Pengaruh Model Pembelajaran Brainstorming dan Peran Guru terhadap Hasil Belajar Ekonomi
(1) 1. Universitas Indraprasta PGRI Jakarta 2. MI Al-Istiqlal Karawang
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran terhadap hasil belajar terkait materi manajemen di sekolah, pengaruh peran guru terhadap hasil belajar, pengaruh interaksi yang signifikan penggunaan model pembelajaran dan peran guru terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan dengan metode eksperimen. Populasi adalah siswa kelas X SMA Negeri di Karawang dengan besar sampel di SMA Negeri 1 Klari sebanyak 40 siswa dan di SMA Negeri 2 Klari sebanyak 40 siswa. dengan teknik nonprobability yaitu sampling purposive. Pengumpulan data dengan pemberian tes soal Ekonomi dan angket Peran Guru. Analisa data terdiri dari pengujian instrument penelitian dengan uji validitas dan realibitas, selanjutnya dilakukan uji persyaratan analisis dengan uji normalitas dan homogenitas. Hasil pengujian hipotesis diperoleh dari kesimpulan sebagai berikut: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan Metode Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Ekonomi siswa SMA Negeri di Karawang. Hal ini dibuktikan dengan perolehan sig. =0,15 < 0,05 dan Fhitung = 6,625. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan Peran Guru terhadap Hasil Belajar Ekonomi siswa SMA Negeri di Karawang. Hal ini dibuktikan dengan perolehan sig. =0, 000 < 0,05 dan Fhitung = 69,744. 3) Terdapat pengaruh interaktif yang tidak signifikan Metode Pembelajaran dan Peran Guru terhadap Hasil Belajar Ekonomi siswa SMA Negeri di Karawang. Hal ini dibuktikan dengan perolehan sig. =0,327 > 0,05 dan Fhitung = 0,974
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abidin Yunus, (2014), Desain sistem pembelajaran. Bandung: Refika Aditama.
Amaliah D, ( 2012), Evaluasi pembelajaran. Jakarta: Kencana
Benny. (2009). Model desain sistem pembelajaran. Jakarta: PT. Dian Rakyat
Budimansyah, Dasim, dkk. (2010), Pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan. Bandung: Genesindo
Dimyanti & Mudjiono. (2010), Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara
Fitrah, dkk.. (2014), Pengelolaan kelas dalam pembelajaran strategi guru dalam mengelola kelas. Jakarta: Kencana
Hamalik, O. (2012), Proses melajar mengajar. Jakarta: PT. Pusaka Belajar
Hamzah. B. Uno & Nurdin. (2011). Belajar pendekatan PAIKEM. Jakarta: Bumi Aksara
https://digilibadmin.unismuh.ac.id/upload/19693-Full_Text.pdf
https://repository.uhn.ac.id/bitstream/handle/123456789/2157/ARTIKEL%20PENERAPAN%20BRAINSTORMING.pdf?sequence=1&isAllowed=y
https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/40003/1/Kiki%20Nellasari-FITK
Kartiani, B. Sarlita. (2015). Pengaruh penggunaan metodepPembelajaran dan peran guru terhadap hasil belajar IPS kelas V Kabupaten Lombok Barat NTB. Jurnal pendidikan dasar. Volume 6 Edisi 2, hal 212-221
Kountur, Ronny. (2007). Metode penelitian untuk penulisan Tesis, edisi revisi. Jakarta: penerbit PPM
Mulyasa, (2005), Menjadi guru profesional. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya
Sukmadinata. (2004). Proses pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya
Prihatini, Effiyanti. (2017). Pengaruh model pembelajaran dan peran guru tehadap hasil prestasi belajar IPS. Jurnal formatif. volume 7 no. 2 hlm 171-19
Priansa. (2013). Menjadi kepala sekolah dan guru professional konsep peran strategis dan pengembangannya. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Purwanto. (2013). Evaluasi hasil belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar
Ridwan (2011). Peran guru di lingkungan sekolah. Bandung: Alfabeta
Riyanto & Yatim. (2010). Paradigma baru pembelajaran. Jakarta: Kencana
Rusman. (2010). Model-model pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Sanjaya & Wina. (2010). Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Jakarta: Prenada Media Grup
Sapriya. (2009). Pendidikan IPS. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Sardjiyo, dkk. (2009). Pendidikan IPS di SMA. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Shoimin A. (2014). 68 Model pembelajaran novatif dalam kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Siregar & Hartini. (2010). Teori belajar dan pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia
Slameto. (2013). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Sopriya. (2013). Pendidikan IPS konsep dan pembelajaran. . Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Sudjana, (2013). Penilaian hasil belajar proses belajar mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Suryabrata & Sumardi. (2011). Psikologi pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Sugiyono. (2013). Metode penelitian pendidikan: Pendekatan kuantitati, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Suratmi, Dasti. (2018). Pengaruh model Pembelajaran dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar bahasa indonesia. Jurnal pendidikan bahasa indonesia. volume 1 no. 1, hlm. 3-9
Susilo, dkk. (2009). Kajian ilmu pengetahuan sosial. Salatiga: Widya Sari Press.
Sutikno & sobry. (2014). Metode dan Model-model pembelajaran. Lombok: Holistica
Syah, D. (2009). Strategi belajar ,mengajar. Jakarta: Diadit Media
Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional
Usman. (2013), Menjadi guru professional. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/herodotus.v7i3.19892
Article Metrics
Metrics powered by PLOS ALM
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Meilia Prehartanti; Soeparlan Kasyadi; Syahid
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher: Universitas Indraprasta PGRI Address: Fakultas Pascasarjana | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. |
|
Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. |