Pengaruh Fasilitas Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial
(1) ADE RIZKI HIDAYAT MAHASISWA UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI
(2) UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI
(3) UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh fasilitas dan motivasi secara bersama-sama terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial, (2) pengaruh fasilitas terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial, (3) pengaruh motivasi terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Penelitian dilakukan pada Madrasah Tsanawiyah Swasta di Kota Depok yaitu, MTs TiQ An-Nizhomiyah dan MTs Irsyadul Athfal yang sama-sama berada di Kelurahan Kalibaru, Kecamatan Cilodong, Kota Depok. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan strategi survei. Populasi penelitian ini berjumlah 706 siswa dengan sampel berjumlah 70 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling dan analisis data yang digunakan menggunakan analisis regresi linier berganda yang dibantu dengan bantuan program IBM SPSS Statistics 22. Dalam mengambil data untuk penelitian ini menggunakan angket dan tes. Hasil penelitian ini yaitu, (1) terdapat pengaruh fasilitas dan motivasi secara bersama-sama terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial, (2) terdapat pengaruh fasilitas terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial, (3) terdapat pengaruh motivasi terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial.
Full Text:
PDFReferences
Aditya, Yusuf D. (2016). Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Resitasi Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Susunan Artikel Pendidikan. 1(2): 165-174. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/SAP/article/viewFile/1023/1004
Alfina, NS,. Harahap, MS,. & Elidra, R. (2021). Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Flipped Classroom Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Di SMA Negeri 1 Angkola Barat. Jurnal MathEdu. 4(1): 97-106. https://journal.ipts.ac.id/index.php/MathEdu/article/download/1777/1391
Arfani, L. (2016). Mengurai Hakikat Pendidikan, Belajar, dan Pembelajaran. Jurnal PPKn dan Hukum. 11(2): 81-97. http://jta.ejournal.unri.ac.id:7680/index.php/JPB/article/viewFile/5160/4838
Busono, GA. (2016). Pengaruh Sistem Pelatihan dan Pengembangan Karyawan Terhadap Kinerja Karyawan PT. PERSADA SAWIT MAS (PSM) Kecamatan Pampangan Kabupaten Ogan Komering Ilir. Muqtashid. 1(1): 81-114. https://jurnal.um-palembang.ac.id/index.php/muqtashid/article/viewFile/266/238
Christiana, E. (2013). Pendidikan Yang Memanusiakan Manusia. Humaniora. 4(1): 398-410. https://journal.binus.ac.id/index.php/Humaniora/article/download/3450/2836
Damanik, BE. 2019. Pengaruh Fasilitas Dan Lingkungan Belajar Terhadap Motivasi Belajar. Jurnal Publikasi Pendidikan. 9(1): 46-52. http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/6299/1/ABSTRAK.pdf
Darmawati, J. 2013. Pengaruh Motivasi Belajar Dan Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa SMA Negeri Di Kota Tuban. Jurnal Ekonomi Pendidikan dan Kewirausahaan. 1(1): 79-90. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jepk/article/download/696/554
Giawa, M., Mahulae, S., Abi, AR., & Silaban, PJ. (2020). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas V SD Negeri 067425 Medan. Jurnal Educatio. 6(2): 327-332. https://ejournal.unma.ac.id/index.php/educatio/article/download/483/360
Habsyi, FY. (2020). Pengaruh Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMA Nusantara Tauro. JUPEK: Jurnal Pendidikan Ekonomi. 2(1): 13-22. http://jurnal.stkipkieraha.ac.id/index.php/jupek/article/download/121/75
Inayah, R., Martono, T., & Sawiji, H. (2013). Pengaruh Kompetensi Guru, Motivasi Belajar Siswa, dan Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Pada Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Lasem Jawa Tengah Tahun Pelajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Insan Mandiri. 1(1): 1-12. https://core.ac.uk/download/pdf/12346718.pdf
Juandi, A,. & Sontani, UT. (2017). Keterampilan Dan Kreatifitas Mengajar Guru Sebagai Determinan Terhadap Prestasi Belajar. (Teachers Theaching Skills and Creativities as a Determinant of The Student Learning Achievment). Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran. 2(2): 242-250. https://pdfs.semanticscholar.org/044f/b3f506e7c3e2cc7f92dc6e765eaefe27e49f.pdf
Kusuma, ZL,. & Subkhan. 2015. Pengaruh Motivasi Belajar Dan Kedisiplinan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMAN 3 Pati Tahun Pelajaran 2013/2014. Economic Education Analysis Journal. 4(1): 164-171. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj/article/download/4693/4329
Emda, Amna. (2017). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal. 5(2): 93-196. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/lantanida/article/download/2838/2064
Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, RS. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Konseling. 4(6): 7911-7915. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/9498/7322
Sholeh, B., & Sa`diah, H. (2018). Pengaruh Motivasi Belajar dan Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar IPS Siswa SMP Nurul Iman Parung Bogor Tahun Pelajaran 2017/2018. PEKOBIS Jurnal Pendidikan, Ekonomi, dan Bisnis. 3(2): 12-20. https://core.ac.uk/download/pdf/337609400.pdf
Wirantasa, U. (2017). Pengaruh Kedisiplinan Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Formatif. 7(1): 83-95. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Formatif/article/download/1272/1456
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/herodotus.v8i2.20101
Article Metrics
Metrics powered by PLOS ALM
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 ADE RIZKI HIDAYAT, Hasbullah Hasbullah, Taufik Taufik

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher: Universitas Indraprasta PGRI Address: Fakultas Pascasarjana | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. |
|
![]() Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. |