Pengaruh Kecerdasan Spiritual Dan Kecerdasan Emosional Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi (Survei Pada SMK Swasta di Jakarta Utara)
(1) Guru SMK Hang Tuah 2 Jakarta
(2) Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta, Indonesia
(3) Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta, Indonesia
(*) Corresponding Author
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui 1).Pengaruh kecerdasan spiritual dan kecerdasan emosional secara bersama-sama terhadap prestasi belajar akuntansi siswa SMK Swasta di Jakarta Utara, 2).Pengaruh kecerdasan spiritual terhadap prestasi belajar akuntansi siswa SMK Swasta di Jakarta Utara, 3).Pengaruh kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar akuntansi siswa SMK Swasta di Jakarta Utara. Sampel yang digunakan 84 siswa sebagai sampel penelitian menggunakan teknik proposional random sampling dengan uji regresi linear berganda. Berdasarkan hasil hipotesis dan analisis data, disimpulkan sebagai berikut : 1).Terdapat pengaruh yang signifikan kecerdasan spiritual dan kecerdasan emosional secara bersama-sama terhadap prestasi belajar akuntansi siswa SMK Swasta di Jakarta Utara. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig = 0,000 < 0,05 dan Fhitung = 19,285. 2).Terdapat pengaruh yang signifikan kecerdasan spiritual terhadap prestasi belajar akuntansi siswa SMK Swasta di Jakarta Utara. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig = 0,002 < 0,05 dan thitung = 3,141. 3).Terdapat pengaruh yang signifikan kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar akuntansi siswa SMK Negeri di Jakarta Utara. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig = 0,000 < 0,05 dan thitung = 4,057
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agustian, A.G (2015) ESQ (Emotional Spiritual Quotient, Jakarta: Penerbit Arga;
Amalia, I. (2018). Pemahaman konsep matematika siswa. Bandung: UPI
Arends, R. (2018). Belajar untuk mengajar, Learning to Teach.Jakarta: Salemba Humanika.
Arifin, Z. (2016). Evaluasi pembelajaran (Prinsip, Teknik, dan Prosedur), Jakarta : Rosda Karya.
Arikunto, S. (2016). Prosedur penelitian : suatu pendekatan praktik. (Edisi. Revisi). Jakarta : Rineka Cipta
Azzet, A.M (2011) Pendidikan yang membebaskan. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media
Bukhori, M. (2015) Teknik-teknik evaluasi pendidikan, Bandung: Pustaka Pelajar
Dahar, R.W. (2014). Teori belajar dan pembelajaran. Jakarta : Penerbit. Erlangga.
Fakih, M. (2015). Ideologi dalam pendidikan?, pengantar dalam William F. Oneil, Ideologi-ideologi pendidikan, Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Hasratuddin, “Pembelajaran Matematika Sekarang dan yang akan Datang Berbasis Karakter”, dalam Jurnal Didaktik Matematika volume 1, no. 2, tahun 2014, hal.30
Hevriadhi, I (2014). “Upaya peningkatan prestasi belajar matematika. Yogyakarta : UNY
Hidayatullah, M. F. (2015). Pendidikan karakter membangun peradaban bangsa. Surakarta: Yuma Pustaka.
Dakir. (2018). Dasar-dasar psikologi, Yogyakarta : Pustaka Pelajar
Mulyasa, E (2019). Profesionalisasi guru dan implementasi kurikulum berbasis kompetensi.Jakarta : Remaja Rosda Karya
Racham Surya Yunida, “Hubungan Antara Tingkat Kemampuan Numerik dengan Tingkat Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas XI IPA Progam
Purwanto, N. (2015). Administrasi dan supervisi pendidikan, Edisi Revisi. Bandung: Remaja Rosda Karya
Ruseffendi. (2016). Pengantar membantu guru mengembangkan kompetensinya dalam pengajaran matematika. Bandung: Tarsito
Riduwan. (2015). Metode riset, Jakarta : Rineka Ciptaan
Santoso, S. (2015). Buku latihan SPSS statistik parametik. Jakarta: PT Elex Media Komputindo Gramedia
Slameto. (2018). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Subini. (2014). Psikologi pembelajaran. Yogyakarta: Mentari
Sudarsono, J. (2013). Sistem pendidikan Nasional. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudjana, (2015). Penilaian hasil proses belajar mengajar. Bandung: PT. Remaja
Sudjana, (2015). Metode Statistik, Bandung : Tarsito
Sujiono, Y.N. (2015). Metode pengembangan kognitif. Jakarta : Universitas Terbuka.
Sugiyono. (2015). Metode penelitian Admnistrasi, Bandung : Alfabeta
Sugihartono. (2017). Psikologi pendidikan. Yogyakarta: UNY Press
Sujana, C (2012 ) Cara Mengembangkan komponen kecerdasan, (Yogyakarta: PT INDEKS
Sumanto, W. (2014). Psikologi pendidikan. Jakarta: Bina Aksara
Suryabrata, S. (2016). Psikologi kepribadian, Jakarta : Rajawal
Subini, N..(2014).Mengatasi kesulitan belajar pada anak. Jogjakarta: Javalitera
Sutirna, M. (2015). Perkembangan dan pertumbuhan peserta didik. Yogyakarta : Andi Offset
Syah, M. (2018). Psikologi belajar. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
Wahid, A. (2015). Menumbuhkan bakat dan minat anak. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Winkel, W.S. (2014) Psikologi pengajaran. Yogyakarta: Media Abadi.
Zohar, D $ Ian Marshall (2017), Kecerdasan spiritual. Bandung: Mizan Pustaka,
Zulkardi. (2005). Pendidikan matematika di Indonesia, permasalahan dan upaya penyelesaiannya.Palembang: Percetakan Unsri
Zuriah, N. (2018) Pendidikan moral & budi pekerti dalam perspektif perubahan,. Jakarta: Bumi Aksara
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/herodotus.v7i3.20042
Article Metrics
Metrics powered by PLOS ALM
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Ahmad Arief Fakhruddin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher: Universitas Indraprasta PGRI Address: Fakultas Pascasarjana | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. |
|
Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. |