Pengaruh Fasilitas Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial

Ade Rizki Hidayat(1*), Hasbullah Hasbullah(2), Taufik Taufik(3)

(1) ADE RIZKI HIDAYAT MAHASISWA UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI
(2) UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI
(3) UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh fasilitas dan motivasi secara bersama-sama terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial, (2) pengaruh fasilitas terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial, (3) pengaruh motivasi terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Penelitian dilakukan pada Madrasah Tsanawiyah Swasta di Kota Depok yaitu, MTs TiQ An-Nizhomiyah dan MTs Irsyadul Athfal yang sama-sama berada di Kelurahan Kalibaru, Kecamatan Cilodong, Kota Depok. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan strategi survei. Populasi penelitian ini berjumlah 706 siswa dengan sampel berjumlah 70 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling dan analisis data yang digunakan menggunakan analisis regresi linier berganda yang dibantu dengan bantuan program IBM SPSS Statistics 22. Dalam mengambil data untuk penelitian ini menggunakan angket dan tes. Hasil penelitian ini yaitu, (1) terdapat pengaruh fasilitas dan motivasi secara bersama-sama terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial, (2) terdapat pengaruh fasilitas terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial, (3) terdapat pengaruh motivasi terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial.


Full Text:

PDF

References


Aditya, Yusuf D. (2016). Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Resitasi Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Susunan Artikel Pendidikan. 1(2): 165-174. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/SAP/article/viewFile/1023/1004

Alfina, NS,. Harahap, MS,. & Elidra, R. (2021). Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Flipped Classroom Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Di SMA Negeri 1 Angkola Barat. Jurnal MathEdu. 4(1): 97-106. https://journal.ipts.ac.id/index.php/MathEdu/article/download/1777/1391

Arfani, L. (2016). Mengurai Hakikat Pendidikan, Belajar, dan Pembelajaran. Jurnal PPKn dan Hukum. 11(2): 81-97. http://jta.ejournal.unri.ac.id:7680/index.php/JPB/article/viewFile/5160/4838

Busono, GA. (2016). Pengaruh Sistem Pelatihan dan Pengembangan Karyawan Terhadap Kinerja Karyawan PT. PERSADA SAWIT MAS (PSM) Kecamatan Pampangan Kabupaten Ogan Komering Ilir. Muqtashid. 1(1): 81-114. https://jurnal.um-palembang.ac.id/index.php/muqtashid/article/viewFile/266/238

Christiana, E. (2013). Pendidikan Yang Memanusiakan Manusia. Humaniora. 4(1): 398-410. https://journal.binus.ac.id/index.php/Humaniora/article/download/3450/2836

Damanik, BE. 2019. Pengaruh Fasilitas Dan Lingkungan Belajar Terhadap Motivasi Belajar. Jurnal Publikasi Pendidikan. 9(1): 46-52. http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/6299/1/ABSTRAK.pdf

Darmawati, J. 2013. Pengaruh Motivasi Belajar Dan Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa SMA Negeri Di Kota Tuban. Jurnal Ekonomi Pendidikan dan Kewirausahaan. 1(1): 79-90. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jepk/article/download/696/554

Giawa, M., Mahulae, S., Abi, AR., & Silaban, PJ. (2020). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas V SD Negeri 067425 Medan. Jurnal Educatio. 6(2): 327-332. https://ejournal.unma.ac.id/index.php/educatio/article/download/483/360

Habsyi, FY. (2020). Pengaruh Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMA Nusantara Tauro. JUPEK: Jurnal Pendidikan Ekonomi. 2(1): 13-22. http://jurnal.stkipkieraha.ac.id/index.php/jupek/article/download/121/75

Inayah, R., Martono, T., & Sawiji, H. (2013). Pengaruh Kompetensi Guru, Motivasi Belajar Siswa, dan Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Pada Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Lasem Jawa Tengah Tahun Pelajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Insan Mandiri. 1(1): 1-12. https://core.ac.uk/download/pdf/12346718.pdf

Juandi, A,. & Sontani, UT. (2017). Keterampilan Dan Kreatifitas Mengajar Guru Sebagai Determinan Terhadap Prestasi Belajar. (Teachers Theaching Skills and Creativities as a Determinant of The Student Learning Achievment). Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran. 2(2): 242-250. https://pdfs.semanticscholar.org/044f/b3f506e7c3e2cc7f92dc6e765eaefe27e49f.pdf

Kusuma, ZL,. & Subkhan. 2015. Pengaruh Motivasi Belajar Dan Kedisiplinan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMAN 3 Pati Tahun Pelajaran 2013/2014. Economic Education Analysis Journal. 4(1): 164-171. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj/article/download/4693/4329

Emda, Amna. (2017). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal. 5(2): 93-196. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/lantanida/article/download/2838/2064

Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, RS. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Konseling. 4(6): 7911-7915. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/9498/7322

Sholeh, B., & Sa`diah, H. (2018). Pengaruh Motivasi Belajar dan Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar IPS Siswa SMP Nurul Iman Parung Bogor Tahun Pelajaran 2017/2018. PEKOBIS Jurnal Pendidikan, Ekonomi, dan Bisnis. 3(2): 12-20. https://core.ac.uk/download/pdf/337609400.pdf

Wirantasa, U. (2017). Pengaruh Kedisiplinan Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Formatif. 7(1): 83-95. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Formatif/article/download/1272/1456




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/herodotus.v8i2.20101

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 ADE RIZKI HIDAYAT, Hasbullah Hasbullah, Taufik Taufik

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Fakultas Pascasarjana | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 04.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.