Pengaruh Persepsi Pemanfaatan Sumber Belajar dan Praktik Kerja Lapangan terhadap Kemampuan Pemanduan Wisata

Romy Raden Machmud(1*), Mamik Suendarti(2), Hasbullah Hasbullah(3)

(1) Postgraduate Faculty Indraprasta PGRI University Budi Agung Tourism Vocational Highschool
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan sumber belajar dan Praktik Kerja Lapangan secara bersama-sama terhadap kemampuan pemanduan wisata. Untuk membuktikan hipotesis penelitian ini, penulis menggunakan metode pengumpulan data berupa data kepustakaan (library research) dan data lapangan (field research) dengan instrumen pengumpulan data melalui kuesioner/angket, dengan pendekatan jenis penelitian kuantitatif. Untuk pengolahan dan analisis data, penulis menggunakan teknik analisis statistik deskriptif. Sementara untuk uji persyaratan data penulis melakukan Uji Normalitas Kolmogorov Smirnov dan Uji Linieritas serta Uji Multikolinieritas. Penulis dalam hal ini menggunakan Analisis Korelasi dan Analisis Regresi menggunakan ANOVA dua arah. Hasil pengujian hipotesis diperoleh kesimpulan Terdapat pengaruh yang signifikan dari persepsi pemanfaatan sumber belajar dan Praktik Kerja Lapangan secara bersama-sama terhadap kemampuan pemanduan wisata. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig= 0,000<0,05 dan Fh 53,822. Terdapat pengaruh yang signifikan dari persepsi pemanfaatan sumber belajar terhadap kemampuan pemanduan wisata. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig= 0,000<0,05 dan Fh 4,169. Terdapat pengaruh yang signifikan dari Praktik Kerja Lapangan terhadap kemampuan pemanduan wisata. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig= 0,000<0,05 dan Th 9,752.


Keywords


Sumber Belajar; Praktik Kerja Lapangan; Pemanduan Wisata; SMK; Museum.

Full Text:

PDF

References


Ali, R. Moh. (2005). Pengantar Ilmu Sejarah Indonesia. Malang: LKIS Pelangi Aksara.

Arikunto, Suharsimi. (2005). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Dale, Edgar. (2009). Audio-Visual Methods in Teaching. University of Michigan.

Hamalik, Oemar. (2001). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Jauhari, V. (2013). Building Employability in Hospitally Industry. Journal Worldwide Hospitality and Tourism Themes, (Online), 5(3): 268--276, (http://dx.doi.org/10.1108/WHATT-02-2013-0009, diakses 15 Maret 2023).

Kuntowijoyo. (1995). Pengantar Ilmu Sejarah. Yogjakarta: Yayasan Bentang Budaya.

Marpaung, Happy dan Bahar, Herman. (2002). Pengantar Pariwisata. Bandung: Alfabeta.

Mustika, Cahya Ria, Nurjanah, Nunung & Chisbiyah, Lismi Animatul (2017). Pengaruh Praktik Kerja Lapangan terhadap Soft Skill Siswa SMK Bidang Keahlian Jasa Boga di Kota Malang. Universitas Negeri Malang. Teknologi dan Kejuruan, Vol. 40, No. 2, September 2017: 147-156.

Natawidjaja. (1979). Menimba Ilmu dari Museum. Jakarta: Balai Pustaka.

Paula, Findlen. (1989). The Museum: It’s Classical Etymology and Renaissance Genealogy. Baltimore: University Press.

Pendit, Nyoman, S. (2006). Ilmu Pariwisata: Sebuah Pengantar Perdana. Jakarta: Pradnya Paramita.

Percival, Fred dan Ellington, Henry. (1988). Handbook of Educational Technology. London: Kogan Page.

Rohani, Ahmad dan Ahmadi, Abu. (1991). Pengelolaan Perjalanan. Jakarta: Rineka Cipta.

Singarimbun, Masri dan Effendi, Sofian. (2006). Metode Penelitian Survei. Jakarta: Penerbit LP3ES.

Sudjana, Nana dan Rivai, Ahmad. (2009). Teknologi Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sugiyono. (2007). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: CV. Alfabeta.

Supranto, J. (2001). Statistik: Teori & Aplikasi Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Suyitno. (2005). Pemanduan Wisata. Tangerang: Graha Ilmu.

Undang-Undang Dasar Republik Indonesia Tahun 1945, Amandemen III.

Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 jo. Undang-Undang Republik Indonesia No. 2 Tahun 1989, tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 17 Tahun 2010 tentang Penyelenggaraan dan Pengelolaan Pendidikan.

Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah No. 330/D.D5/KEP/KR/2017 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Muatan Nasional.

Syaputra, Een & Sariyatun (2019). Pembelajaran Sejarah di Abad 21 (Telaah Teoritis terhadap Model dan Materi). Yupa: Historical Studies Journal, Vol. 3, No. 1, 2019: 18-27.

Wirokusumo, Iskandar dan Mustaji. (1989). Pengelolaan Sumber Belajar. Surabaya: University Press IKIP Surabaya.

Wulandari, Arum Kartika & Prajanti, Sucihatiningsih Dian Wisika (2017). Pengaruh Praktik Kerja Lapangan, Bimbingan Karir, dan Motivasi Kerja, terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas XII SMK Negeri 1 Karanganyar di Kabupaten Kebumen. Economic Education Analysis Journal, Vol. 3, No. 1, 2016.

Yoeti, Oka, A. (1983). Pengantar Ilmu Pariwisata. Bandung: Angkasa.

___________. (1983). Guiding System. Jakarta: Pradnya Paramita.

___________. (2006). Tours and Travel Management. Jakarta: Pradnya Paramita.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/herodotus.v7i2.19934

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Romy Raden Machmud, Mamik Suendarti, Hasbullah Hasbullah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Fakultas Pascasarjana | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 04.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.