Pengaruh Budaya Literasi Digital Dan Motivasi Terhadap Prestasi Belajar Sejarah Indonesia (Survey SMA Negeri di Kota Jakarta Timur)

Laksita Nirmala Putri(1*), Sugeng Santoso(2), Taufik Taufik(3)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Kurangnya literasi siswa mengakibatkan wawasan dan pengetahuan siswa tentang sejarah sangat minim. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survey dengan teknik korelasional. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel terikat, yaitu prestasi belajar (Y) dan dua variable bebas, yaitu budaya literasi digital (X1), dan motivasi belajar (X2). Hasil penelitian di atas menyimpulkan bahwa budaya literasi digital dan motivasi belajar siswa secara bersama – sama memberikan pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar sejarah Indonesia kelas XI SMA Negeri di Jakarta Timur. Hal ini Terdapat pengaruh yang signifikan budaya literasi digital dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar sejarah Indonesia siswa SMA Negeri di Jakarta Timur. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. 0,000 0,05 dan Fhitung 25,337. Terdapat pengaruh yang signifikan budaya litrasi digital terhadap prestasi belajar sejarah Indonesia siswa SMA Negeri di Jakarta Timur. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. 0,001 0,05 dan thitung 3,428. Terdapat pengaruh yang signifikan motivasi belajar terhadap prestasi belajar sejarah Indonesia siswa SMA Negeri di Jakarta Timur. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. 0,001 0,05 dan thitung 3,500.


Full Text:

PDF

References


Andi Prastowo. (2012). Manajemen Perpustakaan Sekolah Profesional.Yogyakarta: Diva Press

Arikunto, S. 2013.Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Bawden, D. (2001). Information and digital literacy: a review of concepts, Journal of Documentation.

Beers, C. S., Beers, J. W., & Smith, J. O. (2009). A Principal’s Guide to Literacy Instruction. New York: Guilford Press.

Dian Sinaga. (2011). Pengelolaan Perpustakaan Sekolah. Bandung: Bejana.

Desma Yulia. (2021). Pengaruh Gerakan Literasi Pada Mata Pelajaran Sejarah Indonesia Terhadap Hasil Belajar Siswa XI IPS MAN Bintan Tahun Pelajaran 20212022. Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah. vol 6 No 2

Firdaus Jamalauddin. Ahmad Asmuni,dkk. (2021). Peran Budaya Literasi Dalam Pembentukan Karakter dan Meningkatkan Pretasi Belajar Siswa di Indramayu. Jurnal Education. Volume 7, No 4. IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

Gilster, P. (1997). Digital literacy, New York: Wiley,

Kuntowijoyo. (1995). Pengantar Ilmu Sejarah. Yogyakarta: Bentang Pustaka.

Lawalata, Ajeng.K. (2020). Pengaruh Program Literasi Terhadap Minat Baca dan Prestasi Belajar Siswa Di SMP Islam Al-Azhaar Tulungagung. Universitas Negeri Surabaya.

Meilina Bustari. (2000). Manajemen Perpustakaan Pendidikan. Yogyakarta

Nasionalita, K. & Nugroho, C. (2020). Indeks Literasi Digital Generasi Milenial Di Kabupaten Bandung. Jurnal Komunikasi,.

Soegeng Santoso. (2000). Probelamatika Pendidikan dan Cara Pemecahannya. Kreasi Pena Gading. Jakarta

Rahayu, Ega Puji. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS Pada Mata Pelajaran Sejarah Di SMAN Tarik. Vol. 7 No 3. Jurnal Pendidikan Sejarah.

Sarilan. (2010). Hubungan Pemahaman Sejarah Kebangkitan Nasional Indonesia Dan Motivasi Belajar Sejarah Dengan Wawasan Kebangsaan Pada Siswa Kelas XI IPA SMAN Kabupaten Karanganyar. Thesis. Universitas Sebelas Maret.

Sartono Kartodirdjo. (1993). Pendekatan Ilmu Sosial dalam Metodologi Sejarah. Jakarta: Gramedia.

Surata. (2017). Pemahaman Konsep Biologi Dari Perhatian Orang Tua Dan Motivasi Belajar (Survey Siswa Kelas X SMA Negeri Jakarta Selatan). Thesis. Universitas Indraprasta PGRI. Jakarta

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung. Alfabeta. CV.

Sujarweni, V. Wiratna. 2014. Metode Penelitian: Lengkap, Praktis, dan Mudah

Dipahami. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Sudjana, 1996, Teknik Analisis Regresi dan Korelasi Bagi Peneliti, Bandung: Tarsito.

Welford, Rod. Literacy The Key to Learning Framework for Action 2006 - 2008. Queensland: Queensland Goverment, Department of Education and The Arts.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/herodotus.v7i3.17677

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Laksita Nirmala Putri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Fakultas Pascasarjana | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 04.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.