Pengaruh Minat Belajar Dan Kreativitas Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial
(1) Universitas Indraprasta PGRI SD Islam Al Azhar 19
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author
Abstract
Pengaruh Minat Belajar dan Kreativitas Siswa terhadap Prestasi Belajar IPS. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Minat Belajar dan Kreativitas Siswa terhadap Prestasi Belajar IPS. Metode penelitian yang digunakan adalah survei dengan teknik korelasional dengan jumlah sampel 60 siswa. Hasil penelitian menunjukkan Terdapat pengaruh yang signifikan Minat Belajar dan Kreativitas Siswa secara bersama-sama terhadap prestasi belajar IPS siswa SMP Swasta di Kota Bekasi. Pengaruh yang signifikan tersebut dibuktikan dengan nilai Sig.=0,000<0,05 dan F0=45,189. Kedua variabel Minat Belajar dan Kreativitas Siswa memberikan sumbangan sebesar 61,3% terhadap prestasi belajar IPS. Terdapat pengaruh yang signifikan Minat Belajar terhadap prestasi belajar IPS siswa SMP Swasta di Kota Bekas. Pengaruh yang signifikan tersebut dibuktikan dengan nilai Sig.=0,000<0,05 dan t0=4,273. Variabel Minat Belajar memberikan sumbangan sebesar 27,6% terhadap prestasi belajar IPS. Terdapat pengaruh yang signifikan Kreativitas Siswa terhadap prestasi belajar IPS siswa SMP Swasta di Kota Bekas. Pengaruh yang signifikan tersebut ditunjukkan dengan nilai Sig.=0,000<0,05 dan t0=4,954. Variabel ini memberikan sumbangan sebesar 33,7% terhadap prestasi belajar IPS.
Full Text:
PDFReferences
Abdullah, S.I (2016). Aplikasi Komputer Dalam Penyusunan Karya Ilmiah. Tangerang: Pustaka Mandiri.
Arikunto, S. (2005). Dasar-dasar, Evaluasi Pendidikan ,Jakarta; Bumi Aksara.
------------(2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta Boulden, G.P.(2006). Mengembang kan Kreativitas Anda. Trrj. Ferdinan Fuad.
Yogkyakarta: Dolphin book.
Chaplin, J.P. (2000). Kamus Lengkap Psikologi, terj. Kartini Kartono, Jakarta: Raja Grafindo.
Curtis, D.B. (2005). Komunikasi Bisnis dan Profesional, Terjemahan Nanan Kandagasari. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Djamarah, S.B. (2002). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Dryden, G., & Vos, J. (2000). Revolusi Cara Belajar, Terjemahan Ahmad Baiquni, Bandung : Kaifa.
Hurlock, E.B. (2001). Perkembangan Anak, Jilid 2. Jakarta Erlangga Irwanto, (2002) . Psikologi Umum. Jakarta : Prenhallindo.
Lauster, P. (2002). Tes Kepribadian. Jakarta: Gaya Media Pratama
Mulyana, D.(2001). Ilmu Komunikasi Sebagai suatu pengantar. Bandung PT. Remaja Rosdakarya.
Munandar, U.( 2009). Pengembanga Kreativitas Anak Berbakat, Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Nasution. S. (1995). Didaktik Azas-azas Mengajar, Jakarta: Bumi Aksara.
Numan S (2001). Menggagas Pembaharuan Pendidikan IPS. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Prasetyo, B. (2006). Metode Penelitian Kuwantitatif: Teori dan aplikasi.Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Rakhmat, J.( 2003). Psikologi Komunikasi. Bandmg: Rosda Karya.
Robbins, S.P.(2006). Perilaku Organisasi. Terjemahan: Benyamin Molan. Jakarta: Indeks.
Sardiman, A.M. (2005). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Graindo Persada
Semiawan, C.R (2009). Kreativitas Keberbakatan, Jakarta : PT. indek.
Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi nya. Jakarta Rineka Cipta.
Solomon, M. R. (2004). Constumer Behavior: Buying, Having and Being. USA: Prentice Hall.
Sudjana. (2005). Metode Statistika. Bandmg: Tarsito.
Sujanto, A. (2004). Psikologi Kepribadian. Jakarta : PT Bumi Aksara.
Syah, M. (2008). Psikologi Pendidikan, Suatu Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosda Karya
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/herodotus.v7i2.20031
Article Metrics
Metrics powered by PLOS ALM
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Nardiyanto - Nardiyanto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher: Universitas Indraprasta PGRI Address: Fakultas Pascasarjana | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. |
|
Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. |