Pengaruh Persepsi Atas Metode Pembelajaran Dan Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Prestasi Belajar Sosiologi (Survei pada SMA Negeri di kota Depok)
(1) Mahasiswa Pascasarjana Indraprasta Guru SMAN 6 Depok
(*) Corresponding Author
Abstract
Prestasi belajar siswa ditentukan oleh banyak faktor. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh persepsi atas metode pembelajaran dan kompetensi pedagogik guru secara bersama-sama terhadap prestasi belajar sosiologi siswa SMA Negeri di Kota Depok. Metode yang digunakan adalah metode korelasi regresi linier berganda dengan jumlah sampel 80 siswa. Hasil penelitian menunjukkan Terdapat pengaruh yang signifikan Persepsi atas Metode Pembelajaran & Kompetensi Pedagogik Guru secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Sosiologi siswa SMA Negeri di Kota Depok dengan nilai Sig= 0,000<0,05 & Fh= 41.275. Berdasarkan hasil uji Determinasi, kontribusi pengaruh dari variabel independen Persepsi atas Metode Pembelajaran & Kompetensi Pedagogik Guru terhadap variabel dependen Prestasi Belajar dalam penelitian ini sebesar 71,9% sedangkan sisanya 28,1% dipengaruhi oleh faktor lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Terdapat pengaruh yang signifikan Persepsi atas Metode Pembelajaran terhadap Prestasi Belajar siswa SMA Negeri di kota Depok dengan nilai Sig= 0,00<0,05 & th= 3.951. Terdapat pengaruh yang signifikan Persepsi atas Metode Pembelajaran terhadap Prestasi Belajar siswa SMA Negeri di kota Depok dengan nilai Sig= 0,00<0,05 & th = 2.931
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Andri Kurniawan dkk, (2022), Metode Pembelajaran Di Era Digital 4.0, Padang, PT global eksekutif teknologi
Baharuddin. (2009). Teori Belajar dan Pembelajaran. Motivasi 22. Yogyakarta: PT. Armuz Media.
Buchari, Z. (2001). Manajemen dan Motivasi. Jakarta: Balai Aksara.
Crow, L. D. & Alice, C. (2005). Psychology Pendidikan. Yogyakarta: Nur Cahaya.
Darmadi, H. (2010). Kemampuan Dasar Mengajar Landasan Konsep dan implementasi. Bandung: Alfabeta.
Dwijayanti, P. (2009). Pengaruh Kecerdasan Intelektual terhadap Pemahaman Akuntansi. Jakarta. Jayakerta
Faturrahman. (2009). Startegi Belajar Mengajar. Bandung: PT. Beflla Alitam.
HM. Hatta , HSM.Ap, (2018) Empat Kompetensi untuk membangun kompetensi guru, Sisdoarjo Nizamia Learning Center
Journal of Work Place Learning, 11 : 73. http : Emeraldinsight.com. Insight.
Martin, H. (2002). Motivasi Daya Penggerak Tingkah laku. Yogyakarta: Kanisini.
Moh. Zaiful Rosyid, (2020), Prestasi belajar, Malang, Literasi Nusantara,
Mulyana, E. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: Rosdakarya.
Muhamad Afandi, S.Pd., M.Pd dkk, (2013), model dan metode pembelajaran di sekolah, Semarang, Unisula
Ismundar, U. (2002). Pengembanga,,n Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.
Ngalini, P. (2002). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT. Rosda Karya.
Oemar, H. (2005). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/herodotus.v7i2.19907
Article Metrics
Metrics powered by PLOS ALM
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Sri Sri Irlandarini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher: Universitas Indraprasta PGRI Address: Fakultas Pascasarjana | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. |
|
Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. |