Pengaruh Persepsi Atas Lingkungan Kerja dan Kompetensi Sosial Guru Terhadap Kinerja Guru
(1) UNINDRA SMAN 75 JAKARTA
(*) Corresponding Author
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui 1).Pengaruh persepsi atas lingkungan kerja dan kompetensi sosial guru secara bersama-sama terhadap kinerja guru SMA Negeri di Jakarta Utara, 2).Pngaruh persepsi atas lingkungan kerja terhadap kinerja guru SMA Negeri di Jakarta Utara, 3).Pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja guru SMA Negeri di Jakarta Utara. Metode penelitian sampel yang digunakan 84 siswa sebagai sampel penelitian menggunakan teknik proposional random sampling dengan regresi linear berganda. Teknis analisis data berdasarkan hasil hipotesis dan analisis data, disimpulkan sebagai berikut : 1).Terdapat pengaruh yang signifikan persepsi atas lingkungan kerja dan kompetensi sosial guru secara bersama-sama terhadap kinerja guru SMA Negeri di Jakarta Utara. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig = 0,000 < 0,05 dan Fhitung = 22,397. 2).Terdapat pengaruh yang signifikan persepsi atas lingkungan kerja terhadap kinerja guru SMA Negeri di Jakarta Utara. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig = 0,002 < 0,05 dan thitung = 3,175. 3).Terdapat pengaruh yang signifikan kompetensi sosial guru terhadap kinerja guru SMA Negeri di Jakarta Utara. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig = 0,000 < 0,05 dan thitung = 4,527
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. (2014). Manajemen penelitian. Jakarta: Rineka Cipta
Asri, M. (2010). Pengelolaan karyawan. Yogyakarta: BPFE
Andiningsih, N.U. (2014). Kualitas dan profesionalisme guru. Jakarta : Alfabeta
Anglin. L (2011) Teching What It?s All About. New York: Publishers
Darmadi, H. (2015). Kemampuan mengajar. Jakarta: Alfa Beta.
Djaali. (2019). Psikologi pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Echols (2013) Profesi guru yang professional. Jakarta : Alfabeta
Furtwengler, D. (2012). Penilaian kinerja. Yogyakarta. Andi.
Majid, A. (2015). Perencanaan pembelajaran: mengembangkan standar kompetensi guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mariana, M. A. (2017). Etos kerja dan kemampuan profesional. Jakarta: Grasindo.
Mulyasa, E. (2014). Menjadi guru profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.
-----------------(2013) Uji kompetensi dan penilaian kinerja guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Muchlas (2015) Etika profesi guru, Jakarta : Rosda Karya
Priansa, D. (2014) Kinerja dan profesionalisme guru. Bandung: Alfabeta
Rosda, D (2014). Paradigma pendidikan demokratis. Jakarta: Kencana
Rusyan, T (2010) Perilaku organisasi. Bandung : Alfabeta
Sandi, O & Aris Suherman (2012) Etika profesi keguruan. Bandung : Refika Aditama.
Simamora, H. (2011). Menejemen sumber daya manusia. Yogyakarta.: Andi
Sobur, A. (2013). Psikologi umum, Bandung: Pustaka Setia.
Soedijarto. (2018). Menerapkan kinerja system pendidikan nasional dalam menyiapkan manusia Indonesia memasuki abad Ke-21. Jakarta: Proyek Perencanaan Terpadu dan Ketenagaan Dikluspora.
Sudirman. (2011). Ilmu pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya
Saud, U.S. (2013). Pengembangan profesi guru. Jakarta: Alfa Beta.
Steppen, R.P.(2010). Prilaku organisasi. Jakarta : Prenhallindo
Supardi (2013) Kinerja guru.Jakarta : Rajawali Pres
Tempel, A. D. (2007). Kepemimpinan. Jakarta : Gramedia,
Usman Moh. Uzer. (2014). Menjadi guru profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Wibowo. (2017). Manajemen kinerja. Jakarta : PT RajagrafindoPersada
Wibowo, M. E. (2016). Peran guru dalam reformasi sekolah, Jakarta: Suara Merdeka.
Yamin, M & Maisah (2010) Standarisasi kinerja guru. Jakarta : Gaung Persada
Zaitun, B. (2010). Faktor-faktor motivasi dalam meningkatkan kinerja. Jakarta: Grasindo
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/herodotus.v7i3.20065
Article Metrics
Metrics powered by PLOS ALM
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Taskilah Tas Taskilah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher: Universitas Indraprasta PGRI Address: Fakultas Pascasarjana | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. |
|
Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. |