Pengaruh Kebiasaan Belajar Dan Sikap Siswa Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Pada Smp Swasta Di Jakarta Timur

Bagus Fadhlurrohman Ariyanto(1*), Mamik Suendarti(2), Soeparlan Kasyadi(3)

(1) 
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: 1) Pengaruh kebiasaan belajar dan sikap siswa secara bersama-sama terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa SMP Swasta di Jakarta Timur. 2) Pengaruh kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa SMP Swasta di Jakarta Timur. 3) Pengaruh sikap siswa terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa SMP Swasta di Jakarta Timur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan teknik korelasional statistik regresi linier berganda dengan jumlah sampel 70 siswa. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan kebiasaan belajar dan sikap siswa secara bersama-sama terhadap prestasi belajar IPS siswa SMP Swasta di Jakarta Timur. Hal ini dapat dibuktikan dengan nilai Sig. 0,000 < 0,05 dan Fhitung = 28,555. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar IPS siswa SMP Swasta di Jakarta Timur. Hal ini dapat dibuktikan dengan nilai Sig. 0,001 < 0,05 dan thitung = 3,451. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan sikap siswa terhadap prestasi belajar IPS siswa SMP Swasta di Jakarta Timur. Hal ini dapat dibuktikan dengan nilai Sig. 0,000 < 0,05 dan thitung = 4,856

Full Text:

PDF

References


Ainurrahman. (2010). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Arikunto, S. (2002) Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta:

Rineka Cipta.

__________. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:

Rineka Cipta.

Azwar (2003). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Dalyono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

_______. (2009). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Djaali. (2007). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara..

Djamarah, S.B. (2008). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Kerlinger, F.N. (2003). Asas-asas Penelitian Behavioral. (alih bahasa Landung,

R, Situmorang dan H.j. Koesoemanto. Yogyakarta: Gadjah Mada

University Press.

Martono, N. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT. Raya Grafindo

Persada.

Mustaqim. (2008). Psikologi Pendidikan. Semarang: Pustaka Pelajar.

Nasution. (2003). Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif. Bandung: Tarsito.

Purwanto, M.N. (2004). Psikologi Pendidikan. Bandung: Rosda Karya

____________. (2010). Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya

____________. (2014). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta

Sangarimbun & Effendi (2006). Metode Penelitian Survei. Jakarta: LP3ES.

Saodih. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT.

Rineka Cipta. Cet. Ke-4.

________. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta:

Rineka Cipta.

___________. ( 2015). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya.

Cetakan Keenam. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Somantri, M.N. (2008). Menggagas Pembaharuan Pendidikan IPS. Bandung: PT.

Remaja Rosdakarya.

Sudjana, N. (200). Metode Pembelajaran. Surabaya: Usaha Nasional.

Sugiyono. (2001). Metode Penelitian. Bandung: CV. Alfa Beta.

_________. (2013). Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.

Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung:

PT Alfabeta.

Supardan, D. (2015). Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial: Perspektif Filosofi

dan Kurikulum. Jakarta: Bumi Aksara

Supardi, U.S. (2012). Aplikasi Statistik Dalam Penelitian. Ufuk Publishing House

Supardi, U.S. (2013). Aplikasi Statistika Dalam Penelitian Konsep Statistika Yang

Lebih Komprehensif. Jakarta: Change Publication

Supardi, U.S. (2016). Aplikasi Statistika Dalam Penelitian. Jakarta: PT. Prima

Ufuk Semesta.

Syah, M. (2012). Psikologi Belajar. Jakarta : Rajawali Pers..




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/herodotus.v8i2.17858

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Bagus Fadhlurrohman Ariyanto, Mamik Suendarti, Soeparlan Kasyadi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Fakultas Pascasarjana | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 04.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.