Pengaruh Persepsi Atas Media Pembelajaran Dan Minat Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Pada Mts Swasta Di Kota Jakarta Pusat

Eni Karmila(1*), Sumaryoto Sumaryoto(2), Taufik Taufik(3)

(1) Universitas Indra Prasta PGRI Jakarta
(2) Universitas Indra Prasta PGRI Jakarta
(3) Universitas Indra Prasta PGRI Jakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Pengaruh Persepsi atas Media Pembelajaran dan Minat Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Persepsi atas Media Pembelajaran dan Minat Terhadap Ilmu Pengetahuan Sosial. Penelitian ini menggunakan penelitian Media penelitian survey, dengan jumlah populasi 633 dan sampel sebanyak 95 dari responden MTs Swasta di Kota Jakarta Pusat, dan menggunakan teknik analisis data untuk pembuktian hipotesis digunakan analisis korelasi dan regresi dengan menggunakan program aplikasi SPSS 24.00. Hasil membuktikan Pengetahuan Sosial siswa MTs Swasta di Kota Jakarta Pusat. Secara bersama-sama, persepsi atas media pembelajaran dan minat belajar memberikan kontribusi yang nyata terhadap peningkatan prestasi belajar, yang dibuktikan dengan nilai Sig. 0,000 < 0,05 dan Fhitung = 19,233. Secara parsial, persepsi atas media pembelajaran berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar dengan nilai Sig. 0,011 < 0,05 dan thitung = 2,596, sedangkan minat belajar juga menunjukkan pengaruh signifikan dengan nilai Sig. 0,000 < 0,05 dan thitung = 4,716.


Keywords


Persepsi atas Media Pembelajaran, Minat, Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial.

Full Text:

PDF

References


Ahmad, Susanto.(2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Ardianto Widi. (2020). Karya Inovasi Guru Pengerak. Semarang: Qahar Publisher

Arum Faiza, Sabila J. Firda. (2019). Arus Metamorfosa Milenial. Kendal: Ernest, 29.

Nufus, Titin Hayati. (2022). Pengaruh Persepsi Atas Media Pembelajaran Dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (Survey pada SMP Negeri di Kota Serang). ( Tesis) Sekolah Pascasarjana, Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta

Priyatno duwi. (2009). Belajar Mudah Internet. Yogyakarta: Mediakom

Sabri, Alisuf, (2007). Psikologi Pendidikan. Jakatra: PT Pedoman Ilmu Jaya

Sanjaya Wina. (2016). Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media

Satori, Djam’an,dkk. (2011). Media Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Alfabeta

Shaleh Rahman Abdul. (2004). Psikologi Suatu Pengantar. Jakarta: PT Prenada Media

Slameto. (2003). Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Slameto. (2010). Belajar Dan Faktor Yang Mempengaruhinya. Bandung: Rineka Cipta

Slameto. (2013) Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Kencana

Sudjana, Nana. (2004). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensido Offset

Sutratinah Tirtonegoro. (2001). .Anak Super Normal dan Program Pendidikannya. Jakarta: Bina Aksara.

Tim Pena Cendikia. Wahana Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas 4 SD Semester Kedua. Yudhistira.58

Trygu. (2020). Menggagas Konsep Minat Belajar Matematika Gunungsitoli: Guepedia The Firs On-Publisher In Indonesia, 2020,Edy)11




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/herodotus.v8i2.19980

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Eni Karmila, Sumaryoto Sumaryoto, Taufik Taufik

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Fakultas Pascasarjana | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 04.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.