Pengaruh Persepsi Atas Kurikulum Tersembunyi Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Sosiologi

Ais Khaerunnisa(1*), Sumaryoto Sumaryoto(2), Yuyun Nuriyah(3)

(1) 1. Mahasiswa Fakultas Pascasarjana Pendidikan IPS Universitas Indraprasta PGRI 2. Pengajar di SMAN 1 Carenang
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Pengaruh persepsi siswa terhadap kurikulum tersembunyi dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar sosiologi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa terhadap kurikulum tersembunyi dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar sosiologi. Metode penelitian yang digunakan adalah survei dengan teknik korelasional yang melibatkan 60 siswa sebagai sampel. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner secara langsung kepada responden. Hasil penelitian menunjukkan Terdapat pengaruh yang signifikan secara kolaboratif persepsi siswa terhadap kurikulum tersembunyi dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar sosiologi siswa SMA Negeri di Kabupaten Serang. Pengaruh yang signifikan tersebut dibuktikan dengan nilai Sig. = 0,000 < 0,05 dan F0 = 19,853. Kedua variabel persepsi siswa terhadap kurikulum tersembunyi dan motivasi belajar memberikan sumbangan sebesar 27,4% terhadap prestasi belajar sosiologi. Terdapat pengaruh yang signifikan persepsi siswa terhadap kurikulum tersembunyi terhadap prestasi belajar sosiologi siswa SMA Negeri di Kabupaten Serang. Pengaruh yang signifikan tersebut dibuktikan dengan nilai Sig. = 0,000 < 0,05 dan t0 = 4,703. Terdapat pengaruh yang signifikan motivasi belajar terhadap prestasi belajar sosiologi siswa SMA Negeri di Kabupaten Serang. Pengaruh yang signifikan tersebut dibuktikan dengan nilai Sig. = 0,026 < 0,05 dan t0 = 2,286.


Keywords


Students’ perception on hidden curriculum, learning motivation, and achievement of learning sosiology

Full Text:

PDF

References


Adang, A., & Yesmil. (2017). Sosiologi Untuk Universitas. Bandung: PT Refika Aditama.

Andrianto, T.T.( 2011). Mengembangkan karakter sukses anak di era cyber. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Arikunto, S. (2006). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktek. Jakarta: RinekaCipta.

Arismantoro. (2008). Tinjauan berbagai aspek character building bagaimana mendidik anak berkarakter. Yogyakarta: Tiara Wacana.

Bertens, K. (2011). Etika. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Creswell, J. W. (2013). Research Design (Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed) edisi ke tiga. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Damsar. (2015). Pengantar Sosiologi Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Eko, H (2013). Pendidikan antikorupsi (edisi revisi). Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Erlangga, Y (2014). Panduan Pendidikan Antikorupsi Untuk Siswa (Menciptakan Budaya Antikorupsi di Sekolah). Jakarta: Esensi Erlangga.

Hartanti, E (2012). Tindak Pidana Korupsi (Edisi Kedua). Jakarta: Sinar Grafika.

Hariyanto, S.M. (2013). Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Hidayatullah, M. F. ( 2010). Guru sejati: Pengembangan insan berkarakter kuat dan cerdas. Surakarta: Yuma Pustaka.

(2010). Pendidikan karakter: Membangun peradaban bangsa. Surakarta: Yuma Pustaka.

Koesoemo, D. (2010). Pendidikan karakter:Strategi mendidik anak di zaman global. Jakarta: Grasindo.

Muhammad, I. (2009). Metode Penelitian Ilmu Sosial. Jakarta: Erlangga

Megawangi, R (2010.) Strategi dan Implementasi Pendidikan Karakter pada Anak Usia Dini. Bogor: Kementerian Pendidikan Nasional

Nasution. (2011). Sosiologi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

(1999. Azas-Azas kurikulum, cet. 3. Jakarta: PT. Bumi Akasara Nurdin, M. (2014). Pendidikan Anti Korupsi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Rafi, A. A. (2006). Terapi Penyakit Korupsi. Jakarta: Republika.

Rakhmat, H (2014). Sosiologi Pendidikan Emile Durkheim. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

. (2011). Pengantar Sosiologi Kurikulum. Jakarta: Rajawali Pers.

Riduwan. (2003). Skala pengukuran variabel-variabel penelitian.Cetakankedua. Bandung :Alfabeta.

, (2009). Pengantar statistika untuk penelitian pendidikan, sosial, komunikasi, ekonomi, dan bisnis.Cetakankedua. Bandung :Alfabeta

Rifa’i, M (2011). Sosiologi pendidikan. Yogyakarta: Ar-uzz Media

Samani, H., & Muchlas. (2012). Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: PT Rosdakarya.

Schaefer, R. (2012). Sosiologi (sociology). Jakarta: Salemba Humanika.

Seuhendra, N. (2002). Pekerjaan rumah yang terbengkalai (catatan 4 tahun reformasi). Jakarta: MTI.

Sudjana, N (2004).Teknik analisis regresi dan korelasi. Bandung: Tarsiti. Sugiyono, (1999). Statistika untuk penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sudjana, N & Ahmad, R. (2007). Media Pengajaran. Bandung : Sinar Baru Algesindo.

Sugiyono. (2017). Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suradi. (2014). Pendidikan Antikorupsi. Yogyakarta: Gava Media.

Quthb, S. (2003). Tafsir Fi Zhilalil Qur’an di Bawah Naungan Al-Qur’an Jilid VII. Jakarta: Gema Insani Press.

Syam, M.N. (1998). Filsafat Kependidikan dan Filsafat Kependidikan Pancasila. Surabaya : Usaha Nasional.

Sunyoto, S (2011). Analisis regresi untuk uji hipotesis. Yogyakarta. Caps

Tirtharahardja, S.,& Umar. (2005). Pengantar Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

The World Justice Project (WJP). (2015). LaporanTentang Indonesia, 19-21 Januari 2015, hlm.13




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/herodotus.v7i2.20119

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Ais Khaerunnisa, Sumaryoto Sumaryoto, Yuyun Nuriyah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Fakultas Pascasarjana | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 04.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.