran dan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar kepalangmerahan mahasiswa di perguruan tinggi swasta di Jakarta Selatan dengan nilai Sig. 0,012 < 0,05 dan Fhitung 5,483.


Full Text:

PDF

References


Adelbert Snijders, (2004). Antropologi Filsafat: Manusia, Paradoks dan Seruan. Yogyakarta: Kanisius.

Ahmad, Z. Arifin. (2012). Perencanaan Pembelajaran Dari Desain Sampai Implementasi. Yogyakarta: Pustaka Insani Madani.

Arifin, E. Zaenal dan Tasai, S. Amran. (2010). Cermat Berbahasa Indonesia. Jakarta: Akademika Pressindo.

Arikunto, Suharsimi. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. (2018). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan.Ed. 3. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Asmani, M. Jamal. (2011). Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Diva Press.

Atabaki, A. M.S., Keshtiaray, N & Yarmohammadian, M. H. (2015). Scrutiny of Critical Thinking Concept. International Education Studies, 8 (3). http://dx.doi.org/10.5539/ies.v8n3p93. Diakses tanggal 20 Mei 2023,

Baharudin dan Esa, N W. (2010). Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Beers, S. Z. (2011). 21st century skills: preparing students for their future. STEM science, technology, engineering, math. Retrived from http://cosee.umaine.edu/files/coseeos/21st_century_skills.pdf. Diakses tanggal 20 Mei 2023.

Choy dan Pou. (2012). Reflective Thinking and Teaching Practices : A Precursor for Incorporating Critical Thinking Into The Classroom?. Intervention a Journal of Instruction. Vol. 5, No. 1.

Daryanto dan Karim, S. (2017). Pembelajaran Abad 21. Yogyakarta: Gava Media.

Dewey, John, 1910, How We Think, Boston: D.C. Heath. Retrivied from https://archive.org/details/howwethink000838mbp. Diakses tanggal 21 Mei 2023.

Dimiyanti dan Mujiono. (2006). Belajar dan Proses Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Djaelani, Solikodin, dkk. (2015). Dasar - Dasar Kependidikan. Tangerang: PT. Pusataka Mandiri.

Djamaluddin, A., Wardhana. (2019). Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: CV. Kaaffah Learning Center.

Elder, L Paul, R. (2008). Critical Thinking Development: A Stage Theory With Implicationn for Instruction, (Online), (http://www.criticalthinking.org). Diakses tanggal 20 Mei 2023.

Ennis, R. H. (1985). A Logical Basic for Measuring Critical Thinking Skills. Association for Supervision and Curriculum Development: Educational Leadership.

Ermayanti dan Sulisworo. (2016). Tingkat Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Setelah Penerapan Model Pembelajaran Student Team Achievment Division (STAD) Pada Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA). Prosiding Seminar Quantum (hlm. 175-181). Universitas Ahmad Dahlan.

Feldman, D. (2020). Berpikir Kritis Strategi Untuk Pengambilan Keputusan. Jakarta Barat: Indeks Penerbit.

Fisher, Alec. (2009). Berpikir Kritis Sebuah Pengantar. Terjemahan; Benyamin Hadinata. Jakarta: Erlangga.

Glenda Cox. (2010). Sustaining Innovations in Educational Technology: Views of Innovators at The University of Cape Town, South Africa. Cape Town: Ascillite Sydney.

Hamalik, Oemar. (2013). Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum. Cet. 5. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Hapsari, S dan Heryani, D. Rosalina. (2019). Metodologi Penelitian Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta: Unindra Press.

Harahap, M. S., Fauzi, R., Nasution, S. W. R., & Nasution, H. N. (2020). Lesson Study Berbasis Point System Terhadap Keaktifan Mahasiswa. Jurnal Education …., 8 (1), 262?266. Repe?re? a? http://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/1525. Diakses tanggal 20 Mei 2023.

Hidayat, Sholeh. (2002). Sistem Pembelajaran Di Perguruan Tinggi. Journal Al-Qalam. UIN Sultan Agung Tirtayasa, Serang, Banten. Vol. 10, No. 93, Hal. 109 - 132. Juni 2002.

Herliani, Didimus, T. B., Elsye, T. M. (2021). Teori Belajar dan Pembelajaran. Klaten: Lakeisha.

Hidayat, Syarif. (2019). Teori dan Prinsip Pendidikan. Tangerang: PT. Pustaka Mandiri.

Hove, G. (2011). Developing critical thinking skills in the high school English classroom. (Unpublished master’s thesis). University of Wisconsin-Stout, WI. Retrieved from https://www2.uwstout.edu/content/lib/thesis/2011/2011hoveg.pdf. Diakses tanggal 21 Mei 2023.

Ibrahim. (2011). Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kreatif Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis - Masalah Yang Menghadirkan Kecerdasan Emosional. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, Yogyakarta. Hlm:109-120.

ICRC Delegasi untuk Indonesia. (2021). Lambang Kemanusiaan. Jakarta: IFRC.

Johnson, B. Elaine. (2011). Contextual Teaching and Learning. California: Corwin Press. Inc.

Joyce, B. and Weil, M. (2015). Model of Teaching. New Jersey: Prentice Hall.

Julinda Siregar. (2022). Pengembangan Pendidikan IPS Dalam Perspektif Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kinerja Guru. Jakarta: Unindra Press.

Khoiri, Nur. (2018). Model - Model Pembelajaran Aktif Di Perguruan Tinggi. Makalah Diskusi Dosen Prodi. Pendidikan Biologi Fakultas Sains dan Teknologi. UIN Walisongo Semarang. April 2018.

Kellet, S. (2006). A Picture of Creative Enterpreneurship; Visual Narrativein Creative Enterprise Education. (Online) (http://www.ncge.com/files/biblio 1002.pdf). Diakses tanggal 20 Mei 2023.

Kerri Spiering & Sheri Erickson. (2006). Study Abroad as Innovation the Diffusion Model to International Education, International Education Journal, 2006, 7 (3), 314-322 ISSN 1443-1475 @ Shannon Research Press,http://iej.com.au. Diakses tanggal 21 Mei 2023.

Kolb, AD. & Boyatzis, R.E. (1999). Experiential Learning Theory, Previous Research and New Direction. CaseWestern Reserve University. (Online) (http://www.d.umn.edu/-kgilbert/educ5165-731/Reading/experiential-learning-theory.pdf). Diakses tanggal 20 Mei 2023.

Kolen, Y. Keladu. (2009). Etika Politik Aristoteles. Maumere: Ledalen.

Komalasari, Koko. (2014). Pembelajaran Kontekstual: Konsep dan Aplikasi. Cet. IV. Bandung: PT. Refika Aditama.

Kusuma, Mochtar. (2016). Evaluasi Pendidikan: Pengantar, Kompetensi dan Implementasi. Yogyakarta: Parama Ilmu.

Kuswana, W. S. (2012). Taksonomi Kognitif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Lubis, Wildansyah. (2021). Budaya Organisasi Perguruan Tinggi. Jakarta: Prenadamedia Group.

Marno dan Idris, M. (2010). Strategi dan Metode Pengajaran, Menciptakan Keterampilan Mengajar yang Efektif dan Edukatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Martono, Nanang. (2014). Sosiologi Pendidikan Michel Foucault: Pengetahuan, Kekuasaan, Disiplin, Hukuman, dan Sensualitas. Depok: PT. Rajagrafindo Persada.

Masganti Sitorus. (2011). Metodologi Penelitian Pendidikan Islam. Medan: IAIN Press.

Mesterjon. (2021). Teori dan Konsep Manajemen Sistem Pembelajaran 4.0. Yogyakarta: Deepublish (CV. Budi Utama).

Mulyadi, S. Basuki, Heru, & Rahardjo, Wahyu. (2016). Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Teori-Teori Baru dalam Psikologi. Depok: PT. Rajagrafindo Persada.

Mulyasa, H.E. (2008). Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan: Kemandirian Guru dan Kepala Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Muslich, M. (2009). Metode Pengambilan Keputusan Kuantitatif. Jakarta: Bumi Aksara.

Nafsiah, S. (2000). Prof. Hembing Pemegang The Star of Asia Award. Jakarta: Prestasi Insani Indonesia.

Novia, R., Julia., & Sujana, A. (2016). Pengaruh Model Problem Based Leraning terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar pada Materi Daur Air. Jurnal Pena Ilmiah. Vol.1(no.1): 641-650.

Nur, S., dkk. (2016). Efektivitas Model Problem Based-Learning (PBL) terhadap hasil belajar mahasiswa prodi pendidikan Biologi Universitas Sulawesi Barat. Jurnal Saintific. Vol.2 (No.2) : 133. /141.

Noviyanti, dkk. (2012). Kepalangmerahan: Suatu Tinjauan dari Aspek Hukum dan Sosial. Jakarta: DPR.RI dan Azza Grafika.

Nurhayati, Eti. (2011). Psikologi Pendidikan Inovatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Palang Merah Indonesia. (2008). Pedoman Pelatih Kepalangmerahan. Bandung: CV. Amisindo Pranawa.

Palang Merah Indonesia. (2009). Manual Diseminasi Kepalangmerahan. Jakarta : Markas PMI Pusat.

Passmore, Jonathan. (2010). Excellence in Coaching. Inggris: London.

Prioyo, A. Eko. (2005). The Spirit of Pluralisme : Menggali Nilai - Nilai Kehidupan, Mencapai Kearifan. Jakarta: PT. Elexs Media Komputindo.

Purwanto, Ngalim. (2010). Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Qomariyah, E. N. (2016). Pengaruh Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis IPS. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. Vol. 23 (No.2) Hal. 132-141.

Ratna Purwati, Hobri, Arif Fatahillah. (2016). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Persamaan Kuadrat Pada Pembelajaran Model Creative Problem Solving. Vol.7, No. 1, Hal 84 - 93, April 2016.

Reksoatmodjo, N. Tedjo. (2010). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. Bandung: PT. Refika Aditama.

Riyanto, Y. (2014). Paradiga baru Pembelajaran. Jakarta: Prenamedia Group.

Rochim, T. (2018). Berpikir Kritis Dan Kreatif. Bandung : ITB Press

Rohman. S. (2021). Berpikir Kritis Kaidah Penerang Untuk Hidup Benar Dan Selamat Menghadapi Banjir Informasi Dan Hoaks. Jakarta : Pustaka Alvabet.

Rusdi, M. (2019). Penelitian Desain dan Pengembangan Pendidikan: Konsep, Prosedur dan Sintesis Pengetahuan Baru. Depok: Rajawali Press.

Rusdi, M. (2020). Penelitian Perlakuan Pendidikan; Perpaduan Penelitian Desain, Penelitian Tindakan, dan Penelitian Eksperimen dalam Permasalahan Kependidikan. Depok: PT. Rajagrafindo Persada.

Rusman. (2018). Model - Model Pembelajaran; Mengembangkan Profesionalisme Guru. Ed. 2. Depok: PT. Rajagrafindo Persada.

Sanjaya, Wina. (2016). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kharisma Putra Utama.

Sardiman, A.M. (2016). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Ed. 1, Cet. 23. Depok: PT. Rajagrafindo Persada.

Simanjuntak. M. F dan Sudibjo. N. (2019). Meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan kemampuan memecahkan masalah siswa melalui pembelajaran berbasis masalah. Journal Of Holistic Matematic Education. Vol.2 (No.2)s hal. 108- 118.

Sukartono. (2018). Revolusi Industri 4.0 dan Dampaknya Terhadap Pendidikan di Indonesia. Makalah Workshop Kependidikan. FIP PGSD Universitas Muhammadiyah Surakarta. Juni 2018.

Suyanta. (2014). Paradigma Dalam Pembelajaran Di Perguruan Tinggi. Makalah Pendidikan Tinggi. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Yogyakarta. Oktober 2014.

Slameto. (2015). Belajar dan Faktor - Faktor yang Mempengaruhi. Ed.Rev. Jakarta: Rineka Cipta.

Suciono, W. (2021). Berpikir Kritis. Jawa Barat: Adanu Abimata.

Sudjana, N. (2010). Dasar - Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Cet-24. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Statistika Untuk Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sujono, A. (2003). Pengantar Statistika Pendidikan. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Sumantri, Syarif. (2015). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sumaryoto. (2022). Panduan Penulisan Skrips/Tugas Akhir, dan Tesis. Cet: VII. Jakarta: Unindra Press.

Suprijono, A. (2017). Model - Model Pembelajaran. Jakarta: Pustaka Pelajar.

Suryani, T., Rahayu, E. M. (2018). Metode Pembelajaran (Modul PKT.04). Kementerian Riset dan Teknologi dan Pendidikan Tinggi: Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah VII.

Sutrisno, Edy. (2020). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana.

Syofyan Siregar. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif: Dilengkapi Perbandingan Perhitungan Manual dan SPSS. Jakarta: Prenada Media Group.

Tarmizi, A. H dan Andi. (2019). Konsep Pendidikan Abad 21: Kepemimpinan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia SD/MI. Jurnal Pendidikan. Pascasarjana Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Vol. 10, No. 1, Hal. 26 - 50, Juni 2019.

Tohirin. (2012). Metode Penelitian Kualitatif Dalam Pendidikan dan Bimbingan Konseling. Depok: PT. Rajagrafindo Persada.

Tu’u, Tulus. (2004). Peran Disiplin Pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta : Grasindo.

Uno, B. Hamzah dan Lamatenggo, N. (2012). Landasan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Uno, B. Hamzah. (2022) Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Wahyudin, D. (2008). Inovasi Pendidikan (Modul Pengantar Pendidikan). Jakarta: Universitas Terbuka.

Widodo. (2017). Metodologi Penelitian Populer dan Praktis. Depok: Rajagrafindo Persada.

Widyoko, E. P. (2017). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Zakiah , L dan Ika Lestari. (2019). Berpikir Kritis Dalam Konteks Pembelajaran. Bogor: Erzatama Karya Abadi.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/herodotus.v7i1.20146

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Iwan Prasetya

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Fakultas Pascasarjana | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 04.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.