Pengaruh Motivasi dan Lingkungan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial

Imas Maesaroh(1*), Soeparlan Kasyadi(2), Sumaryati Tjitro Sumarto(3)

(1) Fakultas Pascasarjana Universitas Indraprasta PGRI SMA Islam Nurul Karomah Kota Sukabumi Indonesia
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh motivasi dan lingkungan belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar IPS siswa SMP Negeri di Jakarta Selatan. Sampel yang digunakan 84 siswa sebagai sampel penelitian menggunakan teknik proposional random sampling dengan regresi linear berganda. Berdasarkan hasil hipotesis dan analisis data, disimpulkan sebagai berikut: 1). Terdapat pengaruh yang signifikan motivasi dan lingkungan belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar IPS siswa SMP Negeri di Jakarta Selatan. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig = 0,000 < 0,05 dan Fhitung = 23,531. 2). Terdapat pengaruh yang signifikan motivasi belajar terhadap prestasi belajar IPS siswa SMP Negeri di Jakarta Selatan. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig = 0,002 < 0,05 dan thitung = 3,217. 3). Terdapat pengaruh yang signifikan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar IPS siswa SMP Negeri di Jakarta Selatan. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig = 0,000 < 0,05 dan thitung = 4,545. 


Keywords


IPS Learning Achievement, Motivation, Learning Environment

Full Text:

PDF

References


Agustian, A.G (2015) ESQ (Emotional Spiritual Quotient, Jakarta: Penerbit Arga;

Amalia, I. (2018). Pemahaman konsep matematika siswa. Bandung: UPI

Arends, R. (2018). Belajar untuk mengajar, Learning to Teach.Jakarta: Salemba Humanika.

Arifin, Z. (2016). Evaluasi pembelajaran (Prinsip, Teknik, dan Prosedur), Jakarta: Rosda Karya.

Arikunto, S. (2016). Prosedur penelitian: suatu pendekatan praktik. (Edisi. Revisi). Jakarta: Rineka Cipta

Azzet, A.M (2011) Pendidikan yang membebaskan. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media

Bukhori, M. (2015) Teknik-teknik evaluasi pendidikan, Bandung: Pustaka Pelajar

Dahar, R.W. (2014). Teori belajar dan pembelajaran. Jakarta: Penerbit. Erlangga.

Fakih, M. (2015). Ideologi dalam pendidikan?, pengantar dalam William F.

Oneil, Ideologi-ideologi pendidikan, Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Hasratuddin, “Pembelajaran Matematika Sekarang dan yang akan Datang Berbasis Karakter”, dalam Jurnal Didaktik Matematika volume 1, no. 2, tahun 2014, hal.30

Hevriadhi, I (2014). “Upaya peningkatan prestasi belajar matematika. Yogyakarta: UNY

Hidayatullah, M. F. (2015). Pendidikan karakter membangun peradaban bangsa. Surakarta: Yuma Pustaka.

Dakir. (2018). Dasar-dasar psikologi, Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Mulyasa, E (2019). Profesionalisasi guru dan implementasi kurikulum berbasis kompetensi. Jakarta: Remaja Rosda Karya

Purwanto, N. (2015). Administrasi dan supervisi pendidikan, Edisi Revisi. Bandung: Remaja Rosda Karya

Racham Surya Yunida, “Hubungan Antara Tingkat Kemampuan Numerik dengan Tingkat Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas XI IPA Progam

Ruseffendi. (2016). Pengantar membantu guru mengembangkan kompetensinya dalam pengajaran matematika. Bandung: Tarsito

Riduwan. (2015). Metode riset, Jakarta: Rineka Ciptaan

Santoso, S. (2015). Buku latihan SPSS statistik parametik. Jakarta: PT Elex Media Komputindo Gramedia

Slameto. (2018). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Subini. (2014). Psikologi pembelajaran. Yogyakarta: Mentari

Sudarsono, J. (2013). Sistem pendidikan Nasional. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana, (2015). Penilaian hasil proses belajar mengajar. Bandung: PT. Remaja

Sudjana, (2015). Metode Statistik, Bandung: Tarsito

Sujiono, Y.N. (2015). Metode pengembangan kognitif. Jakarta: Universitas Terbuka.

Sugiyono. (2015). Metode penelitian Admnistrasi, Bandung: Alfabeta

Sugihartono. (2017). Psikologi pendidikan. Yogyakarta: UNY Press

Sujana, C (2012) Cara Mengembangkan komponen kecerdasan, (Yogyakarta: PT INDEKS

Sumanto, W. (2014). Psikologi pendidikan. Jakarta: Bina Aksara

Suryabrata, S. (2016). Psikologi kepribadian, Jakarta: Rajawal

Subini, N. (2014). Mengatasi kesulitan belajar pada anak. Jogjakarta: Javalitera

Sutirna, M. (2015). Perkembangan dan pertumbuhan peserta didik. Yogyakarta: Andi Offset

Syah, M. (2018). Psikologi belajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Wahid, A. (2015). Menumbuhkan bakat dan minat anak. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Winkel, W.S. (2014) Psikologi pengajaran. Yogyakarta: Media Abadi.

Zohar, D $ Ian Marshall (2017), Kecerdasan spiritual. Bandung: Mizan Pustaka,

Zulkardi. (2005). Pendidikan matematika di Indonesia, permasalahan dan upaya penyelesaiannya. Palembang: Percetakan Unsri

Zuriah, N. (2018) Pendidikan moral & budi pekerti dalam perspektif perubahan, Jakarta: Bumi Aksara




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/herodotus.v7i2.20112

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Imas Maesaroh, Soeparlan Kasyadi; Sumaryati Tjitro Sumarto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Fakultas Pascasarjana | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 04.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.