Pengaruh Persepsi Atas Metode Pembelajaran Dan Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Prestasi Belajar Sosiologi (Survei pada SMA Negeri di kota Depok)

Sri Irlandarini(1*)

(1) Mahasiswa Pascasarjana Indraprasta Guru SMAN 6 Depok
(*) Corresponding Author

Abstract


Prestasi belajar siswa ditentukan oleh banyak faktor. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh persepsi atas metode pembelajaran dan kompetensi pedagogik guru secara bersama-sama terhadap prestasi belajar sosiologi siswa SMA Negeri di Kota Depok. Metode yang digunakan adalah metode korelasi regresi linier berganda dengan jumlah sampel 80 siswa. Hasil penelitian menunjukkan Terdapat pengaruh yang signifikan Persepsi atas Metode Pembelajaran & Kompetensi Pedagogik Guru secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Sosiologi siswa SMA Negeri di Kota Depok dengan nilai Sig= 0,000<0,05 & Fh= 41.275. Berdasarkan hasil uji Determinasi, kontribusi pengaruh dari variabel independen Persepsi atas Metode Pembelajaran & Kompetensi Pedagogik Guru terhadap variabel dependen Prestasi Belajar dalam penelitian ini sebesar 71,9% sedangkan sisanya 28,1% dipengaruhi oleh faktor lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Terdapat pengaruh yang signifikan Persepsi atas Metode Pembelajaran terhadap Prestasi Belajar siswa SMA Negeri di kota Depok dengan nilai Sig= 0,00<0,05 & th= 3.951. Terdapat pengaruh yang signifikan Persepsi atas Metode Pembelajaran terhadap Prestasi Belajar siswa SMA Negeri di kota Depok dengan nilai Sig= 0,00<0,05 & th = 2.931


Keywords


Metode pembelajaran ; pedagogik ; Prestasi belajar

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Andri Kurniawan dkk, (2022), Metode Pembelajaran Di Era Digital 4.0, Padang, PT global eksekutif teknologi

Baharuddin. (2009). Teori Belajar dan Pembelajaran. Motivasi 22. Yogyakarta: PT. Armuz Media.

Buchari, Z. (2001). Manajemen dan Motivasi. Jakarta: Balai Aksara.

Crow, L. D. & Alice, C. (2005). Psychology Pendidikan. Yogyakarta: Nur Cahaya.

Darmadi, H. (2010). Kemampuan Dasar Mengajar Landasan Konsep dan implementasi. Bandung: Alfabeta.

Dwijayanti, P. (2009). Pengaruh Kecerdasan Intelektual terhadap Pemahaman Akuntansi. Jakarta. Jayakerta

Faturrahman. (2009). Startegi Belajar Mengajar. Bandung: PT. Beflla Alitam.

HM. Hatta , HSM.Ap, (2018) Empat Kompetensi untuk membangun kompetensi guru, Sisdoarjo Nizamia Learning Center

Journal of Work Place Learning, 11 : 73. http : Emeraldinsight.com. Insight.

Martin, H. (2002). Motivasi Daya Penggerak Tingkah laku. Yogyakarta: Kanisini.

Moh. Zaiful Rosyid, (2020), Prestasi belajar, Malang, Literasi Nusantara,

Mulyana, E. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: Rosdakarya.

Muhamad Afandi, S.Pd., M.Pd dkk, (2013), model dan metode pembelajaran di sekolah, Semarang, Unisula

Ismundar, U. (2002). Pengembanga,,n Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.

Ngalini, P. (2002). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT. Rosda Karya.

Oemar, H. (2005). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/herodotus.v7i2.19907

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Sri Sri Irlandarini

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Fakultas Pascasarjana | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 04.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.